Various Reviews Knowledge and Education

5 Juli 2019

Pengertian Endositosis dan Jenis - Jenis Endositosis.

| 5 Juli 2019
Endositosis - berbagaireviews.com


Endositosis merupakan jenis transpor aktif untuk gerakan partikel, seperti molekul besar, bagian dari sel, dan bahkan sel-sel utuh, ke dalam sel. Ada variasi yang berbeda dari endositosis, tetapi semua memiliki satu karakteristik yang sama.

 
Transportasi Vesikel

Beberapa molekul atau partikel yang terlalu besar untuk melewati membran plasma atau bergerak melalui protein transpor. Jadi sel menggunakan dua proses transpor aktif lainnya untuk memindahkan makromolekul ini (molekul besar) ke dalam atau keluar dari sel. Vesikel atau badan lain dalam sitoplasma memindahkan makromolekul atau partikel besar melintasi membran plasma.


Pengertian Endositosis

Endositosis adalah transpor makromolekul dan materi yang sangat kecil ke dalam sel dengan cara membentuk vesikula baru dari membran plasma. Langkah-langkahnya pada dasarnya merupakan kebalikan dari eksositosis. Sebagian kecil luas membran plasma terbenam ke dalam membentuk kantong. Begitu kantong ini semakin dalam, kantong ini terjepit membentuk vesikula yang berisi materi yang didapat dari luar selnya. Endositosis dibutuhkan untuk berbagai macam fungsi yang penting bagi sel, karena endositosis dapat meregulasi berbagai macam proses seperti pengambilan nutrisi, adhesi dan migrasi sel, reseptor sinyal, masuknya patogen, neurotransmisi, presentasi antigen, polaritas sel, mitosis, pertumbuhan dan diferensiasi, dan masuknya obat.


Jenis - Jenis Endositosis

Terdapat tiga jenis endositosis, yaitu:

Fagositosis ("pemakanan seluler")


Fagositosis (pemakanan seluler) - berbagaireviews.com


Fagositosis ("pemakanan seluler") merupakan proses di mana sel menelan suatu partikel dengan kaki semu (pseudopod) yang membalut di sekeliling partikel tersebut dan membungkusnya di dalam kantong berlapis-membran yang cukup besar untuk bisa digolongkan sebagai vakuola. partikel itu dicerna setelah vakuola bergabung dengan lisosom yang mengandung enzim hidrolitik.

Pinositosis ("peminuman seluler")


Pinositosis (peminuman seluler) - berbagaireviews.com


Pinositosis ("peminuman seluler") merupakan proses di mana sel "meneguk" tetesan fluida ekstraseluler dalam vesikula kecil. Karena salah satu atau seluruh zat terlarut yang larut dalam tetersan tersebut dimasukkan ke dalam sel, pinositosis tidak bersifat spesifik dalam substansi yang ditranspornya.

Endositosis yang diperantarai reseptor 


Endositosis yang diperantarai reseptor - berbagaireviews.com
 

Endositosis yang diperantrai reseptor membutuhkan reseptor yang disebut ligan.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Simbiosis

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar