Seni Budaya, Pengertian Seni Budaya, Contoh dan Gambar Seni Budaya, Art and Culture. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

25 Juni 2018

Seni Budaya, Pengertian Seni Budaya, Contoh dan Gambar Seni Budaya, Art and Culture.

| 25 Juni 2018

Istilah seni budaya sendiri biasanya banyak digunakan di dunia seni. Bagi seorang seniman atau pun akademisi di bidang seni, istilah seni budaya tentunya bukanlah istilah yang asing bagi telinga mereka, akan tetapi bagi orang – orang awam, istilah ini tentunya merupakan istilah yang agak asing dan cukup jarang terdengar.

Seni serta budaya merupakan dua hal yang memiliki kaitan dan sulit untuk dipisahkan. Dikarenakan di setiap seni harus mengandung kebudayaan yang khas. Sebaliknya, di setiap kebudayaan pasti memiliki nilai seni yang indah.

Batik merupakan salah satu karya seni budaya yang kita (bangsa Indonesia) miliki sejak beberapa ratus tahun yang lalu dan tetap bermanfaat serta digunakan hingga saat ini. Bahkan, hasil karya seni budaya Indonesia yang satu ini telah digunakan sebagai identitas / ciri khas negara Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara - negara lainnya.

Pengertian Seni

pengertian seni - berbagaireviews.com


Seni merupakan sebuah kata serapan yang berasal dari bahasa Sansekerta yaitu sani. Yang memiliki makna persembahan, pelayanan dan pemujaan. Sehingga kata itu berkaitan erat dengan sebuah upacara keagamaan ataupun pada umumnya kita kenal dengan istilah kesenian.

Sementara menurut Padmapusphita, kata seni sendiri berasal dari genie / Belanda yang berarti jenius. Maka artinya, berdasarkan Padmapusphita, seni merupakan sebuah kemampuan bakat yang telah ada sejak lahir.

Pengertian Budaya.

Pengertian budaya - berbagaireviews.com


Bahasa Sansekerta merupakan asal dari kata budaya yaitu buddhayah yang bisa dimaknai sesuatu yang berkaitan dengan aka dan budi manusia.

Di dalam bahasa inggris, budaya disebut dengan culture yang asal mula katanya berasal dari bahasa Latin, colere. Yang bermakna mengerjakan atau mengolah.

Pengertian Seni Budaya.

Istilah seni budaya pada dasarnya merupakan sebuah frasa kata yang berasal dari kata “seni” dan kata “budaya”. Kata seni sendiri berasa dari bahasa sanskerta yaitu kata sani (pemujaan, persembahan, pelayanan) yang sering kali diartikan sebagai setiap hal yang sengaja dibuat oleh manusia untuk menghadirkan unsur keindahan yang dapat membangkitkan perasaan orang lain. Sedangkan kata budaya berasal dari kata buddhayah (bahasa sanskerta), yang artinya budi / akal yang digunakan oleh manusia dan diturunkan secara berkelanjutan.

Jika diartikan dari asal frasa katanya, maka seni budaya merupakan setiap karya seni yang sengaja dibuat dengan berlandaskan kepada akal / budi yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat, yang digunakan dan diturunkan dari masa ke masa secara berkelanjutan.

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli.

Dibawah ini merupakan kumpulan keterangan dari para ahli seni budaya mengenai tentang pengertian serta definis seni budaya .

M. Thoyibi

Menurut M. Thoyibi, seni budaya dapat diartikan sebagai penjelmaan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan dan dapat dirasakan dan diresapi oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia. Bisa disimpulkan dari keterangan milik M Thoyibi, bahwasanya yang dapat disebut dengan ‘seni budaya’ merupakan suatu kebudayaan dalam bentuk kesenian, yang mana kebudayaan itu dapat dirasakan oleh banyak manusia baik pada masa lalu, sekarang maupun yang akan datang.

Harry Sulastianto.

Menurut Harry Sulastianto yang selaku dosen fakultas seni rupa dari Universitas Pendidikan Indonesia ini menyatakan, seni budaya merupakan suatu keahlian untuk mengekspresikan ide-ide serta pemikiran estetika, salah satunya yaitu mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan tentang karya, suasana atau benda sehingga dapat menimbulkan rasa indah yang menciptakan peradaban yang lebih modern.

Di pemaparan yang dinyatakan oleh Harry S diatas, bisa disimpulkan bahwasannya seni budaya adalah suatu kesimpulan dari ide serta kreasi yang dapat aplikasikan ke bentuk seni, dengan tujuan guna memajukan peradaban serta kebudayaan.


Sartono Kartodirdjo.

Menurut Sartono Kartodirdjo yang juga salah satu sejarawan, seni budaya merupakan suatu wadah untuk mengutarakan sesuatu dengan efektif melalui kesenian. Contohnya dalam beberapa daerah di Indonesia, ada satu seni budaya tari yang dikhususkan dimaksudkan untuk menyambut tamu. Dan di daerah lain pun ada seni budaya tari yang hanya dilakukan pada saat akan pecah peperangan, untuk menyemangati para prajurit.

Menurut Sartono Kartodirdjo, Seni budaya adalah suatu sistem yang komperhensif dikarenakan seni budaya bisa menjalankan komunikasi efektif, antara lain dengan melalui satu bagian saja bisa menunjukkan keseluruhan maksudnya.

Ida Bagus Putu Perwita.

Menurut Ida Bagus Putu Perwita, pengertian seni budaya adalah penunjang sarana pelaksanaan aktivitas dan upacara adat. Singkatnya padat dan jelas, pernyataan dari Ida Bagus walaupun singkat, tetpi sangat tepat. Karena pasti dalam masing-masing upacara adat yang ada, akan kita lihat upacara-upacara tersebut diiringi dengan suatu kesenian. Baik itu pembacaan pantun, musik, tari-menari, nyanyian dan lain sebagainya.
Contoh Seni Budaya Indonesia.

Berikut ini 3 contoh seni budaya yang ada di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

1. Tari Kancet Papatai.


Tari Kancet Papatai perpaduan Seni dan Budaya - berbagaireviews.com


Tari Kancet Papatai adalah salah satu seni budaya dalam bentuk tari-tarian perang. Tari ini mengkisahkan mengenai seorang pahlawan suku Dayak Kenyah yang sedang melakukan perang melawan musuh. Tarian ini pun mengilustrasikan mengenai keberanian para pria atau ajai suku Dayak Kenyah dalam melakukan perang, mulai perang hingga dengan upacara pemberian gelar untuk pria atau ajai yang telah berhasil menumbangkan musuhnya.

Gerakan tarian ini sangatlah lincah, gesi serta penuh semangat dan terkadang  diikuti oleh pekikan para penari. Kancet Papatai diiringi dengan lagu Sak Paku serta hanya memakai alat musik sampe.

2. Tari Saman.



Tari Saman pergelaran Seni dan Budaya - berbagaireviews.com


Tari Saman merupakan suatu tarian yang berasal dari Suku Gayo yang pada umumnya ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam suatu adat. Syair dalam tarian saman memakai Bahasa Gayo. Disamping itu pada umunya tarian ini pun ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad shallallohu alihi wa sallam.

Dalam sebagian literatur menyatakan tari saman di Aceh didirikan serta dikembangkan oleh Syekh Saman, salah satu ulama yang berasal dari tanah Gayo di Aceh Tenggara. Tari saman disahkan oleh UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah guna Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali pada tnggal 24 November 2011.

3. Angklung.


Angklung pergelaran seni dan budaya - berbagaireviews.com


Sesudah tadi ada beberapa contoh yang berupa tari-tarian , maka yang satu ini merupakan salah satu contoh alat musik tradisional yang termasuk dari ribuan seni budaya yang terdapat di Indonesia. Angklung merupakan suatu alat musik multitonal (memiliki nada ganda) yang secara tradisional telah berkembang dalam masyarakat Sunda tepatnya di Pulau Jawa bagian barat.

Alat musik ini berbahan dasar dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi diakibatkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga mengeluarkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, hingga 4 nada dalam masing-masing ukuran, baik besar ataupun kecil.

Dictionary of the Sunda Language karya Jonathan Rigg, yang diterbitkan di tahun 1862 di Batavia, menyatakan bahwa angklung merupakan alat musik yang terbuat dari beberapa pipa bambu, yang dipotong ujung-ujungnya, serupa pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam sebuah bingkai, digetarkan untuk mengeluarkan bunyi.

Angklung terdaftar sebagai salah satu Karya Agung Warisan Budaya Lisan serta Non bendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

4. Batik


Batik perpaduan antara Seni dan Budaya - berbagaireviews.com


Kesenian ini sendiri masih terbagi dalam ratusan jenis. Ada batik pekalongan yang terkenal, mega mendung, maduro dan masih banyak lagi.

5. Kain Tenun Lombok.


Kain Tenun Lombok perpaduan antara Seni dan Budaya - berbagaireviews.com


Ini adalah salah satu seni budaya yang berbentuk pakaian atau kain. Selain kain tenun Lombok, banyak juga pakaian khas budaya di Indonesia seperti batik dan sebagainya.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar