Home » » Pengertian Obat Herbal, Kelemahan dan Keuntungan Obat Herbal, Herbal Medicine.

Pengertian Obat Herbal, Kelemahan dan Keuntungan Obat Herbal, Herbal Medicine.

Posted by berbagaireviews.com on 4 Juni 2018

Pengertian obat herbal - berbagaireviews.com


Pengertian Obat Herbal.

Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Herbal kadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif. 


Obat herbal adalah obat yang bersifat organik atau alami, sama seperti tubuh kita. Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan (sintetis) dan tanpa campuran hewan. Obat Herbal harus berasal dari tumbuhan (nabati) misalnya jahe, temulawak, kunyit, bawang putih, ginseng dan lain-lain. Jika suatu obat telah mengandung hewan maka ia tidak dapat disebut sebagai herbal lagi, melainkan masuk dalam katagori Obat Tradisional / Jamu yang masih dapat bercampur dengan bahan-bahan yang berasal dari hewan seperti telur atau tripang.

Secara umum, pengertian dari obat herbal adalah obat  yang berasal dari seluruh atau sebagian dari tumbuh-tumbuhannya. Namun sebenarnya, istilah herbal ini memiliki arti tumbuh-tumbuhan yang tidak berkayu atau tanaman yang bersifat perdu. Obat herbal juga disebut sebagai phytomedicine atau obat botani. Pengguanaan obat herbal telah dikenal dan banyak digunakan sejak zaman dahulu, karena memiliki khasiat yang manjur dan ampuh.

            Obat herbal diolah secara tradisional dan turun-menurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik secara magic maupun pengetahuan tradisional. Pada masa kini, para ahli mulai tertari dengan penggunaan obat herbal karena efek samping yang ditimbulkan minimal. Hal tersebut dikarenakan komposisi di dalamnya masih dapat dicerna oleh tubuh. Obat herbal juga popular dikalangan masyarakat karena lebih mudah dijangkau, baik harga maupun ketersediaannya.

Pada jaman sekarang, dengan berkembangnya teknologi kedokteran yang semakin pesat dan banyaknya riset penelitian berkaitan dengan obat-obatan, maka semakin membuka mata kita bahwa ternyata alam secara alami telah menyediakan obat yang berkhasiat untuk berbagai penyakit (sesuai dengan khasiat tanaman obat yang dikenal secara empiris atau secara penelitian). Di Indonesia yang kekayaan hayatinya berlimpah ruah, obat-obatan herbal tidaklah sulit dicari. Walaupun umumnya obat berbahan dasar herbal tidak menimbulkan efek samping negatif, namun ada beberapa bahan yang menimbulkan efek samping negatif. Pengobatan herbal lebih dipercaya oleh kebanyakan orang Indonesia karena penggunaan obat kimia sintetis, lambat laun dapat menimbulkan efek samping pada tubuh manusia.

Banyak jenis obat herbal, mulai dari herbal untuk perawatan kecantikan, perawatan kesehatan, herbal untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, hingga herbal untuk pengobatan penyakit-penyakit khusus.

Konsep Pengobatan Herbal.

Pendekatan yang dipakai bersifat holistic. Tubuh manusia dipandang memiliki suatu system harmoni yang selalu seimbang. Tidak berfungsinya satu bagian tubuh yang lain. Jika tubuh tidak mampu melakukan penyeimbangan kembali seperti keadaan semula, maka akan timbul suatu penyakit. Salah satu tujuan dari pengobatan herbal adalah membantu tubuh mengembalikan keharmonisan atau keseimbangan tubuh.
Selain dari factor eksternal, pengobatan herbal memahami bahwa dari manusia terdapat kekuatan penyembuh yang dating dari factor spiritual, emosional, mental, dan fisikal. Kekuatan penyembuh tersebut dalam dunia medis modern dikenal dengan system imun.
Mengguanakn semurni-murninya bahan dari herbal sebagai obat, tanpa tambahan zat kimia sintetis.

Konsep pengobatan herbal sangat berbeda dengan konsep pengobatan modern (yang biasanya menggunakan kimia sintetis sebagai obat). Misalnya dalam pengobatan kimia sintetis penyebab penyakit adalah virus, bakteri, dan pathogen (mikro organism pembawa penyakit); sedangkan dalam pengobatan herbal, pemyebab penyakit adalah lemahnya system imun.

Kelemahan Penggunaan Obat Herbal.


            Penggunaan obat herbal sangat popular di masyarakat, dikarenakan obat-obatan herbal tersedian di sekitar kita dan lebih ekonomis. Selain itu, penggunaan obat herbal memberikan manfaat yang belum tentu diperoleh dari penggunaan obat-obat kimiawi. Berikut kelebihan dari obat herbal, anata lain:
  • Menggunakan bahan alamiah/organic.
  • Kandungannya lebih banyak diserap tubuh daripada sintetis.
  • Meningkatkan system imun.
  • Holistic/mengobati sumber penyakit.
  • Minim efek samping jika digunakan dengan benar.
  • Halal karena murni dari tumbuhan.

Pembuatan Sediaan Herbal.

            
Pembuatan Sediaan Herbal - berbagaireviews.com


Dalam membuat sediaan herbal terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap khasiat dan keamanan pengguanaan sediaan herbal tersebut untuk pengobatan. Adapun dua hal yang perlu diperhatikan adalah:

1.      Kebenaran Bahan
Sebelum mengguanakan sediaan herbal sebagai obat, harus dipastikan bahwa tidak menggunakan bahan tanaman yang salah. Menggunakan bahan herbal yang dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan atau keracunan.

2.      Peralatan
Peralatan panic/wadah yang digunakan sebaiknya dari bahan gelas/kaca atau stainless steel. Pisau atau pengaduk yang digunakan terbuat dari kayu atau baja. Sedangkan saringan yang digunakan adalah dari bahan plastic atau nilon. Jangan mengguanakan bahan dari aluminium karena dapat  bereaksi dengan kandungan kimia tertentu dari tanaman yang mungkin  bisa menyebabkan keracunan.

Keuntungan Menggunakan Obat Herbal.
Pengobatan menggunakan tumbuh-tumbuhan telah lama ada dalam peradaban manusia dan diwariskan secara turun-temurun. Keampuhannya dalam mengobati penyakit tidak diragukan lagi oleh dunia kedokteran modern. Berbagai jenis penyakit yang sudah tidak dapat disembuhkan melalui pengobatan modern, ternyata bisa diatasi dengan pengobatan alami, seperti penyakit darah tinggi, gangguan saraf, diabetes, dan jantung. Efek sampingnya yang minimal menjadi nilai tambah. Beberapa pasien memang ada yang mengalami efek samping setelah menggunakan obat herbal, tapi hal itu lebih dikarenakan pasien tersebut memiliki alergi terhadap zat yang terkandung dalam obat herbal tersebut.

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan Obat Herbal jika dibandingkan dengan obat modern:
  • Efek samping sangat kecil karena berasal dari sumber alami.
  • Menghilangkan akar penyakit. Efek obat herbal bersifat menyeluruh, sehingga tidak hanya mengobati penyakit tapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.
  • Bahan-bahannya mudah didapat. Tanaman obat herbal banyak ditemukan disekitar kita dan dapat dengan mudah dibudidayakan.
  • Bebas dari racun/toksin. Obat herbal mengandung zat anti racun dan memiliki kemampuan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  • Bahan mudah diolah. Tidak perlu teknologi tinggi untuk mengolah obat herbal. Sangat sederhana.
  • Bisa mengobati banyak penyakit secara bersamaan. Obat herbal tidak hanya berkhasiat menyembuhkan satu penyakit, tetapi dapat digunakan untuk pengobatan lebih dari satu penyakit.

Penggunaan Obat Herbal Dalam Pengobatan Modern.

Sebelumnya, pengobatan menggunakan bahan alami ini hanya dianggap sebagai pelengkap bagi pengobatan medis. Hanya masyarakat menengah ke bawah yang sering melakukan pengobatan alternatif ini. Tapi seiring waktu, pengobatan herbal kini dilirik oleh pengobatan modern sebagai pengobatan alternatif karena handal dalam mengobati berbagai jenis penyakit dengan menggunakan bahan-bahan alami. Kelebihan penggunaan bahan alami adalah tidak adanya efek samping seperti halnya obat modern yang serba sintetis dan kimiawi. Kelebihan lainnya adalah, obat alami tetap bisa dikonsumsi sementara kita mengkonsumsi obat modern, namun harus melalui persetujuan dan pengawasan dokter yang mengetahui persis penyakit yang kita derita.

Penggunaan pengobatan modern secara bersamaan dengan obat herbal dinamakan herbal medik. Pengobatan secara herbal medik harus melalui kajian ilmiah. 


keuntungan menggunakan atau mengkonsumsi obat herbal - berbagaireviews.com

Berikut ini beberapa keuntungan herbal medik:
  • Memelihara kebugaran dan juga kecantikan tubuh.
  • Meningkatkan daya konsentrasi.
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
  • Mempercepat penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan.
  • Membantu program diet baik untuk melangsingkan atau menggemukkan tubuh.
  • Menunjang pengobatan terhadap penyakit.

Konsumsi Obat Herbal Secara Tepat.

Konsumsi Obat Herbal Secara Tepat - berbagaireviews.com


Respon tiap individu terhadap obat herbal berbeda satu sama lain. Oleh karena itu obat herbal tidak dapat diminum sembarangan. Kendati memiliki gangguan kesehatan yang sama, belum tentu herbal yang diberikan akan cocok bagi satu penderita dengan penderita lainnya.
Konsumsi obat herbal sedapat mungkin tidak dikombinasikan dengan obat kimia sintetis karena dapat menyebabkan interaksi kimia yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa interaksi yang mungkin terjadi jika menggunakan obat herbal bersamaan dengan obat kimia sintetis:
  • Menyebabkan resistensi obat terhadap tubuh atau dengan kata lain tubuh menjadi kebal terhadap obat yang kita minum.
  • Mengurangi efek terapi obat yang berakibat kegagalan dalam pengobatan.
  • Mengubah proses kerja obat yang bisa mengakibatkan komplikasi penyakit yang tidak terduga.
  • Mengurangi efek obat, yang jika dosisnya ditambah justru mengakibatkan overdosis.
  • Meningkatkan efek samping obat yang bisa mengakibatkan keracunan.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS