Home » » Perundingan Perjanjian Linggar Jati, Latar Belakang dan Jalannya Perjanjian Linggarjati, Linggarjati Agreement.

Perundingan Perjanjian Linggar Jati, Latar Belakang dan Jalannya Perjanjian Linggarjati, Linggarjati Agreement.

Posted by berbagaireviews.com on 7 Mei 2018

Perjanjian Linggarjati merupakan suatu perjanjian bersejarah yang berisi kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Belanda yang disepakati dalam sebuah perundingan. Perjanjian Linggarjati juga merupakan upaya diplomatik pemerintah Indonesia untuk memperjuangkan wilayah kesatuan Republik Indonesia dari cengkraman penjajah Belanda.



Perjanjian perundingan Linggar Jati - berbagaireviews.com


Perundingan Linggarjati atau kadang juga disebut Perundingan Lingga'r'jati adalah suatu perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Hasil perundingan ini ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta pada 15 November 1946 dan ditandatangani secara sah oleh kedua negara pada 25 Maret 1947.

Perjanjian Linggarjati bersumber dari adanya konflik yang terjadi dalam waktu yang panjang. Anda tentu saja mengetahui bahwa Belanda sudah menjajah sejak lama. Belanda ingin menguasai Indonesia karena rempah-rempah yang ada di Indonesia melimpah.

Jenis rempah tersebut menjadi salah satu kebutuhan dan harga yang mahal jika dijual di pasar dunia. Adanya konflik ini lah yang membuat terjadinya adanya perjanjian tersebut. Hal inilah yang menjadi latar belakang terjadinya perjanjian yang satu ini.

Konflik tersebut dimulai dari Belanda tidak mau mengakui adanya kemerdekaan bangsa Indonesia. Padahal Indonesia telah mendeklarasikan mengenai kemerdekaannya. Sehingga Inggris mempertemukan antara Belanda dan juga Indonesia untuk mengadakan perundingan yang dimaksudkan untuk membuat adanya kesepakatan.

Latar Belakang Perjanjian Linggarjati.

Masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke Indonesia karena Jepang menetapkan 'status quo' di Indonesia menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda, seperti contohnya peristiwa 10 November, selain itu pemerintah Inggris menjadi penanggung jawab untuk menyelesaikan konflik politik dan militer di Asia. Oleh sebab itu, Sir Archibald Clark Kerr, Diplomat Inggris, mengundang Indonesia dan Belanda untuk berunding di Hooge Veluwe, namun perundingan tersebut gagal karena Indonesia meminta Belanda mengakui kedaulatannya atas Jawa, Sumatera dan Pulau Madura, namun Belanda hanya mau mengakui Indonesia atas Jawa dan Madura saja.

Misi Pendahuluan Perjanjian Linggarjati.


Pada akhir Agustus 1946, pemerintah Inggris mengirimkan Lord Killearn ke Indonesia untuk menyelesaikan perundingan antara Indonesia dengan Belanda. Pada tanggal 7 Oktober 1946 bertempat di Konsulat Jenderal Inggris di Jakarta dibuka perundingan Indonesia-Belanda dengan dipimpin oleh Lord Killearn. Perundingan ini menghasilkan persetujuan gencatan senjata (14 Oktober) dan meratakan jalan ke arah perundingan di Linggarjati yang dimulai tanggal 11 November 1946.

Tokoh Yang Terlibat Dalam Perjanjian Linggarjati.

Perjanjian Linggarjati ini dihadiri oleh beberapa tokoh perwakilan dari 3 Negara, yaitu Indonesia, Belanda dan Inggris.

Berikut tokoh-tokoh yang hadir dalam Perjanjian Linggarjati:
  • Pemerintah Indonesia diwakili oleh Dr. A. K. Gani, Mr. Susanto Tirtoprojo, Sutan Syahrir dan Mohammad Roem.
  • Pemerintah Belanda diwakili oleh Van Pool , Prof. Schermerhorn dan , De Boer.
  • Pemerintah Inggris, yang berperan sebagai mediator diwakili oleh Lord Killearn.
Jalannya Perundingan Linggarjati.

Jalannya Perundingan Linggar Jati - berbagaireviews.com


Adanya kesepakatan antara Indonesia dan juga Belanda melahirkan perjanjian yang bernama Linggarjati. Jalannya dari adanya perundingan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 15 November 1946.

Perundingan ini terjadi di Pulau Jawa Barat yang menjadi wilayah Indonesia. Untuk perwakilan dimiliki antara masing-masing negara. Untuk Belanda yang dipimpin oleh Prof. Scermerhorn dengan tiga anggota antara lain yaitu
  • Max Von Poll
  • F. de Baer
  • H.J Van Mook
Sedangkan dari Indonesia juga memiliki ketua Sutan Syahrir sedangkan untuk anggotanya yaitu
  • Mr. Moh. Roem
  • Mr. Susanto Tirtoprojo
  • A. K. Gani
Tentu saja ada banyak penengah dan juga saksi di dalam perundingan ini. Pada penengah dan pemimpin yaitu Lord Killearn. Selain itu juga ada saksi seperti Amir Syarifudin, dr. Leimena, dr. Sudarsono, Ali Budiharjo, Presiden Sukarno dan juga Wakil Presiden Moh. Hatta.

Dalam perundingan ini Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, Belanda diwakili oleh tim yang disebut Komisi Jendral dan dipimpin oleh Wim Schermerhorn dengan anggota H.J. van Mook,dan Lord Killearn dari Inggris bertindak sebagai mediator dalam perundingan ini.

Untuk hasil diumumkan pada tanggal 15 November 1946. Tentu saja Anda mengetahui bahwa perjanjian yang diadakan dengan Belanda tentu saja selalu terjadi pembelotan dan Belanda tidak pegang janji.

Hasil perundingan Linggarjati.


 Hasil perundingan Linggar Jati - berbagaireviews.com

Hasil perundingan tersebut menghasilkan 17 pasal yang antara lain berisi:
  • Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Madura.
  • Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
  • Pihak Belanda dan Indonesia Sepakat membentuk negara RIS.
  • Dalam bentuk RIS Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth/Persemakmuran Indonesia-Belanda dengan mahkota negeri Belanda sebagai kepala uni.
Pro dan Kontra di kalangan masyarakat Indonesia.


Pro dan Kontra di kalangan masyarakat Indonesia - berbagaireviews.com

Perjanjian Linggarjati menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia, contohnya beberapa partai seperti Partai Masyumi, PNI, Partai Rakyat Indonesia, dan Partai Rakyat Jelata. Partai-partai tersebut menyatakan bahwa perjanjian itu adalah bukti lemahnya pemerintahan Indonesia untuk mempertahankan kedaulatan negara Indonesia. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden No. 6/1946, dimana bertujuan menambah anggota Komite Nasional Indonesia Pusat agar pemerintah mendapat suara untuk mendukung perundingan linggarjati.

Waktu dan Tempat Perjanjian Linggarjati.

Perjanjian bersejarah antara Indonesia dan Belanda ini akhirnya terlaksana. Perjanjian Linggarjati dilaksanakan mulai tanggal 11 November 1946 sampai 13 November 1946. Tempat pelaksanaan perundingan ini bertempat di Linggarjati, Cirebon.


Waktu dan Tempat Perjanjian Linggarjati - berbagaireviews.com


Meski dilaksanakan pada 11-13 November 1946, namun penandatanganan perjanjian Linggarjati baru dilakukan pada tanggal 25 Maret 1947. Di waktu senggang, para delegasi melakukan perbaikan terhadap isi-isi perjanjian agar kedua belah pihak bisa menemui titik temu untuk menyetujui perjanjian ini.

Dampak Perjanjian Linggarjati.

Dari perjanjian ini memang akan memberikan dampak positif dan negatif bagi Indonesia. Tetu saja hal ini karena Belanda tidak memegang teguh isi perjanjian tersebut. Tentu saja sebagai warga negara dan anak muda jaman sekarang pengetahuan mengenai sejarah harus senantiasa diketahui.

Sehingga akan dengan mudah menghargai jasa para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan negara Indonesia. Untuk mengetahui mengenai kedua dampak tersebut. Tentu saja harus dimulai dari dampak positif apabila menjalani perjanjian Linggar jati antara lain yaitu

Belanda mengakui negara Republik Indonesia yang memiliki kuasa atas Jawa, Madura dan juga Sumatera. Dengan demikian secara de facto Indonesia berkuasa atas wilayah tersebut. Tentu saja pengakuan ini adalah hal yang penting untuk negara Indonesia. Hal ini karena penjajahan yang dilakukan menjadikan negara ini bebas dari penindasan dan penyiksaan yang tidak segan dilakukan oleh Belanda.

Untuk perundingan Linggarjati yang dilakukan beberapa negara juga memberikan dukungan dan pengakuannya terharap Republik Indonesia menjadi sebuah negara yang berdaulat. Beberapa negara tersebut antara lain yaitu Inggris, Amerika Serikat, Mesir, Lebanon, Suriah, Afganistan, Burma, Saudi Arabia, Yaman dan Rusia. Dengan demikian di mata Internasional tentu saja Indonesia menjadi negara yang mampu berdiri sendiri dan terhindar dari belenggu penjajahan.
Sedangkan untuk dampak negatif dari perjanjian Linggarjati memang selalu ada. Hal ini dapat diketahui seperti di bawah ini yaitu

Belanda akan dengan mudah untuk membangun adanya kekuatan mungkin saja menjadi lebih besar di Indonesia. Tentu saja hal ini bukanlah tidak mungkin karena masih lama dari perjanjian tersebut Belanda meninggalkan Indonesia.

Perjanjian ini juga ditentang dari dalam negara Indonesia. Masyarakat dan kalangan tertentu yang dimulai dari Partai Masyumi, PNI, Partai Rakyat Indonesia  dan Partai Rakyat Jelata. Sehingga bisa diketahui bahwa bukti jika kedaulatan yang dimiliki dari Indonesia lemah. Lemah dalam hal ini diketahui pada saat mempertahankan adanya kedaulatan yang dimiliki oleh Indonesia.

Dalam perundingan tersebut diketahui bahwa pemimpin yang ditunjuk yaitu Sutan Syahrir telah dianggap memberikan dukungan pada Belanda. Sehingga membuat anggota dari Partai Sosialis yang berada dalam Kabinet tersebut dan KNIP mengambil langkah penarikan dukungan kepada pemimpin perundingan tersebut. Penarikan dukungan tersebut terjadi kepada Syahrir pada tanggal 26 Juni 1947.

Pelanggaran Perjanjian Linggar Jati.

 
Pelanggaran Perjanjian Linggar Jati - berbagaireviews.com

Dalam pelaksanaannya perjanjian ini memang tidak berjalan dengan baik. Dari hasil perundingan Linggarjati tersebut pada tanggal 20 Juli 1947 diketahui bahwa Gubernur Jendral H. J.  Van Mook memutuskan perjanjian secara sepihak. H. J Van Mook mendeklarasikan bahwa Belanda tidak terkait dengan perjajian tersebut.

Hal ini berlaku sejak tanggal 21 Juni 1947 tepatnya sebelum tahu tahun perjanjian tersebut dibuat. Terjadilah adanya Agresi Militer Belanda 1. Hal ini terjadi akibat ada adanya perbendaan penafsiran yang terjadi antara Indonesia dan juga Belanda. Dengan demikian menjadikan perjanjian ini memiliki hasil yang gagal untuk dilaksakan dalam waktu yang telah ditentukan.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.