Home » » Jenis - Jenis Fiksi dan Contoh Fiksi, Types of fiction.

Jenis - Jenis Fiksi dan Contoh Fiksi, Types of fiction.

Posted by berbagaireviews.com on 2 Mei 2018

Jenis - jenis fiksi dan Contoh fiksi - berbagaireviews.com


Berikut jenis - jenis fiksi diantaranya adalah :

Romantik
Romantik dan realisme merupakan sepasang istilah yang paling banyak digunakan dalam kajian fiksi.

Realisme
Merupakan lawan dari romatik, yakni suatu karya yang menggambarkan tentang dunia kini dengan segala keadaan dan kenyataan yang dimilikinya.

Gotik (Gothic Fiction)
Suatu karya fiksi yang menceritakan tentang horor, tentang kekerasan, tentang kekacauan, membicarakan tentang kematian, keajaiban, supernatural, kuburan keramat, hantu yang gentayang dan tentang berbagai keanehan dan keajaiban alam.

Naturalisme
Karya fiksi naturalis mengungkapkan segala sesuatu tanpa harus ada bagian yang disembunyikan, segala kelebihan dan kekurangan dipaparkan, misalnya tentang kehidupan seksual, tentang pengaruh narkotika. 

Proletarian
Fiksi jenis ini menggambarkan tentang segala bentuk kepincangan, serta mengemukakan cara-cara pemecahan masalah atau jalan keluar pada umumnya jalan keluar yang dianjurkan adalah sosialisme.

Alegori
Adalah suatu dramtisasi dari suatu pernyataan yang kompleks tentang politik, agama dan moral.

Simbolisme
Adalah mengajak kita untuk mengerti dengan mengetengahkan persoalan dengan cara yang baru.

Satire
Satire merupakan karya karikatur dengan melbih-lebihkan sesuatu dengan menggunakan kecerdasan dan daya kritis untuk menggambarkan tentang orang atau lembaga yang absurd.

Fiksi Sains (Science-Fiction)
Fiksi sains adalah semacam karangan yang dibuat berlandaskan prisnip ilmu pengetahuan.

Utopia
Fiksi utopia mempunyai hubungan yang erat dengan fiksi sains. Karangan semacam ini menyangkut gambaran masyarakat yang bertolak dari idealisme politik dan ekonomi pengarangnya.

Ekspresionisme
Adalah teknik pengungkapan pikiran dan perasaan dengan memanfaatkan psikologi.

Psikologi
Eksplorasi segi-segi pemikiran dan kejiwaan tokho-tokoh utama cerita, terutama menyangkut alam pikiran pada tingkat yang lebih dalam di tingkat alam bawah sadar.

Ekstensialisme
Ekstensialisme merupakan fiksi yang memperhatikan atau menerapkan filsafat ekstensialis. Ajaran filsafat ekstensialis ini antara lain merupakan bahwa kehidupan seseorang berlangsung menurut wujudnya sendiri.

Autobiografi dan Biografi
Merupakan karya yang memperbincangkan tentang perjalanan hidup sendiri (autobiografi) atau tentang orang lain (biografi).
 
Jenis - jenis fiksi dalam karya sastra.

1. Novel
Pengertian Novel adalah suatu karangan fiksi yang menceritakan seorang tokoh utama dengan pro dan kontra di dalam ceritanya, mulai dari awal hingga akhir novel yang memiliki klimaks atau ending.

2. Roman
Pengertian Roman adalah suatu karya fiksi yang menceritakan mengenai beberapa tokoh dalam alur ceritanya. Roman mengandung banyak hikmah dalam ceritanya dan cenderung mengarah pada cerita klasik.

3. Cerpen
Pengertian Cerpen adalah suatu karang fiksi yang isinya jauh lebih sedikit ketimbang roman maupun novel. Namun, cerpen memiliki daya tarik tersendiri karena bisa menjadi pembelajaran awal bagi para penulis dalam membuat sebuah karya tulisan.

Fiksi Serius dan Fiksi Populer.

Perbedaan pokok antara fiksi serius dan fiksi populer menyangkut tiga hal :

1. Ide dan pengolahan ide
Di dalam fiksi serius kita akan menjumpai berbagai ide yang berupa pengalaman hidup manusia yang spesifik. Didalam karya fiksi populer dipersoalkan atau yang diungkapkan adalah masalah-masalah yang umumnya kita lihat.

2. Kemudahan pemahaman
Fiksi serius lebih sukar dipahami. Bila dibaca hanya satu kali mungkin belum terasa keindahan, kemanfaatan atau mutunya. Setelah dibaca dua, tiga kali baru tampak dan terasa nilai-nilai di dalamnya. Fiksi populer mempunyai sifat mudah dipahami.

3. Fungsi hiburan dan kegunaan
Fiksi populer ditinjau dari segi bentuk lebih menyenangkan dibandingkan dengan fiksi serius. Ukurannya menarik (pada umumnya menggunakan ukuran saku), gambar kulitnya “ menyala”, bahasanya lincah dengan dialog-dialog. Sedangkan fiksi serius lebih “baik” disebabkan ia mengajar kita banyak hal.

Contoh Cerita Fiksi.

Berdasarkan ciri-ciri dan jenis fiksi yang dijelaskan di atas, berikut ini adalah beberapa contoh cerita fiksi:

1. Contoh Fiksi Roman
Ada banyak sekali karya sastra yang berbentuk roman. Selain itu, jenis-jenis Roman juga cukup banyak, misalnya Roman petualangan, Roman Psikologis, Roman percintaan, dan lain-lain.

Beberapa contoh karya sastra berbentuk Roman, yaitu:
  • Katak Hendak Jadi Lembu (Roman Psikologi)
  • Gadis Empat Zaman (Roman Percintaan)
  • Si Dul Anak Jakarta (Roman Anak dan Remaja)
  • Neraka Dunia (Roman Pendidikan)
  • Mencari Pencuri Anak Perawan (Roman Kriminal dan Detektif).

2. Contoh Fiksi Novel
Sama halnya dengan Roman, karya sastra dalam bentuk Novel ada banyak sekali saat ini dan mudah kita temukan di toko buku. Beberapa contoh novel diantaranya adalah:
  • Dilan 1990
  • Siti Nurbaya
  • Tenggelamnya Kapal Vander Wick
  • Ketika Cinta Bertasbih

3. Contoh Fiksi Cerpen
Contoh cerita pendek (cerpen) sering kita temukan di media cetak Indonesia, misalnya koran dan majalah. Beberapa judul cerpen tersebut diantaranya:
  • Cinta Tak Kunjung Tiba
  • Oh Mama Oh Papa

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS