Home » » Gagasan utama dan Contoh - contoh - Contoh Gagasan utama, Main Idea.

Gagasan utama dan Contoh - contoh - Contoh Gagasan utama, Main Idea.

Posted by berbagaireviews.com on 16 April 2018

Gagasan utama atau  gagasan pokok adalah pernyatan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan. Atau dengan bahasa lain gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Gagasan Utama / Ide pokok/ pokok pikiran merupakan inti pembahasan dalam sebuah pernyataan kalimat. Gagasan utama juga bisa berarti hal yang ingin disampaikan oleh penulis. Kalimat yang memuat gagasan utama disebut dengan kalimat utama atau kalimat topik.



Contoh - contoh gagasan utama - berbagaireviews.com

 
Gagasan utama biasanya terletak pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal dan akhir paragraf. Namun ada pula paragraf yang gagasan utamanya berada di awal dan akhir sekaligus.

Contoh - contoh gagasan utama.

Bulan suci ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk memperbaiki kualitas dan memperbanyak kuantitas ibadah kepada Allah SWT. Di bulan-bulan sebelumnya banyak sekali kekurangan dalam melakukan ibadah. Harus diakui bahwa shalat berjamaah di masjid, shalat sunnah rawatibb, tilawah al-qur’an, dan ibadah lainnya sangat kurang sekali jika ditinjau dari segi kualitas dan kekhusukannya. Bahkan kalau kita mau jujur, banyak diantara kaum muslimin yang justru terang-terangan meninggalkan ibadah wajibnya. Hal ini sungguh disayangkan, dalam hal kuantitas tentu masih sedikit sekali ibadah sunnah yang kita kerjakan. Kita perlu memperbaiki ibadah kita baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Gagasan utama pada paragraf di atas terletak di akhir paragraf di dalam kalimat utama “Bulan suci ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk memperbaiki kualitas dan memperbanyak kuantitas ibadah kepada Allah SWT”. Gagasan utama dalam kalimat utama tersebut adalah “Ramadhan momentum untuk memperbaiki ibadah.” Selanjutnya gagasan utama diperkuat dengan kalimat penjelas setelah kalimat utama.

Contoh 2 :

Pembelajaran yang menarik sangat diperlukan dalam dunia pendidikan Indonesia. Para praktisi pendidikan berpendapat bahwa proses pembelajaran akan disukai dan mudah dipahami oleh peserta didik apabila dijalankan dengan inovatif. Banyak diantara peserta didik yang cepat jenuh dan malas untuk belajar, karena pola pembelajaran yang tidak menyenangkan dan membosankan. Perlu adanya inovasi seperti permainan dalam pembelajaran. Tentu bukan berarti belajar sambil main-main, tetapi belajar yang menyenangkan. Misalnya sesekali mengajak siswa belajar di alam terbuka dan disisipkan beberapa permainan yang mengandung unsur pembelajaran di dalamnya. Jika siswa menyukai belajar, tentu materi yang disampaikan guru akan dengan mudah mereka terima dan hasil pembelajaran juga akan menunjukkan hasil yang optimal.

Gagasan utama pada paragraf di atas terletak di awal paragraf di dalam kalimat utama “Pembelajaran yang menarik sangat diperlukan dalam dunia pendidikan Indonesia” yaitu “perlunya pembelajaran yang menarik”. Selanjutnya gagasan utama diperkuat dengan kalimat penjelas setelah kalimat utama.

Contoh 3 :

Pelayanan birokrasi di Indonesia dipenuhi oleh pegawai yang tak taat kode etik dengan segala carut-marutnya. Sudah menjadi rahasia umum bagi masyarakat bahwa pelayanan birokrasi sangat jauh dari kata “melayani.” Mulai dari jam buka pelayanan yang ngaret, pegawai yang sering absen, pegawai yang tidak ramah, bahkan ada yang suka marah-marah. Belum lagi sebagian besar pegawai yang meminta uang kepada warga setelah melaksanakan tugasnya. Hal tersebut sangat mudah ditemui di kantor-kantor kelurahan dan pelayanan lainnya. Birokrasi seharusnya menjadi lembaga yang berisikan orang-orang yang siap melayani kebutuhan masyarakat dan bertanggung jawab serta berdedikasi terhadap pekerjaannya.

Gagasan utama pada paragraf di atas terletak di akhir paragraf di dalam kalimat utama “Birokrasi seharusnya menjadi lembaga yang berisikan orang-orang yang siap melayani kebutuhan masyarakat dan bertanggung jawab serta berdedikasi terhadap pekerjaannya. Gagasan utama dalam kalimat utama tersebut adalah “Birokrasi seharusnya melayani dan berdedikasi terhadap masyarakat.” Selanjutnya gagasan utama diperkuat dengan kalimat penjelas setelah kalimat utama.

Contoh 4 :

Olah raga adalah suatu aktivitas yang sangat bermanfaat. Olah raga yang bersifat permainan bisa berupa sepak bola, tenis meja, bola basket, bola voli, dan semua jenis permainan olah raga lainnya. Jika dirasa permainan olah raga cukup merepotkan dengan membutuhkan lapangan, bola, serta peralatan olah raga lainnya, kita bisa melakukan hal-hal yang ringan dalam berolah raga lain seperti lari marathon atau sprint. Bisa juga dengan melakukan push up, sit up, dan lainnya. Hal yang terpenting adalah kita sangat membutuhkan olah raga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik kita.

Gagasan utama pada paragraf di atas terletak di akhir paragraf di dalam kalimat utama “Hal yang terpenting adalah kita sangat membutuhkan olah raga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik kita”. Gagasan utama dalam kalimat utama tersebut adalah “olah raga sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran.” Selanjutnya gagasan utama diperkuat dengan kalimat penjelas setelah kalimat utama.

Contoh gagasan utama beserta letaknya.

Contoh Gagasan Utama di Awal Paragraf

Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pendiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memilii baban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah "tidak perlu stres menghadapi pensiun". Gagasan utama terdapat pada kalimat utama "Orang yang akan pensiun tidak perlu stres" . Hal ini diperkuat dengan adanya kalimat penjelas di kalimat terakhir yang berbunyi;"......tentu orang tidak akan terkena stres"

Contoh Gagasan Utama di Akhir Paragraf

Seorang muslim sudah sewajarnya untuk rajin beribadah dan berdo'a. Setiap hari, lantunan kata indah selalu dipanjatkan kehadirat-Nya. Ia yakin dengan berdo'a semua harapannya akan tercapai dan kesulitanpun akan dengan mudahnya dapat diselesaikan. Karena bagi seorang muslim do'a adalah senjata paling ampuh.

Gagasan utama pada paragraf diatas adalah "kedudukan do'a bagi seorang muslim". Gagasan utama terdapat pada kalimat utama "Karena bagi seorang muslim do'a adalah senjata paling ampuh".

Contoh Gagasan Utama di Awal dan Akhir Paragraf

Hari ini keluarga kami benar-benar bahagia. Di hari ini hari dimana anton akan diwisuda. Kakak sulungku itu tampak rapih duduk di barisan pertama. Berjejer rapi bersama para mahasiswa lain dengan pakaian serba hitam lengkap dengan topi persegi yang menurutku sangat aneh.Dari tadi ku perhatikan kedua bibir ayah dan ibuku tidak pernah terkatup untuk berhenti mengucapkan tahmid sambil sesekali mengumbar senyum.Hari ini tampak begitu spesial bagi kami.

Gagasan utama paragraf tersebut terletak di awal dan akhir paragraf. Yaitu pada kalimat utama "Hari ini keluarga kami benar-benar bahagia" dan "Hari ini tampak begitu spesial bagi kami."

Contoh Cara Menemukan Gagasan Utama Sebuah Bacaan.


Buah Alpukat yang bukan buah asli Indonesia ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia. Buah ini berasal dari Amerika Latin dan tersebar luas hingga ke Indonesia berkat orang – orang portugis yang membawanya ke Indonesia. Di dalam buah ini terkandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat baik buat tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat yang bisa diambil dari buah alpukat.

Buah alpukat bisa mengencangkan kulit. Kandungan vitamin E yang tinggi di dalam kulit menjadi makanan sehat bagi kulit sehingga kulit dapat menghasilkan kolagen yang banyak. Kolagen inilah yang berfungsi untuk mencegah kulit menjadi keriput dan turun. Akibatnya, kulit akan selalu terlihat lebih muda.

Selain itu, buah alpukat juga bisa mencegah obesitas. Kandungan serat dan lemaknya bisa membantu proses diet bagi orang – orang yang ingin menurunkan berat badan. Lemak yang ada di dalam buah alpukat merupakan lemak baik dan tidak jenuh karena mudah larut dalam tubuh sehingga tidak bisa mengendap di dalam darah. Sedangkan seratnya yang banyak, bisa membuat kenyang dalam waktu yang lama.

Terlebih lagi, buah ini juga dapat mengurangi resiko penyakit stroke. kandungan asam folat di dalam buah ini berperan dalam mencegah stroke. Orang yang sering mengkonsumsi buah alpukat akan memiliki asam folat yang banyak di dalam tubuhnya sehingga menurunkan resiko terkena penyakit stroke.

Buah yang memiliki daging buah lezat ini ternyata memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik. Oleh karena itu, buah ini sangat bermanfaat bagi kita.

Gagasan Utama Tiap Pragraf
Paragraf pertama
Kalimat utama : Buah Alpukat yang bukan buah asli Indonesia ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia.
Gagasan utama : Buah alpukat sangat bermanfaat.

Paragraf kedua
Kalimat utama   : Buah alpukat bisa mengencangkan kulit.
Gagasan utama : Buah alpukat bermanfaat bagi kulit.

Paragraf ketiga
Kalimat utama  : Selain itu, buah alpukat juga bisa mencegah obesitas.
Gagasan utama : Buah alpukat mencegah obesitas.

Paragraf keempat
Kalimat utama  : Terlebih lagi, buah ini juga dapat mengurangi resiko penyakit stroke.
Gagasan utama : Buah ini mengurangi penyakit stroke.

Paragraf kelima
Kalimat utama  : Oleh karena itu, buah ini sangat bermanfaat bagi kita.
Gagasan utama : Buah ini sangat bermanfaat.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.