Home » » Pengertian Sinopsis dan Ciri -ciri Sinopsis beserta Cara Membuat Sinopsis (Lengkap).

Pengertian Sinopsis dan Ciri -ciri Sinopsis beserta Cara Membuat Sinopsis (Lengkap).

Posted by berbagaireviews.com on 2 Februari 2018


Pengertian sinopsis dan ciri - ciri sinopsis beserta cara membuat sinopsis (lengkap) - berbagaireviews.com


Pengertian sinopsis

Sinopsis atau synopsis berasal dari kata synopical yang artinya ringkas. Berdasarkan asal kata tersebut, sinopsis diartikan sebagai ringkasan suatu materi tulisan yang panjang (baik fiksi maupun non-fiksi) dan sinopsis itu sendiri ditulis dalam bentuk narasi.

Sinopsis merupakan ringkasan atau garis besar naskah yang menggambarkan isi dari sebuah film, buku, atau pementasan yang dilakukan baik secara konkrit maupun secara abstrack.

Sinopsis biasanya digunakan sebagai prolog pada sebuah naskah yang sengaja dibuat yang bertujuan untuk memudahkan penonton mengetahui dan memahami secara singkat isi yang ada pada naskah tersebut. Dinamakan sebuah ringkasan karena pada sinopsis biasanya hanya berupa beberapa jumlah halaman atau seperlima dari isi naskah yang digunakan.

Sinopsis atau synopsis berasal dari kata synopsis yang memiliki arti ringkas. Berdasarkan asal dari kata tersebut, sinopsis diartikan Sinopsis merupakan rangkuman atau ringkasan cerita dari sebuah novel atau gambaran isi dari suatu cerita diambil secara garis besar namun tidak mengubah atau meninggalkan pembahasan utamanya.

Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat.

Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.
Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

Pengertian sinopsis menurut para ahli.
  • Menurut Dr. Gorys keraf, yaitu ahli dalam bahasa, kelahiran Nusa Tenggara Timur, adalah summary atau ringkasan atau precis yang paling efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang menjadi lebih pendek
  • Sedangkan pengertian sinopsis menurut kamus besar bahasa indonesia, sinopsis merupakan karangan ilmiah biasa digunakan bersamaan dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis tersebut. Sinopsis secara garis besar ialah ringkasan, abstraksi, atau ikhtisar karangan.
Ciri - ciri sinopsis
  • Alur atau jalan ceritanya disusun secara berurutan dari awal sampai akhir atau kronologis dan tepat. Alur atau plot sinopsis sebaiknya sama dengan alur cerita aslinya.
  • Bahasa yang digunakan hendaknya menggunakan jenis bahasa persuasif atau berupa kalimat ajakan dan bujukan supaya calon pembaca tertarik untuk membaca bukunya
  • Menampilkan konflik secara detail, ringkas dan menarik
  • Membuat penasaran untuk calon pembacanya.

Fungsi sinopsis

Adapun fungsi sinopsis antara lain adalah sebagai berikut :
  • Memberikan sebuah informasi/gambaran ringkas dan singkat tentang isidar cerita atu buku tersebut
  • Memberikan gambaran yang jelas secara sederhana mengenai urutan, kronologi cerita dalam naskah atau buku
  • Sebagai prolog atau epilog dari suatu karya tulis atau naskah yang akan dipentaskan
  • Sebagai draft pedoman bagi pemain atau pemeran untuk melakukan improvisasi

Cara membuat sinopsis.
  • Cara pertama yang harus kita lakukan adalah membaca naskah/buku aslinya terlebih dahulu. Hal ini supaya kita dapat mengetahui pesan/kesan penting penulis secara garis besarnya.
  • Mencatat gagasan-gagasan pokok yang terdapat dalam naskah. Kamu dapat menandainya menggunakan stabilo atau menggaris bawahinya jika perlu
  • Kembangkan gagasan pokok yang telah di tandai dengan beberapa kalimat yang ringkas
  • Gunakan kalimat yang jelas, efektif, menarik serta mudah dipahami. Tujuannya adalah supaya kita dapat menggambarkan rangkaian cerita yang terdapat dalam karangan/naskah asli tersebut
  • Jika kamu ingin mencantumkan beberapa dialog yang ada, kamu hanya perlu mencatat dialog secara garis besarnya saja. “Dapat juga di beri rincian pada halaman berapa dialog tersebut di kutip supaya lebih jelas dan akurat
  • Sinopsis yang dibuat tidak boleh menyimpang atau merubah isi keseluruhan dari naskah aslinya.

Hal - hal yang dibutuhkan dalam membuat sinopsis.

Untuk mempermudah kamu dalam membuat sinopsis, hal yang kamu perlukan adalah beberapa strategi, hal ini akan sangat berguna saat anda membuat sinopsis supaya terkesan lebih mudah dan ringan. Seperti berikut :

Tentukan Tema

Untuk mempermudah membuat sinopsis, alangkah baiknya menentukan tema terlebih dahulu. Seperti contoh jika kamu ingin memilih tema persahabatan atau friendship. Maka ambillah referensi dari karya-karya yang mengandung unsur tersebut contoh novel laskar pelangi. Sang pemimpi atau yang lainnya. Setelah itu, barulah kamu cari tahu beberapa gagasan pokok yang terdapat dalam naskah tersebut.

Perhatikan Alur yang digunakan

Kamu juga harus memperhatikan alur yang terdapat dalam naskah tersebut. Pada dasarnya tujuan utama pembuatan sinopsis yakni memberikan gambaran yang ringkas dan jelas untuk pembaca, untuk menentukan alur cerita yang ada pada naskah, pilihlah konflik yang paling seru dalam naskah/buku tersebut. Supaya pembaca lebih tertarik dan penasaran untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Perhatikan Penokohan

Penokohan dalam sebuah sinopsis juga harus ditekankan dalam membuat sinopsis. Dengan ini pembaca akan terkesima apabila penokohan pada naskah tersebut terlihat lebih fantastis dan mengharukan. Jadi, jangan sampai anda merusak citra dai naskah tersebut sebab teknik penokohan yang tidak benar.

Langkah-langkah membuat sinopsis Novel
  • Membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis.
  • Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan - gagasan yang penting.
  • Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke dua. Gunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
  • Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.
  • Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh TKI dan TKW yang bekerja di negeri orang saya atas nama IBU MARINA saya seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi ngak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor KYAI ANOM SUROTHO katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi KYAI ANOM SUROTHO dan saya minta angka bocoran TOTO MALAYSIA angka yang di berikan TOTO 4D (1229) ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarai-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi KYAI ANOM SUROTHO di nomor (_085_298_569-393_) silahkan buktikan sendiri..
    "K L I K DI S I NI"

    BalasHapus

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.