Macam - Macam Tari Modern, Modern Dances. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

1 Februari 2018

Macam - Macam Tari Modern, Modern Dances.

| 1 Februari 2018
Berikut Macam - Macam Tari Modern.

Beberapa penari terkenal pada masa itu seperti Isadora Duncan, Loie Fuller, dan Ruth St. Denis. Faktor yang melandasi aksi mereka adalah kelemahan ballet serta classical dance, yaitu adanya alat yang diperlukan selain music, seperti kostum, sepatu tari, dan tata rias yang tebal. Dari beberapa perlengkapan ini ada yang tidak mampu dimiliki orang biasa dengan latar rendahnya perekonomian, yang juga memiliki ketertarikan besar pada tarian. Oleh karenanya, ketiga penari ini lalu menciptakan free dance yang lalu dikenal sebagai cikal bakal tari modern.

Makin berkembangnya zaman, maka juga mempengaruhi selera tarian yang digemari oleh masyarakat. Kini tarian modern pun makin berkembang dari zaman ke zaman. Akhirnya tarian ini pun menyebar keseluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Tarian modern kini juga makin berkambang di Indonesia. Kini ada tari modern pun dapat dikategorikan ke dalam tari hip-hop dance, break dance, concert dance, R&B dance, freestyle dance, serta ballroom dance. Berikut ini akan diulas macam-macam tari modern yang kini makin berkembang:

1. Robot Dance.


Robot Dance - berbagaireviews.com

Robot Dance merupakan sebuah ilusi gaya tari yang mencoba meniru cara menari robot ataupun manekin. Tarian ini diciptakan oleh Charles Washingto pada sekitar akhir tahun 1960. Traian ini pun banyak dikenal masyarakat setelah The Jacksons melakukan tarian tersebut pada saat mereka tampil.
tari robot dance


2. Street Dance.


Street Dance - berbagaireviews.com

Street dance di Indonesia baru muncul sekitar 1990an. Street dance ini sangat terpengaruh dengan tari hip-hop di Indonesia. Street dance sendiri adalah istilah umum yang dipakai untuk mendeskripsikan aliran dance yang berkembang serta berevolusi di luar dance studio. Street dance pertama kali muncul serta berkembang di New York. Tarian ini termasuk gaya yang tidak terkungkung satu bentuk tertentu serta bebas bergerak dan berekspresi mengikuti irama musik.
tari street dance

3. Shuffle Dance.


Shuffle Dance - berbagaireviews.com

Shuffle dance berasal dari kata Melbourne shuffle. Melbourne shuffle adalah tarian yang berasal dari Melbourne yang muncul akhir 1980-an. Gerakan dasar tari ini adalah tumit serta kaki kaki yang gerakannya cepat dengan gaya yang cocok untuk berbagai jenis musik elektronik. Tari jenis ini kini juga makin terkenal dengan banyaknya media yang banyak dipakai untuk mempromosikan tarian ini.
tari shuffle dance

4. Hip - Hop Dance.

Hip-Hop merupakan kebudayaan yang hadir di tahun 1970'an yang diperluas serta dikembangkan oleh masyarakat di Amerika, Amerika Latin serta Afro. Jadi Hip-hop merupakan satu kesatuan atas berbagai macam elemen seperti DJ, Rapp, Breakdance, Graffiti. Kemudian hadir pula unsur lain seperti Beatbox, Streetball serta fashion.


Hip - Hop Dance - berbagaireviews.com

Asal mula Hip-Hop adalah dari The Bronx kota New York dan diperkenalkan oleh orang Afro-Amerika, seperti Grandmaster Flash serta The Furious Five. Hingga sekarang Hip-Hop telah berkembang luas ke seluruh negara di dunia termasuk di Indonesia.
tari hip hop dance

5. Tap Dance.

Tap dance ini muncul di pertengahan tahun 1800-an di Irlandia. Awalnya tap dance merupakan tarian budak berkulit hitam seperti Juba. Tarian ini biasanya dilakukan pada upacara keagamaan di Afrika. Para kulit hitam tersebut memakai drum untuk instrumennya, namun pada masa perbudakan drum ini tak boleh digunakan oleh para orang kulit hitam di Amerika, kemudian para budak kulit hitam pun memakai kaki untuk instrumennya.


Tap Dance - berbagaireviews.com

Pada sekitar tahun 1845, Juba muncul di Irlandia yang diperkenalkan oleh William Henry Lane. Dia dikenal sebagai master of Juba. Tarian Juba juga dikenal sebagai “Pattin ‘Juba,” yang merupakan campuran dari Reel Step, Jig Eropa, Clog serta Irama Afrika.

Dari sini Juba berkembang serta dimodifikasi menjadi tap dance. Tokoh-tokoh yang berjasa mengembangkan dan mempopulerkan tap dance seperti William Henry Lane, Fred Astaire, Condos Steve, Eleanor Powell, John W. Bubbles, Shirley Temple, dan lain sebagainya. Hingga kini tari ini dikenal sebagi tap dance yang telah mendunia.
tari tap dance


6. Moonwalk Dance.

Rasanya hampir semua orang mengetahui tari yang satu ini. Tarian yang diperkenalkan oleh Michael Jackson ini berawal pada lagu Billie Jean amat popular bahkan sampai sekarang. Tarian ini memiliki teknik seperti ditarik dari belakang ketika berjalan maju.


Moonwalk Dance - berbagaireviews.com
                                                                  tari moonwalk dance

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar