Home » » Pengertian Procedure Text dan Tujuan serta Jenis - jenis Procedure Text.

Pengertian Procedure Text dan Tujuan serta Jenis - jenis Procedure Text.

Posted by berbagaireviews.com on 3 November 2017

Pengertian Procedure Text dan Jenis - jenis Procedure Text - berbagaireviews.com

Pengertian Procedure Text.

“Procedure text is a piece of text that give us instructions for doing something.”

Procedure text adalah sebuah teks yang memberikan kita perintah atau instruksi untuk melakukan sesuatu.

“Procedure text  is a text that is designed to describe how something is achieved through a sequence of actions or steps.

Procedure Text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris atau yang biasa disebut genre yang menunjukan sebuah proses dalam membuat atau mengoprasikan sesuatu yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah yang teratur.

“Procedure text is a text that is designed to describe how something is achieved through a sequence of actions or steps”. Jadi yang dimaksud dengan procedure text adalah sebuah genre of text yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dilakukan atau dicapai melalui urutan tindakan atau langkah yang benar.

Procedure text adalah teks yang dirancang untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dicapai melalui urutan tindakan atau langkah-langkah.

Jadi dapat disimpulkan disini, procedure text adalah jenis text yang bertujuan untuk menggambarkan suatu perintah atau instruksi tentang bagaimana sesuatu dicapai sesuai urutan atau langkah-langkah yang benar.

Dan biasanya judul procedure text diawali dengan “How to ….“. Contohnya misalnya seperti “How to make a cup of tea” (Cara membuat secangkir tea), “How to Use the Computer” (Cara menggunakan komputer), dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Tujuan Komunikatif Procedure Text.

Tujuan komunikatif dari procedure text adalah bagaimana seorang penulis mampu memahamkan pembaca tentang cara melakukan, menyelesaikan atau mencapai sesuatu dengan cara yang runtut dan benar atau prosedural. Sebenarnya dilihat dari istilahnya, kita tentu sudah bisa memahami apa yang dimaksud dengan procedure text. Jadi mungkin ini adalah salah satu genre of text yang tanpa dijelaskan sebelumnya tapi kita sudah dapat meraba apa maksud tujuan teks ini.

Procedure text sendiri dibuat mempunyai tujuan tertentu untuk pembaca. Karena Tujuan teks sendiri bersifat komunikatif.

“The social purpose of procedure text is to show how something is done through sequence of steps which enable the reader to achieve the goal.”

Tujuan sosial procedure text adalah untuk menunjukkan bagaimana sesuatu dilakukan melalui urutan langkah yang memungkinkan pembaca untuk mencapai tujuan.

“The purpose of procedure text is to tell the reader how to do or make something through a sequence of actions or steps.”

Tujuan Komunikatif dari Procedure Text merupakan memberikan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang urut.

Struktur kebahasaan Procedure Text.

Struktur kebahasaan dari Procedure Text terdiri dari 3 bagian, yaitu:

1. Aim/ Goal

Pada struktur kebahasaan bagian pertama dari Procdeure Text ini berisi informasi mengenai tujuan dalam pembuatan atau pengoprasian sesuatu.

2. Materials

Pada bagian ke-dua, Materials terdiri dari bahan-bahan yang digunakan dalam membuat sesuatu. Tapi tidak semua Procedure Text menyertakan bagian materials, adakalanya sebuah Procedure Text tidak memiliki bagian materials.

Jenis - jenis Procedure Text.

Procedure text dalam bahasa inggris mempunyai beberapa jenis.

Procedure text yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana menggunakan instruksi/operasi manual , misalnya , how to use computer, how to record video. how to use plaroid camera.

Procedure text yang menginstruksikan bagaimana melakukan aktivitas tertentu, misalnya, how to make a noodle, how to dance, how to play basketball.

Procedure text yang berhubungan dengan perilaku manusia, misalnya, how to succeed, how to live happily, how to be a good person.


Jenis Procedural Text yang tidak menggunakan bagian materials, yaitu:

Procedural Text yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana cara melakukan instruksi secara manual. 
Contohnya : How to use the video game, the computer, the tape recorder, atau the fax, etc.

Procedural Text yang menginstruksikan bagaimana melakukan aktivitas-aktivitas tertentu dengan peraturanya. 
Contohnya : raod safety rules, atau video game rules, etc.

Procedural Text yang berhubungan dengan sifat atau kebiasaan manusia. 
Contohnya How to live happily, atau How to secceed.

3. Steps
Pada bagian steps, berisi tentang langkah-langkah atau urutan-urutan yang harus dilakukan agar tujuan yang diuraikan pada bagian Aim/ Goal bisa tercapai. Langkah-langkah atau urutan-urutan tersebut haruslah urut dari yang pertama hingga terakhir.

Generic Structure Procedure Text.

The Goal of Activity

Pada bagian ini, penulis mencoba menjelaskan tentang apa yang akan dibuat atau dicapai melalui serangkaian langkah yang akan dijelaskan pada paragraf berikutnya sehingga pembaca tidak salah paham tentang apa yang sedang dibicarakan.

Any Material Needed for Procedure.

Setelah pembaca mengetahui sesuatu apa yang akan dibuat atau dicapai, kemudian penulis memaparkan materi atau bahan-bahan yang harus dipersiapkan atau dibutuhkan agar sesuatu tersebut dapat dicapai dengan baik. Jadi pastikan semua bahan atau materi sudah lengkap sebelum mulai membuatnya.

Steps to Achieve the goal

Jika bahan-bahan atau materi yang dibutuhkan sudah lengkap, barulah penulis memberitahukan langkah-langkah yang harus dilakukan secara runtut atau urut. Jadi pada bagian ini penulis harus menjelaskannya secara urut dan tidak boleh loncat-loncat.

Conclusion or Result

Kesimpulan yang berisi tentang hasil akhir dari apa yang telah dikerjakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Merupakan hasil dari serangkaian langkah-langkah yang telah dilakukan.

Ciri-ciri Redaksi Procedure Text.
  • Fokus pada agen manusia umum.
  • Penggunaan present tense.
  • sering Imperatif/bentuk perintah, seperti: buatlah (make), gunakanlah (use) dsb.
  • Penggunaan conjuctions temporal (atau penomeran untuk menunjukkan urutan).
  • Contoh: then, after that, before, after, while, dan lain sebagainya.
Ciri - ciri prosedure text.
  • mengunakan Simple Present Tense (S+V1)
  • berbentuk imperative/bentuk perintah,
  • menggunakan action verbs, contoh: make, take, boil, cook,
  • menggunakan temporal conjunctions, contoh: First, then, next, after that, last
Ciri Kebahasaan Procedure Text.
  • Terdapat beberapa ciri kebahasaan dalam Procedure Text, diantaranya yaitu:
  • Menggunakan pola kalimat imperative (Perintah), misalnya, Cut, Don’t mix, dsb.
  • Menggunakan action verbs, misalnya turn, put, don’t, mix, dsb.
  • Menggunakan connectives (kata penghubung) untuk mengurutkan kegiatan, misalnya then, while, dsb.
  • Menggunakan adverbials (kata keterangan) untuk menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat, misalnya for five minutes, 2 hours, dsb.
  • Menggunakan simple present. 

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.