Home » » Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan, Sample Text of Observation Report About Plant.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan, Sample Text of Observation Report About Plant.

Posted by berbagaireviews.com on 2 November 2017

Teks laporan hasil observasi merupakan tulisan yang berbentuk hasil laporan mengenai observasi (pengamatan) yang telah dilakukan. Teks laporan hasil observasi ini sangat penting untuk mengumpulkan informasi-informasi yang berhasil dikumpulkan selama dilakukannya pengamatan.

Struktur dari teks laporan hasil observasi paling tidak harus memuat tiga bagian, sebagai berikut:
  • Bagian Definisi Umum
  • Bagian Deskripsi Isi
  • Bagian Deskripsi Manfaat
Berikut ini contoh penulisan teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan.

Contoh ke 1.

"Tumbuhan Langka di Indonesia"

Indonesia merupakan negara yang kaya akan seumber daya alamnya. Berbagai jenis tumbuhan hidup di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia dikenal sebagai negara yang subur karena berada pada iklim tropis.

Walaupun demikian, masih terdapat beberapa spesies tumbuhan yang terancam punah. Hal ini disebabkan karena aktivitas manusia dalam menebang hutan secara liar, perubahan iklim, dan lain sebagainya.

Beberapa tumbuhan langka tersebut berada di Indonesia dan sangat sulit sekali ditemukan sehingga perlu adanya perhatian khusus untuk melestarikan tanaman langka tersebut.

1. Bunga Bangkai

Bunga bangkai contoh teks laporan hasil observasi - berbagaireviews.com

Bunga bangkai mempunyai nama latin rafflesia arnoldy dan memiliki ukuran yang lebih besar serta mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat. Bau yang menyengat ini berperan penting sebagai perlindungan dan berfungsi sebagai penarik perhatian serangga seperti lalat dan kumbang untuk membantu proses penyerbukan.

Bunga bangkai berhabitat asli di hutan sumtera. Akan tetapi saat ini mulai di konservasikan di banyak tempat seperti di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda Bandung. Dalam perkembangannya bunga ini mampu menjulang tinggi sampai pada ketinggi 4 meter.

Pada saat bunga ini mekar, bagian pada kelopak luarnya akan berwarna putih sedangkan mahkotanya berwarna merah tua keunguan.

Meski ukurannya cukup besar dan terlihat sangat kokoh, bunga ini hanya mampu bertahan selama 7 hari dan kemudian akan mati. Oleh karena itu, tumbuhan ini di kategorikan sebagai tumbuhan langka.

2. Tumbuhan Damar

Tumbuhan ini dahulu sangat mudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia seperti di Ternate, Lampung, dan Samar. Dalam pertumbuhannya, pohon damar dapat mencapai ketinggian sekitar 60 meter.

Tumbuhan damar menjadi semakin langka di akibatkan oleh pengeksplotasian secara berlebihan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Getah pohon damar bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kaca, vernis, dan cairan pelapis kertas.

3. Kantong Semar

Kantong semar merupakan tumbuhan karnivora yaitu tumbuhan yang hidup dengan memakan serangga-serangga kecil seperti lalat, semut, lebah, dan yang lainnya. Tumbuhan ini memangsa serangga dengan cara membuka kantung mulutnya lebar-lebar.

Ketika ada serangga yang masuk ke dalamnya, tumbuhan ini langsung menutup kelopaknya yang menyerupai mulut. Tumbuhan kantong semar mulai di konservasikan di berbagai daerah di Indonesia. Tujuannya agar tumbuhan ini tidak punah dan tetap terjaga kelestariannya.

4. Pohon Ulin

Pohon ulin juga biasa disebut dengan nama kayu besi. Pohon ulin merupakan tumbuhan endemik dari pulau Kalimantan.

Pohon ulin dikenal dengan kualitas kayunya yang sangat kuat sehingga banyak digunakan untuk bahan kontruksi bangunan. Salah satu penyebab hampir punahnya pohon ulin adalah akibat penebangan liar dan eksploitasi secara berlebihan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

5. Pohon Cendana

Pohon cendana merupakan jenis pepohonan yang mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu sebagai bahan baku pembuatan dupa, rempah-rempah, aroma terapi, dan yang lainnya.

Hal ini menyebabkan pohon cendana banyak di eksploitasi. Selain itu tanaman ini tidak mudah untuk di budidayakan, sehingga membuat populasi pohon cendana semakin berkurang dan hampir terancam punah.

6. Anggrek Tebu

Anggrek tebu merupakan tanaman yang masih satu rumpun dengan bunga anggrek yang mempunyai berat lebih dari 1 ton dengan panjang bisa mencapai 3 meter. Karena ukurannya yang besar, anggrek tebu juga biasa disebut dengan anggrek raksasa.

Bunga anggrek tebu sangat sedikit keberadaannya. Hal ini dikarenakan anggrek tebu yang sulit untuk di budidayakan. Oleh karena itu, tanaman ini termasuk ke dalam tanaman langka di Indonesia.

Contoh ke 2.

 “Lidah Buaya”


Tanama Lidah Buaya contoh teks laporan hasil observasi - berbagaireviews.com

 
Pernyataan Umum :

Lidah buaya adalah satu dari sepuluh tipe tanaman terlaris di dunia yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan sebagai tanaman obat dan juga bahan baku industri. Lidah buaya merupakan tanaman yang sering dijadikan tanaman hias. Lidah buaya banyak ditemukan di daerah beriklim tropis dan biasanya tumbuh pada tanah yang subur.

Anggota/aspek yang dilaporkan:

Lidah buaya mempunyai akar serabut dengan batang yang sangat pendek atau bahkan tak terlihat karena tertutup oleh daun. Lidah buaya mempunyai daun dengan warna hijau segar, tebal, berbintik putih pada permukaannya, serta memiliki duri lemas di bagian pinggir daun. Tanaman lidah buaya tahan pada kekeringan dikarenakan di dalam daun banyak tersimpan cadangan air yang bisa digunakan pada saat kekurangan air. Di dalam daun lidah buaya terdapat jelly bening dengan tekstur kenyal yang berfungsi sebagai cadangan air pada musim kemarau. Jelly ini adalah bagian yang paling sering dimanfaatkan dari bagian tubuh lidah buaya. Lidah buaya memiliki daun yang berbentuk seperti pedang, ujung daunnya lancip sedangkan bagian bawah permukaan daun lebih besar dan cembung. Lidah buaya dapat tumbuh dengan tinggi bervariasi, dapat mencapai 20cm – 1m, tergantung jenis lidah buaya yang ditanam. Adapun apabila penanaman lidah buaya (Lidah buaya kecil/lokal) dilakukan secara tepat, dengan memperhatikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan lidah buaya, maka tidak menutup kemungkinan dapat mencapai tinggi 30cm keatas.  

Untuk perawatan lidah buaya, hal yang dapat dilakukan adalah meletakkan tanaman lidah buaya pada tempat yang mudah terkena hujan, hal ini untuk memastikan agar lidah buaya mempunyai asupan air yang cukup sehingga tubuhnya tetap segar. Sedangkan, jika tanaman ini dibudidayakan pada musim kemarau, ada baiknya agar disiram setiap pagi dan sore untuk menghindari kekeringan pada daun akibat panas matahari berlebih dan untuk menjaga kesuburan daun. Meskipun tanaman lidah buaya dapat bertahan hidup di tempat kering dikarenakan daun menyimpan cadangan air untuk tetap bertahan hidup, tetapi tidak ada salahnya untuk tetap memperhatikan asupan air bagi lidah buaya. Di samping itu, nutrisi bagi lidah buaya juga harus diperhatikan. Setidaknya berikan pupuk organik pada lidah buaya setiap sebulan sekali untuk menghasilkan daun yang lebih panjang, sebab bagian inilah yang berfungsi menyimpan jelly lidah buaya. Adapun untuk pupuk, usahakan berikan pupuk alami seperti kotoran sapi atau kotoran kambing. Alasan pemberian pupuk organik adalah karena pupuk organik seperti kotoran kambing dan kotoran sapi jauh lebih murah dibandingkan pupuk anorganik, sedangkan keduanya memiliki dampak yang hampir sama terhadap pertumbuhan lidah buaya.

Deskripsi manfaat

Lidah buaya tidak hanya dapat digunakan sebagai tanaman penghias pekarangan rumah. Namun juga, jelly lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik alami seperti penyubur rambut dan pembersih wajah. Jelly lidah buaya dapat dioleskan pada permukaan rambut sebelum keramas sebagai penambah nutrisi bagi rambut agar tetap terjaga kesuburannya. Jelly lidah buaya juga bisa dijadikan masker alami bagi wanita karir yang tidak sempat merawat wajah di salon. Jelly lidah buaya hanya perlu dioleskan pada permukaan wajah selama beberapa menit, kemudian basuh dengan air hangat. Jika rutin dilakukan, perawatan kosmetik alami menggunakan tanaman lidah buaya akan memberikan hasil sebagaimana diharapkan. Di samping dapat digunakan sebagai kosmetik alami, tanaman lidah buaya juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan luka ringan. Dalam pemakaian untuk perawatan kulit, lidah buaya dapat melembabkan wajah, menghilangkan jerawat pada wajah, serta menghapus bekas luka.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.