Home » » Contoh - Contoh Paragraf Eksposisi, Examples of Exposition Paragraphs.

Contoh - Contoh Paragraf Eksposisi, Examples of Exposition Paragraphs.

Posted by berbagaireviews.com on 4 November 2017

Contoh - contoh Paragraf Eksposisi - berbagaireviews.com


Paragraf Eksposisi Definisi

Paragraf eksposisi definisi ini memiliki gagasan utama yang berisi penjelasan suatu hal atau definisi suatu hal.

Contoh:

Jeruk merupakan buah yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan zat gizi. Menurut penelitian yang dilakukan jeruk juga dapat mencegah penyakit kanker dan stroke. Namun sayangnya, hingga saat ini jeruk terkenal sebagai buah yang hanya memiliki kandungan vitamin C. Padahal sebenarnya buah segar ini juga mengandung zat gizi lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh, misalnya potassium, folat,kalsium, niacin, thiamin, vitamin B, magnesium, fosfor,dan masih banyak lainnya.

Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Paragraf eksposisi klasifikasi merupakan paragraf yang gagasan utamanya dapat dikelompokan dalam group atau kelas.

Contoh1

Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang tidak hanya melatih kemampun membca dan menulis saja namun juga ada aspek lain. Yakni berbicara dan juga menyimak. Keempat aspek tersebut menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan.

Contoh 2

Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.

Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Pargraf ekposisi ilustrasi merupakan paragraf yang gagasan utamanya mengilustrasikan dengan hal lainnya namun memiliki kesamaan.

Contoh 

Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata.

Contoh 2

Menurut undang-undang ketenagakerjaan semua perusahaan diwajibkan menjamin keselamatan dan kesehatan setiap setiap tenaga kerjanya. Jam kerja para karyawan ditentukan. Biasanya 8 jam sehari. Tiga jam setelah bekerja, mereka diberikan kesempatan untuk istirahat selama lebih kurang 15 menit. Waktu istirahat digunakan untuk minum dan menikmati makanan kecil. Selelah itu mereka bekerja kembali. Selain itu, para pekerja diwajibkan mengenakan masker, khususnya di tempat kerja yang berasap, berdebu, dan berbau.

Paragraf Eksposisi Perbandingan / Pertentangan

Pada paragraf eksposisi perbandingan ini gagasan utama dibandingkan dengan hal lain.

Contoh 

Pasca gempa dengan kekuatan 5,9 skala richter, sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantak. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat.

Paragraf Eksposisi Laporan

Paragraf ini mengemukakan laporan baik dari berita maupun dari hasil suatu penelitian.

Contoh 

Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan “Risha” alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar-pasang, bahkan motonya “Pagi Pesan, Sore Huni”. Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.

Paragraf Ekspsosisi Pertentangan

Paragraf eksposisi pertentangan merupakan paragraf yang berisi suatu pertentangan hal dengan pertentangan hal lainnya.

Contoh:

Orang yang suka berjalan kaki, biasanya merupakan orang yang peduli terhadap kesehatan tubuhnya dan lingkungan. Berbeda dengan orang yangmalas berjalan kaki dan selalu menggunakan kendaraan bermotor kemanapun pergi. Mereka akan mengeluh karena harus capek berjalan dan jalan menjadi terhambat karena ada orang yang berjalan kaki.

Paragraf Eksposisi Proses

Paragraf eksposisi proses merupakan paragraf yang gagasan utamanya menyajikan proses terjadinya sesuatu atau caramembuat sesuatu.

Contoh:

Milkshake menjadi minuman enak dan sehat yang sangat populer di kalangan remaja saat ini.Tempat-tempat berkumpulnya remaja seperti caffe selalu menyediakan minuman segar yang satu ini. Milkshake juaga bias dibuat di rumah dengan cara yang sederhana. Langkah pertama untuk membuatnya, kita hanya perlu memasukkan pada blender bahan berupa strawberry (bias diganti cokelat atau buah lain), susu kental manis, es batu, dan gula. Kemudian langkah selanjutnya blender semua bahan hingga tercampur rata. Langkah terakhir sajikan milkshake dengan taburan chocochip.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.