Home » » Pengertian Dan Jenis Drone (Pesawat Tanpa Awak), Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

Pengertian Dan Jenis Drone (Pesawat Tanpa Awak), Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

Posted by berbagaireviews.com on 21 Mei 2016

Pengertian Drone.
berbagaireviews.com

Drone adalah pesawat tanpa awak  yang dikendalikan dari jarak jauh. Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak (english = Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya . 

Dahulu mungkin orang mengenal drone atau pesawat tanpa awak digunakan oleh militer untuk memata-matai musuh di daerah konflik. Secara garis besar penggunaan dari pesawat tanpa awak ini adalah dibidang militer. 

Lalu bagaimana dengan rudal, yang juga tanpa awak dan dikendalikan dari jarak jauh. Rudal walaupun mempunyai kesamaan tapi tetap dianggap berbeda dengan pesawat tanpa awak karena rudal tidak bisa digunakan kembali dan rudal adalah senjata itu sendiri.
Jenis - Jenis Drone (Pesawat tanpa awak).
Menurut Fungsinya.
Combat Drone. 

 
Drone Penyerang.

Drone versi pertama adalah combat drone atau drone untuk keperluan pengintaian, peperangan dan penyerangan. Drone ini, banyak laporan mengatakan bahwa serangan dari pesawat tanpa awak  ini banyak yang berhasil. Akan tetapi, ada juga laporan yang menyatakan pesawat tanpa awak ini mempunyai reputasi untuk menyerang secara berlebihan atau menyerang target yang salah.

Drone versi yang pertama dikarenakan memiliki fungsi sebagai alat pengintai sekaligus penyerang, maka pesawat terbang tanpa awak ini dilengkapi dengan senjata. Dan tentunya karena tidak memiliki awak, maka drone dilengkapi dengan kamera infrared, Global Positioning Systems (GPS) dan sistem komputer yang terkoneksi dengan pusat kendalinya.

Drone Pengangkut.

berbagaireviews.com 
Drone non Militery. 

Dan drone versi kedua yaitu drone yang dibuat dengan fungsi untuk sarana pengangkatan sesuatu benda atau barang. atau juga terkadang digunakan untuk melakukan tugas yang dianggap kotor dan terlalu berbahaya bagi manusia. Pesawat tanpa awak ini, digunakan untuk keperluan sipil (non militer) seperti pemadam kebakaran , keamanan non militer atau pemeriksaan jalur pemipaan. Pesawat tanpa awak terkadang sering melakukan tugas yang dianggap terlalu kotor dan terlalu berbahaya pada manusia, contohnya di tempat yang memiliki tingkat radiasi tinggi.

Pengontrolan Drone. 

Kontrol pesawat tanpa awak ada dua variasi utama, variasi pertama yaitu dikontrol melalui pengendali jarak jauh dan variasi kedua adalah pesawat yang terbang secara mandiri berdasarkan program yang dimasukan kedalam pesawat sebelum terbang.

Berdasarkan Baling - Baling.
berbagaireviews.com 
Fixed Wing Drone (Drone dengan sayap tunggal).

Fixed wing Drone ( Tunggal).Drone jenis ini berbentuk seperti pesawat komersial dan digunakan untuk proses yang cepat, daya jangkau lebih cepat serta lebih luas, biasanya untuk pemetaan (mapping) atau  konsepnya seperti scaning. Drone jenis Fixed wins memiliki Energi lebih irit baterai karena single baling baling.
berbagaireviews.com 
Drone Multicopter.

Multicopter Drone (Multi). Untuk Anda yang ingin membuat video yang bagus sangat cocok memilih drone yang multi copter dikarenakan Lebih stabil dan daya angkut serta kekuatan untuk mengangkat beban (kemera) bisa yang lebih berat. Semakin banyak baling baling semakin stabil dan lebih aman.

Istilah - istilah pada Drone, sebagai berikut :
  • TriCopter : Sebuah drone yang mempunyai 3 Motor, dan 3 Baling – Baling
  • Quadcopter : Sebuah Drone yang mempunyai 4 Motor dan 4 Baling – Baling
  • Hexacopter : Sebuah Drone yang mempunyai 6 Motor dan 6 Baling – Baling
  • Octocopter : Sebuah Drone yang mempunyai 8 Motor dan 8 Baling – Baling
  • RTF : Ready to Fly atau, pesawat sudah lengkap siap terbang, tanpa ada konfigurasi khusus
  • Gyro Axis : Gyro Axis adalah sebuah sensor yang dapat membuat Drone menjadi stabil
  • 4 Channel : Terbang ke atas, terbang ke bawah, terbang ke samping kiri, terbang ke samping kanan
  • Headless : Semua sisi drone bisa jadi kepala, atau bagian depan
  • FPV : Live stream Wi-Fi dari kamera ke media monitor, atau smartphone
  • Kit Only : adalah Full badan pesawatnya saja tanpa elektrik
  • Motor Brushless : adalah Dinamo Motor Elektrik tanpa Brushed, sebagai sumber pendorong/penarik pesawat
  • Propeller :  Baling-Baling.      
Untuk melihat artikel Sejarah dan Perkembangan Drone (UAV), silahkan klik http://www.berbagaireviews.com/2016/05/sejarah-dan-perkembangan-drone-pesawat.html
Melihat selanjutnya tentang Kegunaan dan Pemanfaatan Drone (UAV), silahkan klik http://www.berbagaireviews.com/2016/05/kegunaan-dan-pemanfaatan-pesawat-tanpa.html

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. mas, bagaimana pengertian RTH dan bagaimana prinsip kerjanya ??
    terima kasih

    BalasHapus

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.