Home » » Asap, Dengan Akibat Serta Manfaatnya, Understanding of Smoke.

Asap, Dengan Akibat Serta Manfaatnya, Understanding of Smoke.

Posted by berbagaireviews.com on 1 Oktober 2015

Pengertian Asap.
 
berbagaireviews.com
 
Siapa yang tidak kenal dengan "asap"?, baru - baru ini pada beberapa daerah Indonesia banyak yang dditutupi kabut asap dan sudah sungguh memprihatinkan. Hal ini terjadi, akibat dari pembakaran hutan yang tidak menaati peraturan. Seperti yang terjadi di provinsi Riau dan Kalimantan, asap - asap hampir menutupi kota - kota yang ada di provinsi tersebut dan sudah merembes ke provinsi tetangga bahkan sampai ke negara tetangga. 
 
berbagaireviews.com

Sebelum kita membahas akibat yang ditimbulkan asap, nah terlebih dahulu kita membahas, apa itu asap... ??. Asap adalah suspensi partikel kecil di udara (aerosol) yang berasal dari pembakaran tak sempurna dari suatu bahan bakar. Suspensi Dalam ilmu kimia, suspensi (Inggris: suspension) adalah suatu campuran fluida yang mengandung partikel padat. Atau dengan kata lain campuran heterogen dari zat cair dan zat padat yang dilarutkan dalam zat cair tersebut. Kalau belum ngerti, kayaknya mesti balik lagi ke zamannya sekolahan. Seperti halnya, kabut yaitu sistem air yang tersuspensi di udara.

Terbentuknya Asap, seperti Induk yang tidak menginginkan anaknya. Seperti halnya  Asap umumnya merupakan produk samping yang tak diinginkan dari api (termasuk kompor dan lampu) serta pendiangan, begitu juga manusia yang menyalakan api tetapi tidak menginginkan asapnya.

Akibat yang di timbulkan Asap.
 
berbagaireviews.com
 
Memang benar banyak sekali kerugian yang di rasakan dari asap, seperti halnya berikut ini  :

  • Menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)  karena Kemampuan paru dan saluran pernapasan mengatasi infeksi berkurang dan ketidakseimbangan daya tahan tubuh (host), pola bakteri/virus dll penyebab penyakit (agent) dan buruknya lingkungan (environment).
  • Menyebabkan terjadinya kecelakaan baik di darat maupun di udara, karena kabut asap membuat jarak pandang pengemudi jadi berkurang.
  • Dampak penurunan aktifitas ekonomi pun dapat dirasakan, karena enggangnya orang bepergian baik lokal maupun dari Internasional.
Manfaat Asap.
 
berbagaireviews.com
 Asap untuk pembasmian hama.
 
Disamping Asap menimbulkan kerugian, tetapi juga ada yang memanfaatkan asap untuk pembasmian hama (fumigasi), komunikasi (sinyal asap), pertahanan (layar asap, smoke-screen) atau penghirupan tembakau atau obat bius. Asap kadang digunakan sebagai agen pemberi rasa (flavoring agent), pengawet untuk berbagai bahan makanan, dan bahan baku asap cair.
 
berbagaireviews.com
Asap Cair

Pengawet makanan termasuk dalam kelompok zat tambahan makanan yang bersifat inert secara farmakologik (efektif dalam jumlah kecil dan tidak toksis). Pemakaian pengawet sangat luas. Hampir seluruh industri mempergunakannya,termasuk industri farmasi, kosmetik, dan makanan.

Di bidang kesehatan dan farmasi, penggunaan pengawet dibatasi jenis dan jumlahnya. Khusus untuk pengawet makanan, diatur melalui Permenkes RI No. 722/Menkes/Per/IX/88. Namun, banyak pihak tidak bertanggung jawab menggunakan bahan pengawet yang dilarang BPOM untuk makanan seperti formalin, yang biasanya digunakan pada bakso, tahu, ikan dengan alasan biaya murah dan produk keliatan lebih bagus serta tahan lebih lama. Penggunaan formalin bisa digantikan dengan asap cair, karena harganya yang cukup murah dan alami. Dalam asap cair mengandung senyawa fenol yang bersifat sebagai antioksidan, sehingga menghambat kerusakan pangan dengan cara mendonorkan hidrogen.

 
Walaupun ada beberapa manfaatnya bagi kita, janganlah terlalu banyak menimbulkan asap, karena dapat membahayakan dan merugikan orang lain serta negara.
 
 
 
Untuk melihat artikel lainnya, silahkan klik  http://www.berbagaireviews.com/2015/03/sitemap.html

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS