Home » » Air Terjun Terindah di Indonesia, The most Beautiful Waterfalls in Indonesia.

Air Terjun Terindah di Indonesia, The most Beautiful Waterfalls in Indonesia.

Posted by berbagaireviews.com on 5 Mei 2015

 Air Terjun (Waterfall).

      Berbicara tentang Air Terjun atau Waterfall, mungkin tidak asing lagi bagi kita. Selain kekayaan alam, Indonesia juga memiliki keindahan alam yang sangat beragam. Keindahan alam yang dimiliki Indonesia salah satunya adalah air terjun orang Jawa biasa menyebut ‘curug’. Bagi pencinta alam air terjun merupakan salah satu tujuan favorit mereka. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah biasanya air terjun memiliki akses yang sangat menantang. Sudahkah Anda mengenal tempat-tempat ini? Jika belum mari kita mengenal Air Terjun Terindah di Indonesia. Langsung saja simak artikel dibawah ini.
Air Terjun Dua Warna, Deli Serdang (Sumatera Utara).

berbagaireviews.com

Air Terjun Dua Warna atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Telaga Bitu Sibolangit memiliki ketinggian terjunan air sekitar 75 meter dan berada di ketinggain 1475 m dpl.  Air terjun ini terletak di hulu Sungai Sinembah 1 dan terbentuk dari letusan letusan gunung Sibayak ratusan tahun silam.
Air terjun yang satu berwarna biru indah dan air yg sangat dingin, dengan tebing-tebing berlumut hijau di sekitarnya. Satunya lagi berwarna putih bening dan terasa hangat. Kedua air terjun ini terpisah dekat oleh beberapa air terjun kecil penghias tebing.

Air Terjun Moramo, Provinsi Sulawesi Tenggara.

berbagaireviews.com

Air terjun Moramo merupakan salah satu obyek wisata alam terindah di Nusantara ini, yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kombinasi antara keindahan air terjun dengan berbagai jenis aneka satwa serta tempatnya yang berada dalam areal hutan lindung, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ketempat tersebut, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Ditempat tersebut dari ketinggian sekitar 100 meter, terbentuklah air terjun sangat menakjubkan, yang memiliki ciri khas tersendiri. Bentuknya bertingkat, terdiri dari 7 tingkatan utama dan 60 tingkatan kecil.

Air Terjun Gitgit, Desa Gitgit di Bali.

berbagaireviews.com

Obyek wisata air terjun Gitgit menawarkan keindahan air terjun, dengan segarnya air pegunungan alami dengan lingkungan hutan alami. Tempat ini cocok untuk pecinta petualangan yaitu trekking,  medan jalanan setapak berkelok dan naik turun. Setelah sampai ke lokasi anda bisa menyaksikan keindahan terpampang depan mata, angin sepoi-sepoi ikut membawa embun atau uap yang diterbangkan angin menerpa wajah, terasa begitu segar, rerimbunan pohon serta rambatan semak pada tebing menambah kealamian tempat ini, ingin merasakan sensasi segarnya air pegunungan yang jernih, anda bahkan bisa berendam dan mandi disini.

Air Terjun Lembah Harau, Payakumbuh di Sumatera Barat.

Air Terjun Lembah Harau - berbagaireviews.com

Lembah Harau mempunyai tujuh air terjun (sarasah) yang mempesona. Ketinggian masing-masing air terjun berbeda-beda antara 50-90 meter. Air terjun tersebut mengalir dari atas jurang yang membentang di sepanjang Lembah Harau.  Memasuki Taman Wisata Lembah Harau, seperti berada dalam sebuah benteng dengan tebing .  kemerah-merahan dengan ketinggian antara 150 hingga 200 meter. Tebing itu tegak dengan kokohnya yang mengelilingi lembah.

    Lembah Harau ini terbentuk akibat adanya patahan turun atau block yang turun membentuk lembah yang cukup luas dan datar. Salah satu tanda-tanda atau untuk melihat dimana lokasi patahannya adalah dengan adanya air terjun. Ini artinya dahulu ada sungai yang kemudian terpotong akibat adanya patahan turun, sehingga membentuk air terjun. Secara geologi, batuan yang ada disitu berumur cukup tua, kira-kira 30-40 juta tahun. Batuan seumur ini yang sangat halus berupa serpih yang merupakan batuan yang banyak mengandung organic carbon. Kawasan objek wisata Lembah Harau terdiri dari 3 (tiga) kawasan : Kawasan Aka Barayu, Sarasah Bunta, dan Rimbo Piobang.

Air Terjun Sedudo, Desa Ngliman, Propinsi Jawa Timur. 

Air Terjun Sedudo - berbagaireviews.com

Air Terjun Sedudo berada di ketinggianan 1.438 meter di atas permukaan laut (dpl) di sisi timur kawasan Gunung Wilis, dengan ketinggian air terjun sekitar 105 meter. Air terjun Sedudo sudah terkenal sejak jaman Majapahit yang mana air terjun ini diyakini sebagai Tirta Suci yang mengalir dari kahyangan.  Bahkan Para Raja, Bangsawan dan Pendeta pada jaman itu sering mempergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca atau senjata pusaka dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda.

Air Terjun Sipiso - Piso, Karo di Sumatera Utara.

Air Terjun Sipiso - berbagaireviews.com

Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Sumatera. Berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus. Pengelolaan wisata alam air terjun ini dipegang oleh Pemda Kabupaten Karo. Dengan memiliki ketinggian sekitar 120 meter, Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan adanya air terjun ini, Kabupaten Karo menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

Air Terjun Sigura- Gura, Toba Samosir di Sumatera Utara.

Air Terjun Sigura - berbagaireviews.com

Air Terjun Sigura-gura menjadi salah satu objek wisata alam unggulan bagi masyarakat Provinsi Sumatera Utara, khususnya masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter. Ketinggian air terjun ini mengalahkan ketinggian Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payukumbuh (150 meter) yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir yang tak lain adalah dataran tinggi di pinggiran Danau Toba tepatnya 250 km dari pusat Kota Medan. Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan objek wisata Danau Toba membuat air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal, wisatawan dari luar Provinsi Sumatera Utara, bahkan wisatawan mancanegara.

Air Terjun Jarakan, Magetan.

Air Terjun Jarakan - berbagaireviews.com

Air Terjun Jarakan ini merupakan bagian kawasan obyek wisata Air Terjun yang sedang dikembangkan pemerintah Kabupaten Magetan. Air terjun ini berlokasi di desa Ngancar, kecamatan Plaosan. Air Terjun Jarakan terletak sekitar 80 meter di atas Air Terjun Watu Ondo. Dengan ketinggian air terjun sekitar 35 meter, di dasar air terjun ini terdapat sendang kecil dimana para wisatawan dapat mandi, mencuci muka atau hanya untuk bermain air.

Air Terjun Sendang Gile, Lombok.

Air Terjun Sendang Gile - berbagaireviews.com


Air Terjun Sendang Gila (baca gile) terletak di ketinggian 600 m di atas permukaan laut (dpl) dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter.  Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan, dimana tingkat pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam dibawahnya.  Selanjutnya dari kolam ini air meluncur ke bawah membentuk tingkatan kedua dan jatuh membentuk sungai yang ada di bawahnya. Dasar air sungai ini relatif datar, sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun.  Lokasi wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air Terjun Grobogan Sewu, di Jawa Timur.

Air Terjun Grobogan Sewu - berbagaireviews.com

Air terjun Grobogan Sewu mempunyai nama lain yang lebih terkenal yaitu, Air terjun Pantai Pelang. Penamaan tersebut karena letak air terjun tersebut berada di dalam kawasan wisata Pantai Pelang, tepatnya di sebelah barat. Air terjun ini bukan air terjun yang langsung bermuara ke laut, tapi mengalir dulu menjadi sungai kecil, lalu bermuara ke laut. Terdapat cerita lokal yang saya dengar bahwa air terjun ini dipercaya masyarakat lokal bisa membuat awet muda seseorang bila mandi disana.

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo di Jawa Timur.

Air Terjun Madakaripura - berbagaireviews.com

Air terjun Madakaripura adalah suatu air terjun yang terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.
Mengunjungi air terjun Madakaripura adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh para penjelajah yang pergi ke Jawa Timur. Madakaripura bisa dicapai dari Malang atau pun Probolinggo. Dari Probolinggo Anda bisa naik bus besar ke arah Tongas. Anda bisa mengutarakan tujuan Anda kepada kondektur bahwa Anda ingin mengunjungi air terjun tersebut dan Anda akan diberhentikan di pertigaan Tongas. Setelah turun, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan angkot yang sebelumnya harus Anda tawar.

Air Terjun Curug, Cimahi (Bandung).

Air Terjun Curug - berbagaireviews.com

Curug Cimahi terletak sekitar 10 km di Utara Kota Bandung, tepatnya di kota Cimahi bisa anda temui setelah melalui jalan Sersan Bajuri ke arah Universitas Advent Indonesia menuju ke terminal Parongpong. Nama Curug Cimahi diambil dari nama kali Cimahi yang tak jauh dari curug. Untuk menuju lokasi air terjun Curug Cimahi, kita harus melewati ratusan anak tangga. Selama anda melewati anak tangga tersebut menyusuri jalanan menurun yang dikelilingi oleh pepohonan, sesekali anda akan dikejutkan dengan lompatan monyet yang mungkin juga mendekati anda.




Untuk melihat artikel lainnya, silahkan klik http://www.berbagaireviews.com/2015/03/sitemap.html

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.