Home » » Danau - Danau Alami Terindah di Indonesia, Most Beautiful a Natural Lakes in Indonesia

Danau - Danau Alami Terindah di Indonesia, Most Beautiful a Natural Lakes in Indonesia

Posted by berbagaireviews.com on 17 Maret 2015

Danau - Danau Terindah yang ada di Indonesia.

Bicara tentang keindahan alam Indonesia tak pernah akan ada habisnya. Jika kemarin kami sudah membahas tentang pantai di Indonesia, kali ini kami ingin membahas mengenai danau – danau terindah di Indonesia. Posisi Indonesia di pertemuan dua rangkaian pegunungan muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania membuat negara ini memiliki kekayaan alam yang beraneka ragam dan memukau. Misalnya danau, cekungan pada permukaan bumi berisi air. Di antara akan menjadi danau-danau yang terbentuk secara alami yang begitu indah dan menyejukkan mata yang memandangnya.
  • Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara.
berbagaireviews.com

Danau Toba terbentuk akbibat letusan gunung berapi yang luar biasa besar. Letusan tersebut kemudian membentuk kawah besar yang setelah sekian lama dipenuhi oleh air. Danau Toba merupakan salah satu keajaiban alam yang begitu mempesona dengan hamparan air berwarna biru dan dikelilingi bukit landai berwarna hijau. Di tengah-tengah danau terdapat pulau yang sangat indah bernama Pulau Samosir. Luas pulau ini mencapai sekitar 647 km2.

  • Danau Singkarak, Provinsi Sumatera Barat.
berbagaireviews.com

Danau Singkarak merupakan danau terluas di Sumatera Barat dengan luas 107,8 km2. Danau Singkarak terbentuk oleh aktivitas tektonik. Airnya sangat jernih. Di sekitarnya di kelilingi oleh deretan Bukit Barisan. Di samping tempat rekreasi, Danau Singkarak juga dimanfaatkan sebagai tempat olahraga seperti joging, dayung, paralayang, bersepeda dan lain-lain. Setidaknya terdapat 19 jenis ikan yang hidup di dalam danau ini, salah satunya adalah ikan biling yang ditengarai sebagai spesies yang hanya hidup di Danau Singkarak.

  • Danau Maninjau, Provinsi Sumatera Barat.
berbagaireviews.com

Danau Maninjau merupakan danau vulkanis yang berada di ketinggian 461,5 mdpl. Terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau ini merupakan sumber air Sungai Batang Sri Antokan yang alirannya menjadi sumber listrik PLTA Maninjau. Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia dan terluas kedua di Sumatera Barat setelah Danau Singkarak.

  • Danau Tondano, Provinsi Sulawesi Utara.
berbagaireviews.com

Danau Tondano merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Sulawesi Utara. Danau Tondano juga di kelilingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Lembena, Gunung Kaweng, Gunung Tampusu dan Gunung Masarang yang dapat kita nikmati keindahannya dari tepi danau. Di tengah-tengah danau terdapat pulau kecil bernama Pulau Likri yang dapat kita datangi. Tidak hanya itu, di seputar Danau Tondano terdapat pula berbagai objek wisata seperti Sumeru Endo di Remboken, Bukit Pinus di Toliang Uki, dan Gua Tikus Tasuka.

  • Danau Maninjau, Provinsi Sumatera Barat.
berbagaireviews.com

Danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Air danau Maninjau berwarna biru dan di sekelilingnya banyak sekali perbukitan. Bermacam-macam aktivitas dapat kita lakukan seperti memancing, bersepeda, menikmati pesona danau dari puncak lawang, dan berperahu. Keindahan danau ini juga dituangkan dalam sebuah kisah legenda yakni “Bujang Sembilan”.

  • Danau Tiga Warna (Kelimutu), Provinsi Nusa Tenggara Timur.
berbagaireviews.com

Nasional Kelimutu di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Ketiga danau ini dikelilingi hutan dengan tumbuhan khas Flores seperti marga casuarina, redwood, dan bunga edelweiss. Warna danau selalu berubah-ubah akibat perubahan molekulmolekul gas seperti ferum, natrium oksida dan lain-lain. Di sekitar danau ini setidaknya hidup 19 habitat burung langka yang terancam punah seperti punai flores, burung hantu wallacea, sikatan rimba-ayun, kancilan flores, dan lain-lain.

  • Danau Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.
berbagaireviews.com

Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga setelah Danau Toba dan Danau Singkarak. Danau Poso terletak di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Keunikan danau ini adalah pasirnya yang berwarna kuning keemasan dan gelombang airnya yang seperti laut. Keunikan lain yaitu warna airnya yang berbeda antara tepi danau yang berwarna hijau dengan tengah danau yang berwarna biru. Jika mengunjungi danau ini pada Juni hingga November, maka akan tercium aroma harum yang dikeluarkan tumbuh-tumbuhan cengkeh di sekeliling danau. Di danau ini hidup sejenis ikan sidat terbesar di dunia.

  • Danau Sentani, Provinsi Papua.
berbagaireviews.com

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Provinsi Papua di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops. Danau Sentani memilki 22 pulau kecil yang sangat indah yang dihuni oleh Suku Sentani. Di danau ini hidup biota air hiu gergaji atau yang dikenal dengan nama hiu sentani, namun diperkirakan ikan ini telah punah karena tak pernah dijumpai sekian lama. Berada di dekat gunung Cycloops membuat hawa Danau Sentani begitu sejuk.

  • Danau Paniai di Paniai, Papua.
berbagaireviews.com

Danau Paniai terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Berada di ketinggian +/- 1700 mdpl. Danau Paniai diakui keindahannya oleh 157 utusan dari 157 negara ketika berlangsungnya Konferensi Danau Se-Dunia yang diadakan di India pada 30 November 2007. Danau ini dapat dicapai dari Kota Enarotali, melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan yang mampu melewati medan terjal dan berkelok-kelok, dan melalui jalur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF jenis Cessna yang bisa mendarat di dataran tinggi.
  • Danau Towuti, Provinsi Sulawesi Selatan.
berbagaireviews.com

Danau Towuti terletak di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Danau Towuti merupakan danau tektonik yang terbentuk dari turunnya permukaan bumi akibat pergeseran lapisan bumi. Danau Towuti dikelilingi gugusan pegunungan hijau yang indah. Setidaknya terdapat 14 jenis ikan air tawar jenis endemic crocodylus porosus dan hydrosaurus amboinensis di sini.

  • Danau Labuan Cermin, Provinsi Kalimantan Timur.
berbagaireviews.com

Danau Labuan Cermin terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sesuai namanya, Labuan Cermin memiliki permukaan air berwarna biru yang jernih bagaikan cermin. Danau ini memiliki keunikan yaitu air dengan dua citra rasa, tawar di permukaan dan asin di bagian bawah. Di bagian atas yang tawar, hidup ikan-ikan air tawar sedangkan di bagian air yang asin dihuni habitat laut. Di Danau Labuan Cermin kita dapat menikmati keindahan biota laut dengan menyelam secara langsung maupun dengan perahu. Di sini juga disediakan penyewaan alat snorkeling.

  • Danau Gunung Tujuh, Provinsi Jambi.
berbagaireviews.com

Danau Gunung Tujuh merupakan permata Kota Jambi yang tergabung dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Sembalat. Danau ini merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Tujuh. Ketujuh gunung yang mengelilingi danau ini adalah Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl). Danau Gunung Tujuh mendapatkan predikat salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dan merupakan situs warisan dunia UNESCO. 

  • Danau Segara Anak di Kaldera Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
berbagaireviews.com

Adalah sebuah danau yang terletak di kaldera Gunung Rinjani. Secara administratif masuk ke wilayah Desa Sembalun Lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Segara Anak berarti Anak Laut, hal ini didasari oleh warna air Danau Segara Anak yang sebiru laut. Dari danau ini terlihat Gunung Baru Jari yang merupakan gunung vulkanik, anak Gunung Rinjani. Didekatnya terdapat sumber mata air panas yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

  • Danau Laut Tawar, Aceh Tengah.
berbagaireviews.com

Keberadaan Danau Laut Tawar menjadi kebanggaan masyarakat Aceh. Ia merupakan objek wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Danau ini menjadi sumber air yang dimanfaatkan tidak hanya oleh masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah, namun juga oleh masyarakat di kabupaten-kabupaten lainnya.

Untuk melihat Pantai - pantai terindah di Indonesia, silahkan klik http://www.berbagaireviews.com/2015/03/pantai-pantai-terindah-di-indonesia.html

Artikel lainnya, dapat di lihat pada http://www.berbagaireviews.com/2015/03/sitemap.html

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Danau-Danau Alami Terindah di Indonesia, Most Beautiful a Natural Lakes in Indonesia".
    Indonesia memang mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    BalasHapus

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS