Pengertian Hutan dan Bagian - bagian serta Faktor yang mempengaruhi Persebaran Hutan, Jungle. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

15 November 2017

Pengertian Hutan dan Bagian - bagian serta Faktor yang mempengaruhi Persebaran Hutan, Jungle.

| 15 November 2017
Hutan merupakan salah satu kekayaan alam yang ada Bumi. Tidak hanya kekayaan alam saja, hutan juga merupakan salah satu kebanggaan yang dimiliki Indonesia (baca: kekayaan alam Indonesia). Banyak negara- negara yang merasa bangga mempunyai hutan yang lebat daripada negara yang tidak mempunyai hutan. Hal ini karena hutan memang merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi semua makhluk yang ada di Bumi, bahkan Bumi sendiri juga membutuhkan hutan.


Pengertian dan bagian - bagian hutan - berbagaireviews.com

Pengertian hutan

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Hutan menurut Undang-Undang tentang Kehutanan Nomor 41 tahun 1999 adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

Hutan merupakan suatu kumpulan tumbuhan dan juga tanaman, terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu lain, yang menempati daerah yang cukup luas.

Pohon sendiri adalah tumbuhan cukup tinggi dengan masa hidup bertahun-tahun. Jadi, tentu berbeda dengan sayur-sayuran atau padi-padian yang hidup semusim saja. Pohon juga berbeda karena secara mencolok memiliki sebatang pokok tegak berkayu yang cukup panjang dan bentuk tajuk (mahkota daun) yang jelas.

Suatu kumpulan pepohonan dianggap hutan jika mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas setempat, yang berbeda daripada daerah di luarnya. Jika kita berada di hutan hujan tropis, rasanya seperti masuk ke dalam ruang sauna yang hangat dan lembap, yang berbeda daripada daerah perladangan sekitarnya. Pemandangannya pun berlainan. Ini berarti segala tumbuhan lain dan hewan (hingga yang sekecil-kecilnya), serta beraneka unsur tak hidup lain termasuk bagian-bagian penyusun yang tidak terpisahkan dari hutan.

Hutan sebagai suatu ekosistem tidak hanya menyimpan sumberdaya alam berupa kayu, tetapi masih banyak potensi non kayu yang dapat diambil manfaatnya oleh masyarakat melalui budidaya tanaman pertanian pada lahan hutan. Sebagai fungsi ekosistem hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, dan peran penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global. Sebagai fungsi penyedia air bagi kehidupan hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting, hal ini dikarenakan hutan adalah tempat tumbuhnya berbagai tanaman

Hutan dijuluki sebagai paru- paru dunia. Artinya, tanpa adanya hutan, Bumi mungkin tidak akan bisa bernafas. Dan jika Bumi tidak bisa bernafas, maka Bumi akan merasakan mati. Bagaimanapun juga paru- paru adalah organ yang inti yang dimiliki oleh manusia maupun hewan yang bernafas menggunakan paru- paru. Tanpa adanya paru- paru maka makhluk hidup tersebut tidak akan bertahan lama.

Kehidupan di Bumi.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya permukaan Bumi sebagai planet yang ditempati manusia terdiri dari dua macam, yakni daratan (baca: ekosistem darat) dan juga lautan. Lautan dan daratan pun mempunyai porsi yang berbeda. Antara lautan dan daratan, permukaan Bumi lebih banyak terdiri dari lautan (baca: samudera di dunia). Namun jumlah daratan yang ada di Bumi juga tidak sempit.

Hampir semua makhluk hidup yang ada di Bumi hidup di daratan, terkecuali binatang- binatang dan tumbuhan laut. Dari semua daratan yang dihuni oleh makhluk hidup tersebut, kenampakannya berbeda- beda. Ada daratan yang berupa gunung (baca: penyebab gunung meletus), dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, jurang, lembah, hutan, sawah, dan ada pula pemukiman. Semua terstruktur dan tertata rapi sekali. Dari beberapa kenampakan daratan tersebut, ada salah satu kenampakan yang sangat penting dan sangat bermanfaat bagi lingkungan bahkan makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Daratan yang dimaksud adalah hutan.

Bagian - bagian hutan

Bayangkan mengiris sebuah hutan secara melintang. Hutan seakan-akan terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian di atas tanah, bagian di permukaan tanah, dan bagian di bawah tanah.
Jika kita menelusuri bagian di atas tanah hutan, maka akan terlihat tajuk (mahkota) pepohonan, batang kekayuan, dan tumbuhan bawah seperti perdu dan semak belukar. Di hutan alam, tajuk pepohonan biasanya tampak berlapis karena ada berbagai jenis pohon yang mulai tumbuh pada saat yang berlainan.

Di bagian permukaan tanah, tampaklah berbagai macam semak belukar, rerumputan, dan serasah. Serasah disebut pula 'lantai hutan', meskipun lebih mirip dengan permadani. Serasah adalah guguran segala batang, cabang, daun, ranting, bunga, dan buah. Serasah memiliki peran penting karena merupakan sumber humus, yaitu lapisan tanah teratas yang subur. Serasah juga menjadi rumah dari serangga dan berbagai mikro organisme lain. Uniknya, para penghuni justru memakan serasah, rumah mereka itu; menghan Semua tumbuhan dan satwa di dunia, begitupun manusia, harus menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat mereka berada. Jika suatu jenis tumbuhan atau satwa mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan fisik di daerah tertentu, maka mereka akan dapat berkembang di daerah tersebut. Jika tidak, mereka justru tersingkir dari tempat ini. Contohnya, kita menemukan pohon bakau di daerah genangan dangkal air laut karena spesies pohon ini tahan dengan air asin dan memiliki akar napas yang sesuai dengan sifat tanah dan iklim panas pantai.

Sebaliknya, cara berbagai tumbuhan dan satwa bertahan hidup akan memengaruhi lingkungan fisik mereka, terutama tanah, walaupun secara terbatas. Tumbuhan dan satwa yang berbagi tempat hidup yang sama justru lebih banyak saling memengaruhi di antara mereka. Agar mampu bertahan hidup di lingkungan tertentu, berbagai tumbuhan dan hewan memang harus memilih antara bersaing dan bersekutu. Burung kuntul, misalnya, menghinggapi punggung banteng liar untuk mendapatkan kutu sebagai makanannya. Sebaliknya, banteng liar terbantu karena badannya terbebas dari sumber penyakit.

Jadi, hutan merupakan bentuk kehidupan yang berkembang dengan sangat khas, rumit, dan dinamik. Pada akhirnya, cara semua penyusun hutan saling menyesuaikan diri akan menghasilkan suatu bentuk klimaks, yaitu suatu bentuk masyarakat tumbuhan dan satwa yang paling cocok dengan keadaan lingkungan yang tersedia. Akibatnya, kita melihat hutan dalam beragam wujud klimaks, misalnya: hutan sabana, hutan meranggas, hutan hujan tropis, dan lain-lain.

Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Hutan

1. Keadaan tanah
Daerah gurun pasir akan membentuk hutan yang berbeda dengan daerah tropis yang banyak hujannya.

2. Tinggi rendah permukaan tanah
Jenis hutan beserta isi tanaman dipengaruhi oleh suhu wilayah yang berbeda antara dataran tinggi dan dataran rendah.

3. Makhluk hidup
Manusia dapat menentukan di mana boleh ada hutan dan tidak boleh ada hutan.

4. Iklim
Iklim yang memiliki curah hujan tinggi akan membentuk hutan yang lebat seperti hutan hujan tropis.



Untuk melihat Manfaat dan kegunaan serta Fungsi Hutan , silahkan click  http://www.berbagaireviews.com/2017/11/manfaat-dan-fungsi-hutan-bagi-kehidupan.html

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar