Sejarah Perkembangan Bulutangkis (Badminton) | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

16 Oktober 2014

Sejarah Perkembangan Bulutangkis (Badminton)

| 16 Oktober 2014
Badminton dengan Awal Sejarahnya.


bulutangkis

Hampir kalangan dewasa, tentu kenal dengan Bulu Tangkis atau lebih dikenal dengan badminton. Badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat bergengsi bagi suatu negara yang turut ikut berpatisipasi dalam mengikuti kejuaraan ini. Bagi masyarakat, juga memanfaatkan olahraga badminton ini sebagai olahraga kesehatan yang rutin dilakukan setiap hari.

Tetapi, terlebih dari itu, baiknya kita mengetahui sedikit mengenai sejarah ataupun asal usul dari olahraga badminton ini. Sedangkan badminton itu adalah olahraga yang memakai raket dan dimainkan oleh salah satu lawan satu pemain lawan (single) atau dua pasang berlawanan (ganda), yang mengambil posisi di bagian berlawanan dari lapangan persegi panjang yang dibagi dengan sebuah jaring. Pemain mencetak poin dengan memukul shuttlecock dengan raket mereka sehingga melewati net dan mendarat di tempat lawan  dalam garis lapangan pertandingan. Masing-masing pihak mungkin akan terus menyerang sebelum shuttlecock melewati net. Reli A berakhir setelah shuttlecock telah jatuh ke lantai, atau jika kesalahan telah disebut oleh wasit atau hakim pertandingan.

sejarah bulutangkis

Pada abad ke-5 SM, orang-orang di Cina sudah memainkan permainan yang disebut ti jian zi. Sebuah terjemahan langsung dari kata ini 'ti jian zi' menendang alat/benda seperti pesawat ulang-alik. Sebagai nama menyarankan, tujuan dari permainan ini adalah untuk menjaga pesawat ulang-alik jatuh ke tanah tanpa menggunakan tangan. Apakah olahraga ini ada hubungannya dengan Sejarah Bulutangkis, mungkin bisa diperdebatkan. Namun itu, pertandingan pertama yang menggunakan sebuah Shuttle.

Sekitar lima abad kemudian, permainan bernama dan Kok dimainkan di Cina, Jepang, India dan Yunani. Ini adalah permainan di mana Anda menggunakan sebuah Battledore (dayung) untuk memukul Kok bolak-balik. Pada abad ke-16, telah menjadi permainan populer di kalangan anak-anak di Inggris. Di Eropa game ini dikenal sebagai jeu de volant untuk mereka. Pada 1860-an, permainan bernama Poona dimainkan di India. Game ini mirip dengan sebuah Kok tapi tambah bersih. Tentara Inggris belajar game ini di India dan mengambil peralatan kembali ke Inggris selama 1870-an.

Pada awal dari bulu tangkis dapat ditelusuri ke pertengahan 1800-an di British India, di mana ia diciptakan oleh perwira militer Inggris yang ditempatkan di sana. Foto-foto awal menunjukkan orang Inggris menambahkan jaring untuk permainan tradisional Inggris battledore dan shuttlecock. Olahraga adalah terkait dengan bola bulu tangkis, yang berasal dari Tamil Nadu, dan mirip dengan Hanetsuki yang berasal dari Jepang. Menjadi sangat populer di garnisun Inggris Poona kota (sekarang Pune), permainan juga kemudian dikenal sebagai Poona. Awalnya, bola wol disebut bola bulutangkis yang disukai oleh kelas atas dalam kondisi berangin atau basah , tapi akhirnya kok macet. Game ini diambil oleh purnawirawan kembali ke Inggris di mana ia dikembangkan dan aturan yang ditetapkan.

Pada awal 1875, para veteran yang kembali dari India mulai klub di Folkestone. Sampai tahun 1887, olahraga ini dimainkan di Inggris di bawah aturan yang berlaku di British India. Klub Badminton Bath standar aturan dan membuat permainan berlaku untuk ide-ide Inggris. J.H.E. Hart menyusun peraturan dasar revisi pada tahun 1887 dan, dengan Bagnel liar, lagi pada 1890. Pada tahun 1893, Asosiasi Bulutangkis Inggris menerbitkan set pertama aturan sesuai dengan peraturan tersebut, mirip dengan aturan saat ini, dan secara resmi diluncurkan bulutangkis di rumah yang disebut "Dunbar" di 6 Waverley Grove, Portsmouth, Inggris pada tanggal 13 September tahun itu. Mereka juga memulai All England Terbuka Badminton Championships, kompetisi badminton pertama di dunia, pada tahun 1899.

Meskipun tampaknya jelas bahwa Badminton House, Gloucestershire, dimiliki oleh Duke of Beaufort, telah memberikan nama menjadi olahraga, tidak jelas kapan dan mengapa nama itu diadopsi. Pada awal 1860, Isaac Spratt, mainan agen London, menerbitkan sebuah buku kecil, Badminton Battledore - permainan baru, tapi sayangnya tidak ada salinan telah bertahan. Sebuah artikel 1863 di The Cornhill Magazine menggambarkan bulutangkis sebagai "battledore dan shuttlecock dimainkan. sisi, seluruh string ditangguhkan sekitar lima meter dari tanah ". Penggunaan awal ini telah meragukan asal melalui ekspatriat di India, meskipun diketahui bahwa itu populer di sana pada 1870-an dan bahwa aturan pertama ditarik di Poonah tahun 1873. Sumber lain menyebutkan bahwa itu pada tahun 1877 di Karachi dalam (British) India, di mana upaya pertama yang dilakukan untuk membentuk satu set aturan.

The shuttlecock (or shuttle) adalah berbulu (atau, terutama dalam permainan non kompetitif, plastik) proyektil yang unik menyebabkan sifat untuk terbang berbeda dari bola yang digunakan di sebagian besar olahraga raket aerodinamis; khususnya, bulu menciptakan hambatan yang jauh lebih tinggi, menyebabkan shuttlecock untuk mempercepat lebih cepat dari bola. Shuttlecock memiliki kecepatan tertinggi lebih tinggi, jika dibandingkan dengan olahraga raket lainnya. Karena penerbangan kok dipengaruhi oleh angin, bulutangkis kompetitif dimainkan di dalam ruangan. Badminton juga dimainkan di luar ruangan sebagai kegiatan rekreasi santai.

badminton history

The International Badminton Federation (IBF) (sekarang dikenal sebagai Badminton World Federation) didirikan pada tahun 1934 dengan Kanada, Denmark, Inggris, Prancis, Belanda, Irlandia, Selandia Baru, Skotlandia, dan Wales sebagai anggota pendiri. India bergabung sebagai afiliasi pada tahun 1936. BWF sekarang mengatur bulutangkis internasional dan mengembangkan olahraga secara global.

The International Badminton Federation (IBF) dibentuk pada tahun 1934 dengan 9 anggota pendiri.
- Inggris
- Irlandia
- Skotlandia
- Wales
- Denmark
- Holland
- Kanada
- Selandia Baru
- Prancis

Sejak tahun 1992, bulutangkis telah menjadi olahraga Olimpiade dengan lima pertandingan, laki-laki dan perempuan single, laki-laki dan ganda putri, dan ganda campuran, di mana masing-masing pasangan terdiri dari seorang pria dan seorang wanita. Pada tingkat tinggi bermain, terutama di tunggal, olahraga menuntut kebugaran yang sangat baik, pemain membutuhkan stamina aerobik, kelincahan, kekuatan ledakan, kecepatan dan ketepatan. Ini juga merupakan olahraga teknis, yang membutuhkan koordinasi motorik yang baik dan perkembangan gerakan raket canggih.

olimpiade bulutangkis

Sementara dimulai di Inggris, bulu tangkis laki-laki yang kompetitif di Eropa secara tradisional didominasi oleh Denmark. Negara-negara Asia, bagaimanapun, telah menjadi yang paling dominan di seluruh dunia. China, Indonesia, Korea Selatan, dan Malaysia bersama dengan Denmark adalah salah satu negara yang telah secara konsisten menghasilkan pemain kelas dunia dalam beberapa dekade terakhir, dengan China sebagai kekuatan terbesar baik pada pria dan kompetisi perempuan dalam beberapa tahun terakhir.


Demikianlah artikel yang berjudul Badminton (Bulutangkis) dan Sejarah Perkembangannya. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, jika membantu tugas sekolah silahkan klik Pustaka Pengetahuan  

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel 

Media sosial silahkan klik facebook.com 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar