Alat - Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya serta Contoh dan Gambar Alat Musik, Musical Instrument. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

23 Juni 2018

Alat - Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya serta Contoh dan Gambar Alat Musik, Musical Instrument.

| 23 Juni 2018
Alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut sebagai alat musik. Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Semua itu bisa di sesuaikan dengan keinginan si musisi dari alat musik tersebut. Bidang musik di sebut Organologi.


Jenis - Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya - berbagaireviews.com


Jenis - Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya.
Berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda.  Berikut ini contoh lain alat musik berdasarkan cara memainkannya.

1. Alat Musik Tiup

Sesuai dengan nama jenisnya, cara memainkan alat musik ini adalah dengan ditiup. Cara meniupnya pun mempunyai aturan dan berbagai teknik. Ada yang harus ditiup dengan tipis, sedang ataupun sekuat tenaga. Alat musik tiup memiliki lubang-lubang tuts pada nadanya, jadi suara yang berbunyi tidak selalu sama.

Alat musik tiup, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara di tiup.

Alat musik tiup - berbagaireviews.com


Contoh : harmonica, recorder, tuba, seruling, flute, bason, horn, terompet, pianika, saksofon,     clarinet dan lain-lain.

2. Alat musik gesek.

Alat musik gesek merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan digesek. Hampir sama fungsinya seperti alat musik pukul, yaitu sebagai alat musik pelengkap. Biasanya menjadi alat musik utama pada pertunjukan opera atau broadway dan konser orkestra. Cara memainkan alat musik gesek mempunyai teknik-teknik khusus, harus melibatkan perasaan saat menggesek.

Alat musik gesek, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek.

Alat musik gesek - berbagaireviews.com


Contoh : biola, rebab,  cello, violin, kontra bas, viola dan lain-lain

3. Alat musik petik.

Alat musik petik adalah jenis alat musik yang cara memainkannya dengan dipetik. Alat musik ini terkenal banyak peminat yang menyukainya, meskipun tergolong alat musik yang cukup sulit untuk dipahami. Tingkat kesulitannya berada pada kunci-kunci nadanya.

Alat musik petik, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik.

Alat musik petik - berbagaireviews.com


Contoh : gitar, bas, mandolin, harpa, siter, banjo, sasando, ukulele, dan lain-lain.

4. Alat musik pukul.

Alat musik pukul - berbagaireviews.com


Alat musik pukul, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan dipukul, biasanya dipukul dengan tangan atau benda-benda pukulan seperti stik. Alat musik ini cenderung tidak mempunyai tangga nada dan kunci yang khusus, nada-nada yang digunakan sifatnya hanya melengkapi. Biasanya saat pertunjukan, alat musik pukul dilatih belakangan setelah iringan alat musik lainnya mendapatkan nada, jadi semua iringan terdengar selaras.

Alat musik pukul terbagi menjadi dua macam:
  • Alat musik pukul yang mempunyai nada : kulintang, perangkat gamelan, calung, vibraphone, arumba, xylophone, bellira, glockenspiel dan lain-lain.
  • Alat musik pukul tidak mempunyai nada: gendang, ketipung, rebana, tamborin, symbal, tympani, triangle, kastanyet, gong, pauken, drum set dan lain-lain.
Alat musik pukul ada dua macam

Alat musik pukul bernada.




Contoh : kulintang, perangkat gamelan, calung, vibraphone, arumba, xylophone, bellira,  glockenspiel dan lain-lain.

Alat musik pukul tak bernada.


Contoh : gendang, ketipung, rebana, tamborin, symbal, tympani, triangle, kastanyet, gong, pauken, drum set dan lain-lain.

5. Alat musik tekan atau sentuh.

Alat musik sentuh atau biasa disebut dengan alat musik tekan adalah alat musik yang cara memainkannya cukup dengan ditekan. Umumnya jenis alat musik ini terbagi menjadi dua, yaitu alat musik tekan elektronik dan alat musik tekan manusia. Yang menjadi perbedaan antara dua jeni alat musik tekan ini adalah di tuts yang ditekan dan efek suara yang ditimbulkannya juga bervariasi. Biasanya alat musik sentuh dimainkan pada acara-acara pertunjukkan besar.


Alat musik tekan atau sentuh - berbagaireviews.com
Contoh : piano, organ, keyboard dan lain-lain.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar