Rempah - Rempah Indonesia Lengkap Gambar | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

23 Mei 2022

Rempah - Rempah Indonesia Lengkap Gambar

Negara Indonesia memiliki tanah subur yang ditumbuhi oleh berbagai jenis tanaman dengan segudang manfaat. Salah satu di antaranya adalah rempah Indonesia yang sangat mendunia. Rempah adalah bagian dari tumbuhan yang mempunyai aroma dan rasa cukup kuat. Jenis rempah Indonesia pun ternyata sangat banyak dan beraneka ragam. Rempah - rempah dari Indonesia umumnya dimanfaatkan melalui tiga cara oleh masyarakat pribumi, yaitu menjadi pengawet, pemberi rasa makanan, dan menjadi obat tradisional. Menariknya, tanaman rempah ini telah dikenal sejak dahulu sebagai komoditas asli Indonesia yang memiliki nilai jual tinggi.

Rempah Indonesia juga sempat menjadi barang yang paling dicari pada zaman pra kolonial. Salah satu alasannya karena rempah-rempahan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai obat mujarab untuk beberapa penyakit kronis. Namun pemanfaatan rempah secara perlahan mulai berkurang setelah ilmu kedokteran semakin maju dan berkembang. Indonesia sudah dikenal sebagai negara dengan rempah-rempah yang melimpah. Saking melimpahnya, pada zaman penjajahan berbagai negara di dunia berambisi dan berburu untuk menguasai rempah-rempah yang ada di Indonesia.

Rempah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Berikut daftar berbagai macam rempah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia: 

1. Pala 


rempah - rempah indonesia


Buah pala (Myristica fragrans) merupakan tanaman yang bermanfaat untuk menambah cita rasa. Buah pala biasanya diolah menjadi manisan, sementara bijinya digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Selain sedap sebagai bumbu masakan, rempah-rempah ini mengandung minyak atsiri yang menjadi komponen campuran untuk parfum dan sabun. Untuk kesehatan, biji pala juga dapat membantu meredakan masuk angin, gangguan percernaan, dan sakit perut. Biji pala juga dapat digunakan untuk membantu menghentikan diare. Terdapat senyawa bernama myristicin di dalam biji pala yang dapat membantu memperbaiki daya ingat dengan cara merangsang saraf di dalam otak. Selain itu, senyawa yang terkandung dalam biji pala dapat membantu memperbaiki kemampuan konsentrasi. Biji pala juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sifat antibakteri yang dimiliki biji pala dapat membantu untuk membunuh bakteri berbahaya di dalam mulut, sehingga mencegah kerusakan pada gigi serta mencegah dan mengatasi bau mulut. Ramuan yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah parutan biji pala yang dicampur dengan minyak oregano. Di Maluku, tepatnya Pulau Banda merupakan tempat asal buah Pala. 


2. Kunyit.


rempah - rempah indonesia


Tanaman kunyit (Curcuma domestica) merupakan jenis tanaman yang telah digunakan sejak lama di Indonesia. Ribuan tahun lalu masyarakat telah menggunakan kunyit sebagai bahan memasak. Advertisement Kunyit memiliki fungsi sebagai pewarna alami, yaitu warna kuning. Sebagai salah satu bahan untuk membuat jamu, mafaat kunyit memiliki khasiat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Kunyit memiliki kandungan senyawa kimia curcumin yang memiliki khasiat untuk meredakan inflamasi, seperti bengkak dan nyeri. Pengolahan kunyit yang paling terkenal adalah jamu kunyit asam. Ramuan kunyit asam terdiri atas kunyit, asam, dan gula jawa. Masyarakat mengonsumsi kunyit asam dalam kehidupan sehari-hari meskipun tidak sedang sakit. Jamu ini dipercaya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan lambung. Jamu kunyit asam juga biasa dikonsumsi oleh perempuan saat masa menstruasi. Kandungan curcumin membantu meredakan nyeri. Kunyit juga memiliki manfaat melancarkan pencernaan, terutama di usus besar, sehingga pencernaan akan tetap sehat. 


3. Kayu Manis.


rempah - rempah indonesia


Kayu manis memiliki aroma yang khas. Rempah ini sangat terkenal di dunia kuliner, mulai dari digunakan untuk bumbu masakan, kue, hingga minuman hangat. Kayu manis (Cinnamomum zeylanicum) memiliki fungsi untuk menambah cita rasa dan kesegaran pada minuman. Kayu manis juga dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan infeksi. Aroma wangi pada kayu manis dapat menghilangkan bau badan serta mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Efek dari aroma kayu manis dapat menenangkan dan meredakan rasa lelah. Manfaat lain dari kayu manis adalah sebagai antijamur, antiradang, dan antiseptik. Kayu manis dapat meredakan diare, pilek dan flu, sakit perut, hipertensi, kehilangan nafsu makan, dan bronkitis. 


4. Wijen 


rempah - rempah

Tanaman wijen atau bijan atau sesam adalah semak semusim yang termasuk dalam famili Pedaliaceae. Tanaman ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati, yang dikenal sebagai minyak wijen, yang diperoleh dari ekstraksi bijinya. Wijen biasanya diolah untuk salah satu komponen penting minyak nabati dengan mengekstrak bijinya. Wijen juga menjadi bahan penting untuk menghias onde - onde dan makanan lainnya supaya terlihat cantik dan bercita rasa gurih. 


5. Cengkeh 


tanaman cengkeh

Siapa yang tidak kenal cengkih atau cengkeh? Tanaman ini sangat diburu oleh bangsa eropa ketika menjajah Indonesia dahulu karena memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai disinfektan, analgesik, hingga anestetik untuk gigi berlubang, dan tentu saja sebagai bumbu masakan yang begitu lezat. Rempah dengan nama latin Syzgium aromatica ini memiliki khasiat untuk membantu menghentikan diare, meredakan sakit perut, dan rasa mual. Terdapat ramuan yang memiliki banyak manfaat, yaitu campuran antara cengkeh dan air lemon. Cengkeh memiliki sifat sebagai antioksidan, antiseptik, bius lokal, dan antiinflamasi. Cengkeh mengandung minyak esensial seperti eugenol yang memiliki sifat anestesi dan antiseptik. Campuran antara air jeruk lemon dan cengkeh memiliki khasiat untuk menyembuhkan sakit gigi, mengurangi nyeri otot dan reumatik. Selain itu, campuran tersebut juga dapat meregenerasi tubuh saat mengalami kelelahan. Jika mengonsumsi cengkih atau campuran cengkeh dan air lemon, ramuan itu dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 


6. Jahe.


tanaman herbal


Jahe sangat harum ketika dicium. Tidak hanya terkenal sebagai bumbu dapur, jahe juga dikenal dengan baik sebagai tanaman herbal. Anda bisa membakarnya lalu digeprek dan dicampurkan ke dalam segelas air hangat. Diminum ketika hujan turun atau saat masuk angin akan membuat tubuh terasa hangat. Jahe (Zingiber officinale) merupakan anggota keluarga Zingerberaceae yang paling terkenal. Sejak lama jahe telah digunakan untuk menghangatkan tubuh. Masyarakat Indonesia juga menggunakan jahe untuk meningkatkan nafsu makan, mencegah mual, dan membantu meringankan reumatisme. Jahe yang ditumbuk juga dapat digunakan untuk meringankan rasa gatal dan mengobati luka. Campuran jahe dengan garam dapat digunakan untuk penangkal racun dari gigitan ular. Manfaat jahe untuk menghangatkan tubuh, di antaranya dibuat minuman, misalnya wedang jahe. Wedang dalam bahasa Jawa berarti ‘minuman’. Mengonsumsi wedang jahe selain untuk menghangatkan tubuh, juga dapat bermanfaat untuk meredakan masuk angin. Saat ini wedang jahe atau dalam bahasa Inggris disebut ginger tea menjadi populer untuk mencegah rasa mual. Jahe masuk dalam buku pengobatan herbal di negara Barat sebagai ramuan untuk mencegah morning sickness atau rasa mual yang dialami oleh wanita pada triwulan awal kehamilan. 


7. Biji adas.


fennel (Foeniculum vulgare)


Biji adas atau fennel (Foeniculum vulgare) merupakan tanaman yang memiliki khasiat untuk mengatur tekanan darah. Biji adas dapat meningkatkan kandungan produksi nitrit dalam air liur sehingga dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap stabil. Selain itu, biji adas juga kaya akan sumber potasium yang berkhasiat untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Apabila biji adas dikonsumsi setelah makan, itu berkhasiat mencegah gangguan pencernaan dan beragam masalah perut. Kandungan serat, asam amino, dan histidin yang dimilikinya juga dapat membantu mengobati diare, sembelit, ambeien, dan sebagainya.   


8. Kapulaga 


rempah - rempah

Kapulaga menjadi rempah-rempah mahal mendampingi saffron dan vanili. Di Indonesia memiliki harga sekitar Rp 45.000 per kilogram dan akan menjadi sepuluh kali lipat jika memenuhi kualitas ekspor. Tidak heran, kapulaga memang memiliki banyak manfaat sehingga banyak diburu. Sebab, tidak hanya untuk penyedap rasa, kapulaga juga memberikan khasiat untuk kesehatan. Kapulaga mengandung banyak mineral, seperti zinc, magnesium, dan sebagainya yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat kapulaga adalah mencegah dan mengatasi penyakit infeksi. Karena ada zat dalam kapulaga yang berperan sebagai antimikroba, yang dapat melawan bakteri tertentu dan jamur. 


9. Kemukus 


tanaman kemukus


Kemukus banyak ditemukan di Pulau Jawa dan Sumatra. Di dunia, kemukus dikenal sebagai Java Pepper. Kemukus banyak mengandung minyak atsiri, sehingga dimanfaatkan sebagai komponen utama sabun, kosmetik, parfum, hingga obat-obatan. 


10.Kemiri 


minyak kemiri

Minyak kemiri diklaim bisa melebatkan rambut. Dahulu, orang-orang tua akan membakar kemiri lalu diusap-usapkan ke alis supaya alis anaknya menjadi tebal. Sekarang, banyak industri farmasi yang mengolah kemiri menjadi minyak untuk melebatkan rambut loh. 


11. Serai 


tanaman serai


Serai merupakan tanaman rumput-rumputan yang memiliki manfaat yang beragam. Tanaman ini bahkan tidak pernah absen dari dapur karena bisa digunakan sebagai bumbu untuk berbagai jenis masakan. Serai bahkan bisa untuk mengusir nyamuk, sama seperti lavender.


12. Vanili.


tanaman vanili


Vanili dikenal sebagai salah satu rempah tersohor, karena aromanya yang manis dan kerap dicampurkan ke berbagai hidangan. Sejak ratusan tahun silam, tanaman vanili kerap dijadikan penambah rasa untuk makanan dan minuman. Di pasaran, ada jenis ekstrak vanili yang diolah secara sintetis dan ada pula yang benar-benar alami. Biasanya, harga ekstrak vanili yang alami jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang sintetis. Vanili termasuk tanaman yang dibudidayakan dengan harga jual yang begitu mahal karena per kilogramnya, vanili dipatok dengan harga Rp 650.000. Terlebih, jika kualitasnya sangat bagus dan memenuhi kualitas ekspor akan mencapai jutaan. Di bidang kesehatan, vanili juga memiliki banyak khasiat. Rempah yang satu ini bersifat antibakteri, mengandung antioksidan dan antidepresan. Studi lain tahun 1994 menyebut bahwa aroma seperti vanili dapat menurunkan kadar kecemasan pada pasien yang menjalani prosedur MRI untuk pemeriksaan kanker. Itu sebabnya aroma vanili termasuk salah satu jenis parfum yang populer dan disukai banyak orang. 


13. Andaliman 


bumbu andaliman


Andaliman memiliki julukan sebagai “merica batak” karena memang sering sekali dijumpai sebagai bumbu di banyak masakan khas batak, seperti arsik dan saksang. Uniknya, ketika Anda tak sengaja menggigit rempah-rempah ini, lidah akan mendadak terasa kelu karena memang andaliman mengandung hydroxy-alpha-sanshool. 


14. Daun Salam 


bumbu masakan


Kari, soto, lodeh, dan banyak masakan lainnya yang menggunakan daun salam sebagai bumbu. Tidak perlu diulek atau dihancurkan dengan cara lainnya. Cukup merobek daun, rempah-rempah ini sudah menyerbakkan aroma dan cita rasa yang sangat nikmat.


15. Lada 


rempah indonesia


Merica atau lada memiliki khasiat utama untuk menghangatkan. Selain itu dapat membunuh parasit dan membantu membuang gas dalam tubuh. Terdapat dua jenis merica, yaitu merica putih dan merica hitam. Khasiat dari merica putih adalah membantu memperlancar keluarnya urine. Merica putih juga dapat mengatasi gangguan penyakit kulit, seperti kusta dan eksem. Sementara itu, merica hitam memiliki fungsi untuk mengeluarkan dahak, memperlancar peredaran darah, dan menangani reumatisme atau encok. Merica juga memiliki manfaat bagi otak. Mengonsumsi merica hitam dapat membantu untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer (penyakit yang ditandai oleh penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku yang disebabkan oleh gangguan di dalam otak).


16. Lengkuas.


tanaman lengkuas


Lengkuas merupakan salah satu tanaman yang telah digunakan di dunia pengobatan sejak sekitar abad ke-6. Tanaman ini masuk ke Indonesia pertama kali di daerah Palembang, Sumatera Selatan. Lengkuas diolah dalam bentuk jamu yang disebut kudu laos. Jamu ini memiliki fungsi untuk masalah lambung, masuk angin, dan untuk meningkatkan nafsu makan. Ramuan kudu laos terdiri atas bawang putih, mengkudu, merica putih, buah asam, gula pasir, gula jawa, dan garam. Selain itu, terdapat juga ramuan yang terdiri atas lengkuas, daun lengkuas, dan merica putih. Manfaat dari ramuan ini baik digunakan untuk orang yang memiliki masalah kulit seperti herpes.


17. Daun Ketumbar 


ketumbar


Daun ketumbar atau cilantro memiliki aroma harum yang khas dan menjadikan suatu masakan menjadi lebih segar. Biasanya digunakan untuk bumbu masakan berkuah, seperti sop dan bakso. Cukup dicacah lalu taburi ke masakan ketika akan disajikan.


18. Kluwek 


rempah - rempah


Jika kita memakan rawon atau sop konro, di situlah kluwek digunakan. Rempah-rempah ini memang mampu memberi warna hitam pada masakan. Satu syarat dalam mengonsumsi kluwek: direndam dalam waktu lama lalu direbus. Hal ini dikarenakan kluwek mengandung asam sianida yang beracun dan membuat mabuk jika dikonsumsi dalam bentuk mentah.


19. Jinten 


rempah - rempah


Jinten berbentuk lonjong, kecil, dan pipih. Biasanya, rempah-rempah ini digunakan untuk menambah rasa dan aroma makanan berkuah, seperti kari dan gulai. Tidak hanya itu, jinten juga sangat berkhasiat untuk pencernaan. Bahkan, untuk ibu-ibu yang sedang menyusui, jinten bisa bermanfaat untuk memperlancar ASI.


20. Asam Jawa


rempah - rempah


Asam Jawa begitu namanya, rempah yang satu ini bercita rasa asam. Asam jawa biasanya digunakan untuk bumbu di sayur asam hingga kuah pempek. Selain itu, asam jawa juga diolah menjadi minuman tradisional seperti jamu.


Demikianlah artikel tentang "Rempah - Rempah Indonesia". Jika ada kekurangan ataupun kekeliruannya, berbagaireviews.com  mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan komentar yang sifatnya membantu dalam pengembangan artikel ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar