Panduan Cara Membuat Google Cendekia | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

Selasa, November 28, 2023

Panduan Cara Membuat Google Cendekia

| Selasa, November 28, 2023

 Sahabat Berbagai Reviews, Google Cendekia merupakan salah satu situs yang akrab bagi para pelajar maupun mahasiswa. Pasalnya, kehadiran Google Cendekia jurnal dan publikasi ilmiah lainnya cukup membantu jalannya pembelajaran mereka.

Pengertian Google Cendekia 

Google Scholar atau Google Cendekia adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Google, berupa layanan edukatif untuk membantu akademisi dalam mencari jurnal maupun publikasi dari berbagai bidang ilmu. Dari pengertian tersebut, dapat kita lihat bahwa perbedaan Google biasa dengan Google Cendekia adalah pada apa yang dicari, dan hasil pencarian yang ditampilkan. Jika pada Google biasa Anda bisa mencari kata kunci apa pun, maka Google Cendekia adalah mesin pencari yang difokuskan pada materi-materi pelajaran dalam berbagai format publikasi. Contohnya adalah makalah, jurnal online, dan publikasi ilmiah.

Manfaat Google Cendekia 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, manfaat dari Google Cendekia ini beragam. Tak hanya sebagai pencari informasi, Anda juga akan merasakan manfaat sebagai pemilik informasi.  Beberapa manfaat menggunakan Google Cendekia adalah sebagai berikut: 

1. Akses yang Mudah 

Google Cendekia dapat dikatakan sebagai perpustakaan dalam bentuk digital atau online. Bagi sebagian orang, akses ke Google Cendekia dianggap lebih mudah dibandingkan datang ke perpustakaan karena Google Cendekia bisa diakses di mana pun dan kapan pun. 

2. Mencari Secara Lebih Cepat dan Tepat

 Dibandingkan dengan Google biasa, Google Cendekia lebih bisa diandalkan dalam mencari informasi akademis. Apalagi, ketika Anda mengetahui kata kunci yang spesifik, karena Google Cendekia jurnal akan langsung memunculkan hasil yang relevan. Bahkan Anda juga bisa menyortir hasilnya berdasarkan tahun terbit, relevansi, hingga jenis jurnal atau publikasinya. 

3. Jurnal atau artikel dapat disimpan 

Manfaat lain dari Google Cendekia adalah Anda bisa menyimpan artikel di menu Library dengan cara membintangi artikel tersebut. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat detail artikel secara keseluruhan melalui abstraknya. 

4. Mengutip artikel dengan mudah 

Anda tak perlu lagi menulis kutipan secara manual saat membuat daftar pustaka. CUkup gunakan fitur citation yang ada di Google Cendekia untuk mengutip bagian yang ingin Anda gunakan. Dengan cara mengaktifkan ikon tanda kutip yang ada di bawah artikel, daftar pustaka tinggal copy-paste saja. 

5. Alat publikasi bagi akademisi 

Tak hanya mencari referensi dari Google Cendekia jurnal maupun publikasi yang sudah ada, Anda juga bisa mempublikasikan hasil karya tulis ilmiah yang telah ditulis. 

Cara Membuat Google Cendekia 

Bagi Anda yang belum pernah mengakses atau menggunakan Google Cendekia, Anda bisa memulainya dengan membuat akun Google Cendekia terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki Gmail, biasanya akun akan otomatis muncul. Namun jika tidak, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 

1. Siapkan email pribadi yang ingin Anda gunakan untuk membuat akun Google Cendekia. 

2. Kunjungi situs Google Cendekia melalui link: Google Scholar > Login menggunakan email tadi

cara membuat google cendekia

3.Klik ikon garis tiga di pojok kiri > pilih Profil Saya > lengkapi data yang diminta.

pandauan google cendekia

4. Lengkapi tahapan pembuatan akun Google Cendekia dengan mencentang checklist Make My Profile Public agar karya ilmiah Anda bisa dinikmati semua orang.

Cara Login Google Cendekia

 Jika Anda telah memiliki akun, berikut cara login Google Cendekia: 

1. Kunjungi situs Google Scholar.

cara login google cendekia

2. Klik opsi Masuk atau Login di pojok kanan atas.

google cendekia

3. Masukkan email yang dipakai untuk membuat akun beserta password-nya.

Cara Menggunakan Google Cendekia 

Setelah akun teregistrasi dan berhasil login, maka Anda bisa menggunakan akun tersebut untuk membuat karya ilmiah Anda menjadi bagian dari Google Cendekia jurnal. Caranya yaitu: 

1. Jika Anda baru menambahkan artikel pertama, klik ikon Add. 

  • Pilih Add Article Groups untuk menambahkan artikel dalam kelompok yang ada nama Anda di dalamnya. 
  • Pilih Add Articles untuk menambahkan artikel yang dikerjakan personal. 
  • Pilih Add Article Manually untuk menambahkan artikel secara manual, yang dimulai dari mengisi kolom judul artikel, tanggal terbit, jurnal, volume, isu, hingga isi. 

2. Jika Anda memilih beberapa artikel, maka artikel tersebut muncul otomatis di profil masing-masing.

 3. Anda dapat mengedit data artikel secara manual. 

4. Anda juga bisa menghapus daftar artikel agar tidak muncul lagi di profil. 

5. Untuk memeriksa indeks pencarian, buka beranda Google Cendekia dan masukkan nama lengkap           Anda di bidang pencarian. 

6. Anda akan melihat tampilan profil Anda.

Panduan Mencari artikel di Google Cendekia

1. Jika Anda ingin mencari artikel di Google Cendekia, berikut panduannya: Kunjungi laman Google          Cendekia.

2. Masukkan keyword atau kata kunci terkait jurnal atau karya ilmiah yang ingin dicari. Anda dapat            memasukkan kata kunci judul, topik, atau nama penulis.

google cendekia

3. Atur rentang waktu penerbitan karya ilmiah dan jenis karya yang Anda inginkan. beberapa karya            ilmiah yang bisa Anda download dalam bentuk PDF.

panduan google cendekia

4. Untuk mempermudah mengutip rujukan, klik Kutip di bagian bawah hasil pencarian.

5. Anda dapat memilih untuk mengutip rujukan, atau Anda juga bisa mendownloadnya secara langsung.

6. Jika telah memiliki akun Google Cendekia, Anda bisa menyimpan artikel atau karya ilmiah yang ada     dengan klik Simpan di bagian bawah hasil pencarian. Artikel tersebut akan disimpan pada menu              Koleksiku di bagian pojok kanan atas.

Cara Memaksimalkan Pencarian Google Scholar

Kadang ketika mencari jurnal di Google Cendekia, hasilnya bisa sangat luas. Data yang yang diindeks Google Cendekia juga sangat banyak. Sehingga ketika menuliskan kata kunci, hasil referensi yang muncul tidak sesuai dengan keinginan. 

Berikut adalah cara memaksimalkan pencarian Google Cendekia: 

  • Pastikan menulis kata kunci yang spesifik. Misalnya jika mencari “kandungan teh hijau”, tidak cukup hanya menuliskan “teh hijau”saja di kotak pencarian. Makin spesifik kata kunci, makin banyak hasil rekomendasi yang sesuai. 
  • Manfaatkan fitur Advanced Search. Google Cendekia memiliki fitur advanced search untuk menyaring hasil pencarian agar lebih spesifik. 
  • Jika menemukan banyak referensi yang sesuai, Anda bisa membuat bookmark untuk menandai dokumen tersebut. Caranya dengan klik tanda bintang di samping judulnya. 
  • Memanfaatkan fitur Sitasi Cepat. Dengan fitur ini, memudahkan Anda dalam menyalin teks secara langsung. 

Kesimpulan 

Dapat disimpulkan Google Cendekia adalah salah satu “sahabat” para akademisi, apalagi di masa pandemi seperti ini. Dengan akses perpustakaan yang terbatas, tentu otomatis Anda akan mengandalkan Google Cendekia jurnal dalam pembelajaran maupun perkuliahan.

Penelitian ilmiah dapat memberikan banyak manfaat bagi siapa saja. Entah bagi pelajar, mahasiswa, pengusaha, sampai dengan pemerintah. Google Cendekia adalah salah satu tempat di mana Anda bisa menemukan ribuan karya ilmiah dengan multi disiplin ilmu. 


Demikianlah artikel yang berjudul . Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Berbagai Reviews mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, jika membantu tugas sekolah silahkan klik Pustaka Pengetahuan 

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Baraja Farm 

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook.com 


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar