Cara Sukses Mendapat Uang Dari TikTok | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

27 Oktober 2023

Cara Sukses Mendapat Uang Dari TikTok

| 27 Oktober 2023

 Aplikasi TikTok merupakan platform media social yang kini digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. TikTok yang awalnya dalam bahasa Mandarin, Douyin adalah layanan hosting video berdurasi pendek yang dimiliki oleh perusahaan Tiongkok, ByteDance. Untuk layanan aplikasi ini menghosting video yang dikirimkan pengguna, yang bisa saja berdurasi mulai dari 3 detik hingga 10 menit. Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari TikTok, mudah dan menghasilkan untuk pemula sekalipun. Aplikasi TikTok tidak hanya menjadi tempat untuk menghibur diri dengan menonton video pendek, tetapi juga bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. 

Oleh karena itu, dalam artikel Berbagai Reviews ini, kita akan membahas beberapa strategi dan tips tentang bagaimana menghasilkan uang di TikTok.


Cara membuat konten FYP tiktok

Bisa saja dari program mitra hingga pemasaran afiliasi, ada banyak cara yang dapat diambil untuk mengubah kegemaran anda dalam membuat konten menjadi kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok, mudah dan menghasilkan untuk pemula, simak artikel berikut ini!

Cara Mendapatkan Uang Di TikTok

Aplikasi TikTok ini berbeda dari platform lainnya, dan tidak seperti Youtube yang penggunanya bisa memasang iklan atau adsense. Namun di aplikasi TIkTok ini, penggunanya bebas membuat konten tanpa tercampur iklan. Adapun cara untuk mendapatkan uang di aplikasi TikTok, antara lain :

1. Melakukan Siaran Langsung (Live Streaming)

Adapun cara yang pertama untuk mendapatkan uang dari TikTok yang cukup mudah dilakukan yakni live streaming (siaran langsung). Kita hanya perlu meluangkan waktu dan memanfaatkan fasilitas siaran langsung atau live streaming sesuai dengan tema pilihan kita dan mendapatkan virtual gift dari siaran tersebut. Gift virtual yang kita peroleh nantinya bisa ditukarkan menjadi uang tunai dan dapat digunakan untuk apa saja.

Walaupun terlihat mudah untuk dilakukan, tapi ada hal – hal yang harus diperhatikan. Ada beberapa cara agar penonton merasa nyaman dengan Live Streaming  yang tengah berlangsung kita buat, yakni antara lain :

  • Usahakan memilih waktu yang tepat pada saat kebanyakan followers sedang online
  • Usahakan koneksi internet yang stabil
  • Menggunakan tagar atau hashtag supaya menarik lebih banyak penonton
  • Usahakan tidak terkendala teknis, terhindar dari gangguan sekitar yang mungkin terjadi selama live streaming berlangsung

2. Menjadi Konten Kreator TikTok

Menjadi konten creator merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang dari TikTok yang dapat kita lakukan. Apabila kita ingin menghasilkan uang dengan cara  ini,  ada beberapa pilihan yang bisa kita lakukan, antara lain:

  • Mengupload konten bersponsor
  • Menjadi marketing afiliasi
  • Menjadi brand ambassador
  • Menjadi endorsement dan sejenisnya

3. Menjual Barang atau Jasa

Jika kita memiliki pengikut yang lumayan banyak, kita dapat menjalankan cara mendapatkan uang dari TikTok. Menjual barang atau jasa melalui TikTok bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari aplikasi ini. Adapun caranya yaitu dengan menjual menchandise yang berkaitan dengan Anda maupun barang-barang yang tengah diminati banyak orang (kekinian).

4. Beriklan Melalui TikTok Ads

TikTok sama halnya dengan platform sosial media yang lain, karena menyediakan fitur iklan atau ads yang dapat kita manfaatkan untuk mengembangkan bisnis kita maupun monetisasi akun. Dengan melalui fitur ini kita bisa menarget lebih banyak audiens untuk menonton konten Anda dan tentunya mereka yang melihat sangat berpotensi untuk menjadi bagian dari followers.

Adapun cara mendapatkan uang dari TikTok yang satu ini memang memakan cukup banyak biaya. Walaupun begitu, apabila kita cukup jeli melihat peluang yang ada, bukannya tidak mungkin akun TikTok Anda semakin ramai dan terkenal.

5. Posting Konten Bersponsor

Jika kita pemilik akun TikTok dengan jumlah followers  yang besar, dengan cara yang satu ini bisa menjadi ladang cuan yang menjanjikan. Hal yang perlu kita lakukan untuk menerapkan cara ini yaitu bekerja sama dengan brand atau pun toko online tertentu untuk mempromosikan produk mereka. Adapun istilah lainnya adalah kita membuka Paid Promote atau Paid Partnership.

6. Promosi Musik

Jika suka membuat musik atau menciptakan lagu, maka TikTok dapat menjadi sarana bermusik yang menghasilkan uang. Adapun cara untuk mendapatkan uang dari Tiktok yang terakhir yaitu dengan mempromosikan musik buatan kita melalui video singkat yang diupload ke Tiktok. Dan jangan lupa untuk sertakan link pembelian musik yang direkam.

Tips Sukses Konten Kreator TikTok

Jika ada yang tertarik untuk mendapatkan uang dari TikTok dan ingin menjadi terkenal?. Menjadi konten kreator TikTok dapat menjadi pilihannya. Adapun cara yang dapat dilakukan, antara lain :

1. Membuat konten yang menarik secara rutin

Usaha untuk menarik orang – orang untuk menonton video kita, adalah dengan membuat konten yang menarik dengan jadwal yang rutin. Kita bisa bertanya kepada teman - teman dan audiens tentang konten yang up to date dan video yang mereka suka. Kita bisa menelusuri lagu, challenge dan video yang sedang tren di berbagai platform social media atau explore. 

2. Sambungkan Akun TikTok dengan Youtube dan Instagram 

Jika kita memiliki akun Youtube dan Instagram, kita bisa menyambungkannya (sync) dengan akun TikTok. Hal tersebut, berguna untuk meningkatkan jangkauan audiens TikTok yang lebih luas. Dengan cara mengklik edit profil di TikTok, lalu menambahkan opsi YouTube dan Instagram. Dengan begitu, video yang kita upload di TikTok juga akan ter-upload di akun YouTube dan Instagram. 

3. Menggunakan Hashtag

Adapun penggunaan hashtag atau tagar juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan jumlah views dan likes dan termasuk ke dalam salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok. Dengan mencantumkan hashtag, video kita berkesempatan untuk dilihat oleh lebih banyak orang. Kita bisa menyantumkan tagar bertuliskan judul lagu atau challenge yang ada di video.

4. Collab dengan Influencer

Jika kita memiliki kenalan influencer, maka bisa dengan mengajak orang tersebut untuk ikut serta dalam video yang dibuat. Hal tersebut, bisa membantu dalam meningkatkan jumlah viewers dan likes, serta menjangkau audiens atau followers yang lebih luas. Apabila jumlah pengikut dan audiens kita sudah banyak, maka akan berpotensi mendapatkan tawaran endorse atau sponsor. Dengan begitu kita bisa menetapkan biaya endorse dan mendapat keuntungan ekstra. 

Kriteria Konten Masuk Fyp

Hal yang perlu kita ketahui adalah awal cuan dari TikTok berasal dari video viral yang masuk FYP orang. Ketika ada banyak orang yang menonton video, amak ada kesempatan untuk monetisasi akun TikTok pun lebih besar. Inilah usaha yang perlu dipelajari untuk mendapatkan uang dari TikTok dengan upload video viral dan FYP, yang bisa kita lihat pada ulasan berikut ini :

1. Kita perlu mengetahui kriteria konten yang masuk kategori FYP, yaitu ada tiga kriteria utama yang akan menentukan kontenmu masuk FYP atau tidak, yakni interaksi pengguna, informasi di video, dan preferensi akun.

2. Interaksi Pengguna

Dengan semakin banyak tanggapan di video, maka semakin banyak pula orang - orang yang akan ikut bereaksi atas video tersebut. Jika ada komentar masuk ke video, jangan ragu untuk membalas komen mereka.

2. Informasi di Video

Adapun informasi di video yang dibuat juga harus menarik agar bisa memancing orang untuk menonton. Adapun video di TikTok tidak hanya yang bernuansa hiburan, tetapi juga bisa berisi informasi - informasi yang penting bagi pengguna.

3. Preferensi Akun

Video yang bisa masuk FYP orang - orang berdasarkan preferensi mereka. Adapun setiap pengguna memiliki minat, kecenderungan, dan aktivitas yang berbeda - beda di TikTok. Maka video bisa masuk FYP jika masuk pada preferensi mereka.

Cara Membuat Konten FYP TikTok

Adapun cara untuk membuat konten FYP di TikTok, yakni ada banyak sekali cara yang bisa dicoba. Apabila sudah berhasil FYP, kita bisa lanjut ke cara monetisasi TikTok. Adapun cara yang dapat dilakukan antara lain :

1. Selalu mengikuti tren

Jika ingin video FYP, kita harus selalu up to date dengan memahami isu - isu apa yang sedang booming saat ini. Lau, buatlah video berdasarkan isu - isu hangat tersebut. Dengan video yang mengangkat tema - tema yang sedang tren memungkinkan untuk mendapatkan banyak penonton.

2. Menggunakan hashtag yang tepat

Kita juga perlu membuat hashtag yang tepat dengan memanfaatkan hashtag untuk meningkatkan engagement. Dengan menggunakan hashtag tersebut, kontenmu bisa terakses oleh target audiens.

3. Mencuri perhatian penonton 

Video yang sudah susah payah dibuat jangan sampai di-skip oleh pengguna. Kita harus membuatnya menarik sejak awal detik pertama. Dengan mengasah kreativitas dalam membuat video yang mencuri perhatian penonton sejak detik pertama.

4. Membuat video singkat tapi mudah dipahami

Video yang panjang tidak ada yang menjamin akan lebih bagus.Karena baik video panjang atau pendek bisa menjadi bagus asal jelas dan mudah dipahami. Jika kita lebih menyukai video berdurasi singkat, pastikan video yang anda buat tidak hanya menghibur, tetapi juga gampang ditangkap maksudnya.

5. Pakai Sound yang Sedang Viral

Adapun cara yang paling praktis agar video mungkin untuk masuk FYP adalah dengan menggunakan sound yang sedang viral. TikTok merupakan platform media sosial yang sangat terkenal dengan banyaknya pilihan musiknya. anda bisa menggunakannya tanpa khawatir terkait copyright. Maka jangan ragu untuk menggunakan musik yang lagi viral dan bisa juga mengikuti challenge yang ada di TikTok. Sehingga algoritma TikTok akan mengantarkan video kita kepada orang - orang yang mempunyai selera musik yang sama.

6. Membangun interaksi dengan pengguna lain

Adapun cara ini sesuai dengan kriteria FYP TikTok, memang perlu membangun interaksi dengan pengguna supaya video anda bisa masuk FYP.


Demikinlah artikel yang berjudul Cara Sukses Mendapat Uang Dari TikTok. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan pada penulisan artikel ini, Berbagai Reviews mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang membantu untuk perkembangan artikel ini di masa yang akan datang. Terima kasih sudah mengunjungi dan semoga bermanfaat.

Bahan bacaan membantu tugas sekolah silahkan klik Pustaka Pengetahuan

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel

Untuk belajar cara budidaya, silahkan Baraja Farm

Media sosial silahkan klik facebook.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar