Gerak Semu Beserta Contohnya | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

2 Juni 2023

Gerak Semu Beserta Contohnya

| 2 Juni 2023
gerak


Kita tentu sering melihat perpindahan suatu benda dari tempat yang ini ke tempat yang itu. Lalu melihat teman bergerak dari depan ke belakang, maka itu yang dinamakan bergerak. Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari tempat awal. 

Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati. Ada juga kita melihat, seolah - olah benda yang kita bergerak. Padahal kita sendiri yang bergerak atau berpindah yang dinamakan gerak semu.


Pengertian Gerak Semu 

Gerak semu adalah gerak benda yang seolah bergerak padahal benda tersebut diam di titik-titik tertentu. Gerak semu merupakan kondisi sebuah benda yang sebenarnya diam namun tampak seolah bergerak. Dikatakan gerak semu, karena gerak tersebut bukan gerak sebenarnya. 


Contoh gerak semu.

1. Jika seseorang naik kereta api ke arah barat, batang - batang pohon di luar kereta api seolah-olah tampak bergerak ber- lawanan (ke timur), padahal sebenarnya batang - batang tersebut diam di tempat. 

gerak semu


2. Benda - benda yang ada diluar mobil kita seolah bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak. 

gerak


Di dalam pesawat, tampak seperti kapal, awan, dan benda lain yang bergerak di luar, 

pseudo motion


Matahari dan benda langit lainnya seolah - olah bergerak mengelilingi bumi, tetapi bumi berputar pada porosnya sehingga mengelilingi matahari.


Contoh akibat gerak semu

Gerakan semu harian ini menjadi penyebab siang dan malam di Bumi. Belahan Bumi yang terkena sinar Matahari akan mengalami waktu siang, sedangkan belahan lainnya akan mengalami waktu malam.

Perbedaan gerak semu dan gerak nyata

  • Gerak semu merupakan gerakan suatu benda yang sebenarnya diam namun oleh pengamat teramati bahwa benda tersebut seolah - olah bergerak. 
  • Sedangkan gerak yang sebenarnya merupakan gerak suatu benda yang diakibatkan oleh perubahan jarak dan atau posisi terhadap titik acuannya.


Pengertian Pergerakan benda yang diam ini dilihat oleh pengamat yang sedang menempuh lintasan -lintasan tertentu. Saat seseorang naik kereta ke arah surabaya, maka ia akan disuguhkan penampilan berupa sawah, gunung, hingga pepohonan. Gerak semu terjadi kala orang yang naik kereta tersebut melihat gunung seakan-akan gerak menjauh dari pengamat. Kenyataannya, benda berupa gunung tersebut tidak bergerak dan hanya berdiam di posisinya.


Demikianlah artikel tentang "Gerak Semu Beserta Contohnya". Jika ada kekurangan ataupun kekeliruannya, berbagaireviews.com mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan komentar yang sifatnya membantu dalam pengembangan artikel ini. Dan kunjungai juga artikel menarik lainya di pustakapengetahuan.com dan Terima kasih semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar