3 Juli 2020

Pengertian Usaha Beserta Jenis - Jenis Dan Contoh Usaha.

| 3 Juli 2020
jenis - jenis usaha


Usaha merupakan setiap aktivitas yang dilakukan manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jika diartikan secara khusus, istilah usaha dapat diartikan ke dalam banyak makna dan sangat bergantung dengan di mana istilah usaha ini digunakan. Di bidang bisnis misalnya, usaha biasanya identik dengan aktivitas bisnis, sedangkan di dunia fisika, usaha merupakan faktor dari perpindahan dengan gaya.


Pengertian Usaha.

Jika diartikan secara general, usaha merupakan setiap aktivitas yang dilakukan manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Dan jika usaha diartikan secara khusus, istilah usaha dapat diartikan ke dalam banyak makna dan makna tersebut akan sangat bergantung dengan di mana istilah usaha ini digunakan. Di bidang bisnis misalnya, usaha biasanya identik dengan suatu kegiatan bisnis, sedangkan jika di dunia fisika, usaha dapat diartikan sebagai faktor dari perpindahan dengan gaya.

Usaha dalam ilmu fisika

Dalam ilmu fisika usaha merupakan fungsi dari gaya dan perpindahan. Dalam teori perpindahan, usaha berperan sebagai faktor pembanding gaya dimana perpindahan sama dengan perbandingan usaha dengan gaya.

Usaha dalam aktivitas ekonomi

Dalam dunia atau pun aktivitas ekonomi, usaha sering kali diartikan sebagai sebuah bisnis. Dalam hal ini, usaha merupakan setiap upaya yang dilakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan. Orang – orang yang melakukan aktivitas usaha atau pun bisnis biasanya disebut dengan istilah pebisnis atau pun pengusaha.

Usaha dalam kehidupan sehari – hari

Jika diartikan secara general, maka usaha dapat diartikan sebagai setiap aktivitas atau pun upaya yang dilakukan untuk bisa mendapatkan apa yang telah dicita – citakan / tujuan yang ingin dicapai. Usaha dalam kehidupan sehari – hari biasanya berupa aksi nyata, seperti belajar untuk mendapatkan nilai yang bagus, atau pun olah raga untuk mendapatkan tubuh yang sehat.


Pengertian Usaha Menurut Para Ahli.

Budi Prasodjo.

Menurut Budi Prasodjo, usaha (dalam ilmu fisika) merupakan hubungan gaya dengan aktivitas perpindahan benda.

Kamajaya.

Menurut Kamajaya, pengertian usaha (dalam ilmu fisika) adalah perpindahan energi melalui gaya yang membuat benda menjadi berpindah.

Efrizon Umar.

Menurut Efrizon Umar, usaha (dalam ilmu fisika) dapat diartikan sebagai resultan gaya yang bekerja pada benda yang menyebabkan pergerakan dan perpindahan posisi benda.

Aip Saripudin.

Menurut Aip Saripudin, usaha (dalam ilmu fisika) merupakan setiap gaya yang diberikan pada benda.

Tetty Yulliawati dan Denny Indra Sukry.

Menurut Tetty Yulliawati dan Denny Indra Sukry, pengertian usaha (dalam ilmu fisika) adalah besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut mengalami aktivitas perpindahan (posisi).

Wasis dan Sugeng Yuli Irianto.

Menurut Wasis dan Sugeng Yuli Irianto, usaha pada umunya merupakan upaya manusia yang ditujukan untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan usaha dalam ilmu sains merupakan gaya yang diberikan sebuah benda yang dapat menciptakan perpindahan posisi benda tersebut.

Nana Supriatna, dkk.

Menurut Nana Supriatna dkk, usaha merupakan aktivitas atau pun kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh manusia dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.


Jenis - Jenis Usaha

1. Usaha Mikro.


jenis - jenis usaha


Usaha mikro ialah usaha produktif milik orang perorangan atau badan usaha perorangan yang telah dapat memenuhi kriteria Usaha Mikro. Selain itu definisi dari usaha mikro ini adalah sebuah usaha produktif milik perorangan yang mana peraturannya telah di ataur kedalam Undang-Undang Badan Usaha. Kriteria asset: Maks. 50 Juta, kriteria Omzet: Maks. 300 juta rupiah.


2. Usaha Kecil.


jenis - jenis usaha


Usaha kecil adalah segala kegiatan ekonomi rakyat yang bersekala kecil dan memenuhi kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan serta kepemilikan. Usaha kecil juga dapat diartikan dengan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini. Kriteria asset: 50 juta – 500 juta, kriteria Omzet: 300 juta


3. Usaha Kecil menengah (UKM).


jenis - jenis usaha


Usaha menengah mempunyai pengertian sebagai usaha ekonomi produktif dapat berdiri sendiri, yang dilakukan oleh 1 orang (perorangan), atau badan usaha yang bukan merupakan anak dari perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau menjadi bagian, dari orang lain. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih dan hasil penjualan tahunan.

Menurut pengertiannya usaha menengahpun dapat dijelaskan sebagai ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki atau dikuasai akan menjadi bagian langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau pun dengan usaha besar berikut dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.  Oleh rata-rata kriteria asset: 500 juta – 10 Miliar, dan kriteria Omzet: >2,5 Miliar – 50 Miliar rupiah.


4. Usaha Besar.


jenis - jenis usaha


Usaha besar memiliki definisi sebagai ekonomi produktif yang dilakukan oleh badan usaha dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil dari keseluruhan penjualan pada akhir tahun dengan pendapatan lebih besar dari Usaha Menengah, yang meliputi usaha nasional milik negara atau swasta, usaha patungan, dan usaha asing yang melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia.

Karena usaha besar ini masuk kedalam usaha ekonomi produktif, maka usaha yang bersifat produktif ini memiliki  kriteria kekayaan usaha bersih di atas Rp10.000.000.000,00, (sepuluh milyar rupiah) itupun tidak termasuk kedalam perhitungan tanah dan bangunan, tempat usaha, serta penerimaan dana kredit dari bank yang nilainya mencapai milyar rupiah. Menurut Badan Pusat Statistik, usaha besar adalah usaha dengan jumlah pegawai/karyawan di atas 100 orang.


Tujuan Usaha
  • Untuk memenuhi kebutuhan hidup
  • Untuk kemaslahatan keluarga
  • Usaha untuk bekerja
  • Untuk memakmurkan bumi


Syarat Terjadinya Usaha.
  • Adanya gaya yang bekerja pada suatu benda;
  • Adanya perpindahan yang dialami oleh benda tersebut.


Contoh - Contoh Usaha.

1. Usaha dropship.


contoh usaha


Bisnis dropship itu cukup mudah lho, Anda bisa mencoba merintis bisnis ini melalui marketplace. Misalkan Anda ingin menjual fashion sepatu, nah Silahkan Anda buka toko di marketplace besar saat ini. Lalu cari suplier dan upload jenis fashion yang ingin Anda jual di etalase toko online Anda tadi. Dari sekian juta orang yang browsing di marketplace, tentu akan ada yang membeli melalui toko Anda. Kemudian, setelah ada yang order ditoko Anda, tugas Anda yaitu kembali melakukan order ke suplier dengan tujuan alamat pengiriman ke alamat konsumen Anda. Sistem ini disebut sistem dropshiping. 

Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual yang telah Anda lakukan analisa sebelumnya. Selain itu dengan menjaring visitor di marketplace itu sendiri, Anda bisa saja melakukan promosi secara pribadi melalui media sosial, blog maupun forum online. Tips agar dropshiper Anda lancar yaitu carilah jenis produk yang laris, cari suplier terpercaya lalu pelajari bagaimana teknik promosi secara online. Misalkan melalui media sosial, blog pribadi atau melalui situs marketplace yang menawarkan kerja sama dropshiper.


2. Usaha toko online.


contoh usaha


Belanja online ternyata kini semakin diminati oleh masyarakat. Trend ini terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Semua itu tak lepas dari kemudahan yang ditawarkan serta murahnya akses internet dan perkembangan jaringan teknologi internet. Anda dapat memulai usaha toko online dengan cara jualan melalui media sosial, atau membuka website pribadi. Selain cara diatas, Anda dapat membuka toko pribadi melalui marketplace besar yang ada sekarang ini. Sebut saja seperti tokopedia, bukalapak dan lain sebagainya. Silahkan Anda pilih sesuai dengan keinginan, lakukan analisa produk sebelum jualan agar bisnis Anda dapat berjalan lancar. Bukti bahwa bisnis ini merupakan usaha yang menjanjikan. Bisa Anda lihat contoh sukses toko online yang ada sekarang ini. Mereka berhasil meraih omset yang sangat besar.


3. Usaha makanan ringan.


contoh usaha


Bisnis makanan ringan bisa dikatakan bisnis yang akan terus tumbuh dan menguntungkan. Pasalnya, makanan pasti dibutuhkan dimana mana. Bahkan semakin hari kebutuhan makanan terus meningkat seiring pertambahan jumlah penduduk. Syarat utama agar bisnis makanan bisa berkembang pesat yaitu makanan harus enak dilidah masyarakat. Setelah Anda menemukan jenis makanan yang enak, Maka langkah selanjutnya adalah mencari lokasi jualan yang strategis. Usaha makanan ringan saat ini sangat bervariasi,mulai dari kerupuk, kue kering hingga gorengan. Anda dapat mencari ide bisnis tersebut dengan cara memantau jualan yang ada di sekitar Anda, atau di lokasi keramaian. Silahkan Anda cermati dan perhatikan dagangan yang ada untuk dijadikan ide usaha.


4. Usaha reseller.


contoh usaha


Bisnis reseller sekarang ini mengalami peningkatan karena siapapun bisa menjalankan bisnis tipe reseller ini. Bahkan ibu rumah tangga, mahasiswa ataupun pelajar dapat menekuni bisnis ini dengan mudah. Sebagai langkah awal sebelum Anda memulai bisnis reseller, Anda disarankan untuk mencoba bisnis jualan biasa saja terlebih dahulu untuk melatih kemampuan komunikasi dan marketing online. Dengan meningkatnya pengalaman Anda, bisnis reseller akan mudah untuk menghasilkan uang.


5. Usaha affiliate marketing.


contoh usaha


Salah satu bisnis online yang paling popular dikalangan internet marketer pemula adalah bisnis affiliate marketing. Bisnis affiliate marketing cenderung lebih mudah karena pada prinsipnya kita juga tidak perlu memiliki produk. Bisnis affiliate marketing sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu, hanya namanya saja yang berbeda. Perbedaan terletak dari media yang digunakan yaitu media internet. Anda bertugas mencari visitor sebanyak banyaknya ke website merchant dengan cara mereferensikan link berkode khusus. Selanjutnya setiap visitor yang membeli produk melalui link yang Anda referensikan, Anda akan mendapatkan komisi. Biasanya untuk produk digital, komisi yang diberikan cukup besar hingga 50%, tergantung jenis produk yang Anda pilih. Untuk melakukan promosi, Anda dapat melakukannya melalui media sosial, website pribadi atau forum. Semakin banyak Anda mampu meraih visitor, maka semakin besar peluang untuk sukses.


Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang " Pengertian Usaha Beserta Jenis - Jenis dan Contoh Usaha". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar