Various Reviews Knowledge and Education

24 Oktober 2019

Kenampakan Alam dan Ciri - Ciri Khusus Negara Afrika Selatan.

| 24 Oktober 2019
Kenampakan alam dan ciri - ciri khusus negara Afrika Selatan


Negara Afrika Selatan secara geografis terletak pada 29° 00' S, 24° 00' T. Luas kawasannya adalah 1.219.912 km² termasuk Pulau Robben dan Kepulauan Pangeran Edward (Pulau Marion dan Pulau Prince Edward). Afrika Selatan bersebelahan dengan Samudra Atlantik di pantai barat dan Samudra Selatan dan Samudra Hindia di pantai timur. Arus utama di samudra-samudra tersebut adalah arus sejuk Benguela dan arus hangat Agulhas. Titik paling rendah adalah Samudra Atlantik pada 0 m dan paling tinggi ialah Njesuthi pada ketinggian 3.408 m.


Kenampakan alam negara Afrika Selatan.


Kenampakan alam negara Afrika Selatan


Kenampakan utama Afrika Selatan dibedakan menjadi 2, yaitu daerah pantai dan daerah plato tinggi.

1) Daerah pesisir pantai

Afrika Selatan memiliki garis pantai pada 2 samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Atlantik. Dataran pantai merupakan daerah yang subur. Daerah pantai menjadi pintu gerbang menuju Tebing Besar (Great Escorpment).
Tebing Besar menjadi batas antara daerah pesisir pantai dengan daerah plato. Tebing Besar membentang mulai dari pantai Samudra Hindia ke daerah pedalaman. Titik tertinggi dari Tebing Besar adalah Pegunungan Drakenberg.

2) Daerah plato

Daerah plato dibedakan menjadi 2, yaitu Highveld di utara dan Middle Veld di selatan. Highveld merupakan daerah padang rumput yang berbukitbukit. Di sebelah timur laut Highveld terdapat Bushveld. Daerah ini berupa padang rumput yang dikelilingi sedikit pepohonan. Middle Veld merupakan lahan kering. Di daerah plato selatan terdapat Gurun Kalahari dan Gurun Namib.

Kenampakan alam lain Afrika Selatan adalah danau dan sungai. Afrika Selatan tidak memiliki danau besar. Sungai besar yang ada di Afrika Selatan adalah Sungai Oramye, Sungai Vaal, dan Sungai Lipompo. Sungai Oranye adalah sungai terpanjang di negara tersebut. Sungai ini melintasi daerah Highveld.


Iklim negara Afrika Selatan

Afrika Selatan mempunyai iklim yang berbeda-beda. Di barat daya negara ini, iklimnya adalah Mediterania, di kawasan pendalaman ia beriklim sederhana, dan di timur laut iklimnya adalah subtropis.

Afrika Selatan merupakan sebuah negara yang kaya dengan bahan tambang bernilai seperti emas, platinum dan berlian. Bahan tambang semula jadinya termasuk emas, kromium, antimoni, arang, biji besi, manganese, nikel, fosfat, biji timah, uranium, berlian, platinum, kuprum, vanadium, garam, gas asli.


Kegiatan ekonomi negara Afrika Selatan.


Kegiatan ekonomi negara Afrika Selatan


Kegiatan ekonomi Afrika Selatan adalah pertanian, industri, dan pertambangan. Meskipun hanya memiliki lahan pertanian yang sempit, Afrika Selatan mampu berswasembada untuk kebutuhan makanan seperti, sereal, sayur-sayuran, dan tebu. Lahan pertanian Afrika Selatan juga menghasilkan buah-buahan. Hasil utamanya adalah anggur. Industri Afrika Selatan juga berkembang pesat. Negara ini menjadi negara industri utama di Benua Afrika.

Kota  -kota pusat industri di Afrika Selatan yaitu Cape Town, Johannesburg, Port Elizabeth, dan Durban. Hasil industri utama Afrika Selatan adalah bahan kimia, tekstil, kertas, barang elektronik, dan senjata.

Afrika Selatan memiliki kekayaan bahan tambang. Hasil pertambangan utama negara tersebut adalah emas, mangan, krom, dan intan. Afrika Selatan merupakan penghasil emas terbesar di dunia.


Ciri - ciri khas negara Afrika Selatan.


Ciri - ciri khas negara Afrika Selatan


Afrika Selatan memiliki luas sekitar 1.224.601 km2. Secara geografis, negara ini terletak di bagian paling selatan daratan Benua Afrika. Afrika Selatan adalah negara berbentuk republik. Negara ini memiliki 2 ibu kota, yaitu Pretoria dan Cape Town. Jumlah penduduk Afrika Selatan sebanyak 40.377.000 jiwa.

Penduduk Afrika Selatan dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu penduduk asli, orang afrikanes/boer, dan orang Asia. Penduduk asli terbesar adalah keturunan suku bangsa Zulu. Adapun suku bangsa yang mendiami antara lain suku bangsa Zulu, Xhosa, Tswana, Sotho, Venda, Tsonga, Ndebele, Swazi, dan Dedi. Adapun orang afrikaner/boer adalah warga keturunan Belanda serta pendatang dari Prancis dan Jerman. Bangsa Asia yang tinggal di Afrika Selatan adalah keturunan India.

Berikut ciri - ciri khas yang dimiliki negara Afrika Selatan yaitu:
  • memiliki 2 ibu kota,
  • memiliki garis pantai sekaligus di 2 samudra,
  • menjadi negara penghasil anggur terbaik di dunia,
  •  menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia.



Demikinlah sedikit ulasan tentang Kenampakan alam dan ciri - ciri khusus negara Afrika Selatan yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar