Various Reviews of Knowledge and Education.

22 Agustus 2019

Vertebrata ( Hewan Bertulang Belakang), Pengertian, Ciri - Ciri, Contoh - Contoh Vertebrata.

| 22 Agustus 2019
Hewan Vertebrata - berbagaireviews.com


Hewan vertebrata adalah subfilum dari Chordata, mencakup semua hewan yang memiliki tulang belakang yang tersusun dari vertebra. Vertebrata adalah subfilum terbesar dari Chordata. Ke dalam vertebrata dapat dimasukkan semua jenis ikan (kecuali remang, belut jeung, "lintah laut", atau hagfish), amfibia, reptil, burung, serta hewan menyusui. Kecuali jenis-jenis ikan, vertebrata diketahui memiliki dua pasang tungkai.


Pengertian Vertebrata

Hewan vertebrata yaitu hewan yang bertulang belakang atau punggung. Memiliki struktur tubuh yang jauh lebih sempurna dibandingkan dengan hewan Invertebrata. Hewan vertebrata memiliki tali yang merupakan susunan tempat terkumpulnya sel-sel saraf dan memiliki perpanjangan kumpulan saraf dari otak. Tali ini tidak di memiliki oleh yang tidak bertulang punggung. Dalam memenuhi kebutuhannya, hewan vertebrata telah memiliki sistem kerja sempurna peredaran darah berpusat organ jantung dengan pembuluh-pembuluh menjadi saluran nya. Baca juga: Pengertian hewan invertebrata, ciri, fillum, dan contohnya.


Ciri - Ciri Hewan Vertebrata

Supaya kita bisa membedakan dengan gampang dalam mencari mengenai hewan vertebrata. Maka kita harus mengetahui ciri-ciri hewan itu. Berikut ini adalah ciri-ciri dari hewan vertebrata:
  • Memiliki syaraf yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang .
  • Bernafas dengan paru- paru kulit dan insang.
  • Memiliki kelenjar yang bundar dan endoksin yang menghasilkan hormon pengendali.
  • Memiliki suhu tubuh yang panas dan tetap ( homoiternal ) atau bersuhu tubuh dingin sesuai dengan kondisi lingkungan ( poikiloternal ).
  • Alat pencernaan memanjang mulai dari mulut hingga ke anus, yang letaknya di sebelah vertran dan di belakang.
  • Berkulit epidermis ( bagian luar ) dan kulit endodermis ( bagian dalam ).
  • Alat reproduksi berpasangan, kecuali pada burung.

Contoh Hewan Vertebrata

Amfibi (Amphibians)

 
Amfibi (Amphibians) - berbagaireviews.com


Hewan amfibi adalah salah satu jenis dari hewan vertebrata atau hewan yang bertulang belakang yang mempunyai sebuah keunikan yakni hidup di dua alam. Terdapat banyak versi dari keterangan hidup di dua alam ini.

Ikan (Pisces).

 
Ikan (Pisces) - berbagaireviews.com

 
Yang dimaksud dengan hewan pisces sendiri adalah hewan yang termasuk dalam hewan vertebrata. Ikan sendiri mempunyai habutat hidup di dalam kawasan perairan mulai dari air tawar sampai air asin. Di samping itu ikan juga merupakan jenis makhluk berdarah dingin, yang mana suhu dari tubuh hewan ini dapat berubah-ubah menyesuaikan tempat ataupun habitat hidupnya.

Burung (Aves)


Burung (Aves) - berbagaireviews.com
 

Secara umum burung atau aves adalah salah satu jenis kelompok dari hewan vertebrata sebab mempunyai tulang belakang. Penjelasan mengenai aves sendiri adalah hewan vertebrata yang mana hampir keseluruhan tubuhnya di tutupi oleh bulu epidermis yang dipakai sebagai pelindung. Di samping itu burung atau aves memiliki kaki dan sayap untuk alat bergerak.

Reptil (reptiles)


Reptil (reptiles) - berbagaireviews.com


Reptil adalah hewan yang dapat disebut dengan hewan melata yang juga merupakan anggota dari hewan vertebrata atau hewan yang bertulang belakang. Hewan ini adalah salah satu jenis hewan yang berdarah dingin dan memiliki pelindung berupa sisik ataupun tempurung untuk melindungi dirinya.

Mamalia (Hewan Menyusui)

 
Mamalia (Hewan Menyusui) - berbagaireviews.com


hewan ini adalah jenis hewan yang berbeda jika dibandingkan hewan vertebrata yang lainnya. Mamalia adalah hewan yang mempunyai kelenjar susu yang dipakai untuk merawat dan memberikan nutrisi kepada anaknya. Dan kelenjar susu ini hanya dimiliki oleh si betina saja. Secara fiogenetik, yang dimaksud dengan mamalia ialah semua turunan dari nenek moyang monotremata (seperti echidna dan mamalia therian (berplasenta dan berkantung atau marsupial).

 
Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar