Various Reviews of Knowledge and Education.

1 Juni 2019

Profil dan Biografi Ani Yudhoyono, Istri dari Presiden Indonesia ke 6 (enam).

| 1 Juni 2019

Profil dan Biografi Ani Yudhoyono - berbagaireviews.com


Ani Yudhoyono adalah istri dari mantan Presiden Republik Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau sangat hobi dalam fotografi dan juga berkebun. Ia juga merupakan ibu negara dalam sejarah negara Indonesia dari Presiden ke 6.

Hj. Kristiani Herrawati, S.IP. (lahir di Yogyakarta, Indonesia, 6 Juli 1952 – meninggal di Singapura, 1 Juni 2019 pada umur 66 tahun), atau lebih dikenal dengan nama Ani Yudhoyono, adalah Ibu Negara Republik Indonesia sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014. Ia adalah istri dari Presiden Indonesia keenam, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.
  • Lahir: 6 Juli 1952, Yogyakarta
  • Meninggal: 1 Juni 2019
  • Nama lengkap: Kristiani Herrawati
  • Pasangan: Susilo Bambang Yudhoyono (m. 1976)
  • Orang Tua: Sarwo Edhie Wibowo, Hj. Sri Sunarti Hadiyah
  • Saudara kandung: Pramono Edhie Wibowo, lainnya

Keluarga Ani Yudhoyono

Lahir pada 6 Juli 1952, anak ketiga dari tujuh bersaudara pasangan Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo dan Hj. Sunarti Sri Hadiyah. Menikah dengan SBY pada tanggal 30 Juli 1976, ketika SBY baru saja dilantik menjadi Perwira TNI dan menjadi lulusan terbaik.

Di dalam keluarga, Ani Yudhoyono adalah ibu panutan bagi putra-putrinya. Bahkan sang menantu mengatakan bahwa ia adalah sumber kekuatan dalam keluarga SBY. Tidak sekalipun ia meninggalkan SBY.
Beliau selalu ikut kemanapun bapak SBY bertugas kala beliau masih menjabat sebagai presiden. Ani Yudhoyono dan SBY dikarunia dua orang putra yang kini keduanya sudah menikah yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.


Pendidikan Ani Yudhoyono

Ia sempat kuliah Jurusan Kedokteran di Universitas Kristen Indonesia, tetapi pada tahun ketiga meninggalkan bangku kuliah karena pindah untuk mengikuti Ayahnya yang ditunjuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan. Setelah pulang ke Indonesia, ia menikah dengan SBY. Ani melanjutkan kuliahnya di Universitas Terbuka dan lulus dengan gelar Sarjana Ilmu Politik pada tahun 1998.


Karir Ani Yudhoyono

Salah satu karir politik Ani Yudhoyono yang sudah banyak orang tahu adalah sebagai pendamping bapak SBY dalam menjalankan tugas kenegaraan pada saat menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Biografi ani yudhoyonoSejak SBY menjabat menjadi presiden pada tahun 2004, Ibu Ani juga mulai menjadi Ibu Negara Republik Indonesia. Tentu saja tidak hanya menemani Bapak SBY, sebagai ibu Negara, ia juga sudah ikut andil dalam memegang tanggung jawab sebagai istri presiden RI.

Hal tersebut dibuktikannya dengan mengikuti berbagai organisasi. Salah satunya, Ibu Any pernah menjadi Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Tidak hanya itu saja organisasi yang pernah digeluti oleh istri SBY ini.

Setidaknya ada beberapa organisasi yang pernah mencatatkan namanya, yaitu Pelindung utama kegiatan PKK, Pelindung Nasional Women International Club, Duta HIV/ AIDS dan ASl, dan masih banyak lagi.

Biografi ani yudhoyonoSampai sekarangpun, Ia juga masih aktif dalam organisasi PERSIT Candra Kirana dan Dharma Wanita. Meski kini, kesehatannya sedang diuji, tetapi semangatnya untuk memajukan Indonesia tetap dapat dilihat lewat tidak absennya beliau pada saat pemilu 2019 yang baru saja berlangsung.


Kegiatan sosial dan politik Ani Yudhoyono


Pernah memegang jabatan Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat,ia juga aktif dalam kegiatan sosial di Persit Kartika Chandra Kirana (Persatuan Istri Tentara), Dharma Pertiwi, dan Dharma Wanita selama SBY menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada era Pemerintahan Abdurrahman Wahid dan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan era Pemerintahan Megawati Soekarnoputri.


Ani Yudhoyono Wafat

Ani Yudhoyono meninggal dunia pada 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu Singapura akibat kanker darah yang ia alami sejak 2 Februari 2019. Bu Ani Yudhoyono diketahui mulai dirawat di rumah sakit National University Hospital (NUH) Singapore sejak bulan Februari 2019. Ia divonis mengidap penyakit kanker darah atau leukimia.

Selama tiga bulan ia dirawat dirumah sakit dan jarang keluar rumah sakit. Ia selalu didampingi oleh Susilo Bambang Yudhoyono dan juga anak anaknya serta menantunya selama perawatannya.

Setelah beberapa kali di kemoterapi serta dilakukan perawatan intensif, kondisi mantan ibu negara ini sempat membaik namun kemudian memburuk hingga tidak sadarkan diri.

Pada tanggal 1 Juni 2019, Ani Yudhoyono, mantan ibu negara Indonesia ini akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 11.50 waktu Singapura setelah lama berjuang melawan penyakit kanker yang ia derita.

Jenazahnya kemudian diterbangkan dari Singapura ke Jakarta dan disemayamkan di Cikeas, Bogor. Beliau kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta pada tanggal 2 Juni 2019.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar dengan sifatnya membangun menjadi lebih baik. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Profil dan Biografi Rocky Gerung
https://www.berbagaireviews.com/2018/05/profil-dan-biografi-rocky-gerung.html

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar