Contoh - Contoh Teks Deskripsi (Lengkap), Examples of Description Text. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

9 November 2017

Contoh - Contoh Teks Deskripsi (Lengkap), Examples of Description Text.

| 9 November 2017
Contoh - contoh teks deskripsi - berbagaireviews.com


Contoh Paragraf Teks Deskripsi berdasarkan jenisnya

Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif
#Contoh 1
Nasi goreng yang dijual Pak Joko  sangat terkenal enak di Salatiga, nasi goreng ini dimasak menggunakan tunggu yang berbahan bakar arang sehingga aromanya khas dengan tambahan daging ayam serta telur yang membuatnya terasa lebih sedap. Walau terbilang terkenal harga satu porsi nasi goreng buatan Pak Joko tidaklah mahal kita hanya perlu membayar Rp.10.000,00 untuk satu porsi nasi goreng lengkap dengan daging ayam.

#Contoh 2

Bu Jeni merupakan guru yang ditakuti muridnya, dia mengajarkan muridnya untuk displin dalam belajar. Ia memiliki postur tubuh yang kecil namun ketika ia marah ia akan membuat seolah-olah orang yang di sekelilingnya menjadi lebih kecil dibandingkan dia. Suaranya yang keras ketika marah bak suara gemuruh ketika hujan. Tetapi dibalik sifatnya yang galak saat mengajar  ia bermaksud untuk mendidik siswanya agar menjadi pribadi yang displin dalam melakukan semua hal.

#Contoh 3

Kafe pelita adalah kafe yang sangat nyaman bagi para pelanggannya, kafe ini dikelilingi oleh banyak tanaman serta pepohonan yang membuat  udara di sekitar kafe terasa segar dan sejuk. Kafe ini juga dilengkapi dengan fasilatas free wifi yang menjadikannya tempat asyik untuk nongkrong bagi kalangan muda –mudi. Ketika bulan puasa tiba kafe pelita akan semakin ramai karena menjadi salah satu tujuan pelanggan sebagai tempat untuk berbuka puasa bersama.

Contoh Paragraf Spatial

#Contoh 1

Salatiga merupakan sebuah kota kecil di provinsi Jawa Tengah yang terletak tepat di bawah kaki Gunung Merbabu. Di kota ini masih terdapat berbagai bagunan peninggalan jaman penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh bahkan sebagian masih digunakan sampai sekarang sebagai bangunan sekolah ataupun kantor-kantor pegawai pemerintahan. Salah satu contoh bangunan peninggalan penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh yaitu kantor rumah dinas walikota yang terletak tepat di tengah alun-alun kota Salatiga.

#Contoh 2

Hari ini aku bertemu dengan teman yang sudah lama kami tidak bertemu,ketika itu aku sedang berjalan di taman ketika aku melihat seorang  wanita yang mengenakan kacamata, ia sedang duduk di bangku taman tepat di bawah sebuah pohon. Rambutnya panjang dan hitam yang terurai melambai-lambai  tertiup hembusan angin. Saat aku melewatinya wajahnya terasa tidak asing bagiku dan ternyata tak lama kemudian wanita itu memanggil namaku lalu ia mengatakan bahwa ia adalah Nita temanku sewaktu SMA dulu.

#Contoh 3

Di rumah ini, rumah yang ukurannya tak lebih dari 9x8 meter ini dengan dinding yang terbuat dari papan serta masih berlantaikan tanah aku bersama adik-adikku hidup serba kekurangan bersama ibu dan ayahku hingga saat ini aku telah menjadi seorang yang sukses sehingga aku bisa membelikan rumah yang cukup layak untuk keluargaku. Rumah yang aku beli hasil jeri payahku berukuran 600m2, berwarna putih  di depan rumah terdapat taman yang ditumbuhi banyak tanaman hias serta bunga berwarna-warni sehingga suasana terasa nyaman. Di bagian dalamnya terdapat ruangan-ruangan salah satunya ruangan keluarga. Di ruangan keluarga terdapat sebuah tv ukuran 42 inc yang  disekitarnya terdapat kursi sofa tebal yang bisa kami gunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Contoh Paragraf Objektif.


Contoh 1

Bola Basket merupakan salah satu olahraga yang di mainkan oleh dua regu yang masing-masing regunya terdiri dari 5 orang. Dalam permainan ini setiap regu akan bermain di lapangan berukuran 28x15 meter serta  bersaing untuk mencetak angka dengan cara memasukan bola kedalam ring yang terletak di masing-masing ujung lapangan dangan ketinggian masing-masing ring 3,05 meter. Permainan bola basket terbagi menjadi 4 kuarter yang setiap kuarternya terdiri dari 10 menit permainan.

#Contoh 2

Enting-enting gepuk merupakan oleh-oleh makanan khas dari Salatiga. Enting-enting gepuk terbuat dari campuran kacang, gula pasir, glukus, dan prambozen. Enting-enting gepuk sendiri pertama kali dibuat oleh Khoe Tjong Hok asal Fukkian, China. Ia membuat enting-enting gepuk di klenteng Hok Tek Bio, Salatiga, Jawa Tengah.

#Contoh 3

Komodo merupakan salah satu satwa langka yang dilindungi di Indonesia. Hewan karnivora yang memiliki nama latin Varanus komodoensis ini merupakan satwa yang hanya dapat di temukan satu-satunya di Indonesia. Habitat komodo sendiri berada di pulau Komodo yang terletak di Nusa tenggara. Warga sekitar Pulau Komodo menyebut komodo sendiri dengan sebutan ora.


Contoh Teks Deskripsi Secara Umum

Contoh teks deskripsi tentang sekolah.

Kelas XII IPS 1

Kelas XII IPS 1 sudah menjadi seperti rumah bagi kami di sekolah. Di sanalah kami bertemu dengan teman-teman yang sangat baik, ramah dan hangat. Di sana juga kami menuntut ilmu demi meraih masa depan.

Walaupun kelas kami tidak begitu luas, hanya sekitar 7 X 6 m2 namun kelas ini sangatlah bersih dan nyaman.

Lantai kelas dilapisi oleh keramik putih yang sangat bersih dan mengkilap. Tidak hanya bersih, kelas kami juga sangat lengkap. Kami mempunyai 31 buah kursi dan meja, di depannya terdapat 2 buah papan tulis putih yang besar. Di samping kiri papan tulis terdapat meja guru dan lemari besar.

Di dinding kelas yang berwarna putih dan bersih juga dihiasi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila dan kata-kata mutiara. Di dinding belakang kelas juga terdapat sebuah mading yang dihiasi dengan pantun, puisi, dan kata-kata mutiara karya kami semua.

Itulah gambaran tentang kelasku, kelas yang sangat bersih dan lengkap sehingga kami semua semangat dalam belajar demi menyongsong masa depan kami.

Contoh teks deskripsi tentang alam.

Taman nasional taka bonerate.


Taman Nasional Taka Bonerate contoh teks deskripsi - berbagaireviews.com

Indonesia adalah Negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alam Indonesia memang dinilai tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.

Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia mulai dari daratan hingga laut. Oleh sebab itu, tidak heran apabila banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam bumi pertiwi.

Selain keindahan alam yang disajikan ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui seperti flora dan fauna yang sangat langka dan eksotis.

Alam Indonesia yang paling tersohor di mata dunia adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai semakin berwarna.

Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi incaran para wisatawan untuk masuk ke dalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia. Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia yang paling tersohor adalah Manado, Bali dan Raja Ampat.

Tidak hanya keindahan pantai, Indonesia juga merupakan negara dengan cangkupan hutan terbesar di Dunia. Oleh karena itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia sebab ⅓ hutan di Dunia terdapat di Indonesia.

Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, sebab memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis. Selain itu hewan dan tumbuhan endemik juga banyak yang menjadi buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut.

Contoh teks deskripsi dalam bahasa Inggris.

The Elephant

The elephants are herbivores and eat all types of vegetation such as grasses, leaves, and fruits. They have almost hairless skin, four legs, and a distinctive long, flexible, prehensile trunk. The elephants which is also known as the largest of all land mammals usually live in groups consisting of an adult female elephant as the leader of the group, their children, and their relative female elephants.

The elephants also have very sharp auditory because they have big and wide ears. By these ears, they can hear sounds from a distance about tens kilometer. At the back of the ears, they have one of the softest parts of their body which is called the knuckle. In a zoo, Mahouts (elephant trainers) use their feet to steer or give commands to the animal via the knuckle. Now, they are a kind of protected animals because their population remains little in their habitat. Their population began to decline year by year.

Contoh teks deskripsi tentang rumah.

Rumah Ahmad

Rumah Ahmad terletak di depan rumahku, yang mana di halaman rumahnya terdapat pohon mangga yang membuat suasana terasa segar. Bunga-bunga indah menghiasi depan rumah Ahmad.

Dinding rumah Ahmad berwarna putih dengan pintu dan jendela yang berwarna hijau. Serta lantai keramik yang berwarna putih bersih membuat rumah Ahmad sangat enak dipandang.

Di dalam rumah Ahmad posisi barang-barang sangat diperhatikan sehingga semua tertata rapi. Lantainya bersih serta harum ruangannya membuat orang yang singgah mau berlama-lama di dalamnya.

Contoh teks deskripsi tentang binatang.


Blacky

Aku memiliki kucing bernama Blacky, dia berwarna hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus.

Blacky sangat suka bermain bola dan gemar memakan ikan dan nasi. Blacky selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan. Itulah Blacky kucing kesayanganku.

Contoh teks dskripsi tentang koleksi.

Batu Akik

Budi sangat gemar mengoleksi batu akik. Ia memiliki berbagai macam jenis batu akik, namun ia menyukai satu diantaranya yang memiliki warna merah menyala seperti api. Batu akik ini akan menyilaukan mata ketika terkena sinar matahari. Tidak hanya itu batu akik ini juga sangat unik karena dapat menyala dalam kondisi ruangan yang gelap sekalipun. Bentuknya yang bulat dan terlihat Nampak mewah dan elegan membuat budi sangat mengagumi keindahan batu akik yang satu ini.

Teks deskripsi tentang makanan.

Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas yang sering ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Disajikan dalam berbagai varian rasa yang dapat disesuaikan dengan keinginan para konsumen. Aroma khas dari bumbu nasi goreng akan membuat siapapun yang menciumnya merasa kelaparan. Nasi Goreng pada umumnya memiliki warna coklat khas dari kecap, namun ada juga yang memiliki warna kuning, ungu, merah, kuning dan hitam warna – warna tersebut baru – baru ini muncul di public. Biasanya nasi goreng dihidangkan dengan telor ceplok dan tambahan sayuran pemanis seperti tomat dan mentimun.



Untuk melihat Pengertian Teks Deskripsi, please click  http://www.berbagaireviews.com/2017/11/pengertian-teks-deskripsi-dan-struktur.html

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar