Pengertian Ikhtiar dan Macam - macam serta Manfaat Ikhtiar, Endeavor | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

20 Oktober 2017

Pengertian Ikhtiar dan Macam - macam serta Manfaat Ikhtiar, Endeavor

| 20 Oktober 2017
Pengertian Ikhtiar.

Secara bahasa, kata ikhtiar berasal dari bahasa arab  اختارُ- يَخْتارُ- اِخْتِيَارُ yang berarti memilih. Selanjutnya, ikhtiar diartikan berusaha, karena pada hakikatnya orang yang berusaha adalah berarti memilih. Memilh bekerja dari pada tidak bekerja, memilih sekolah dari pada tidak sekolah dan secara istilah, ikhitar beraerti melakukan suatu kegiatan dengan maksud untuk memperoleh suatuhasil yang dikehendaki. Secara istilah ikhtiar adalah usaha seorang hamba untuk memperoleh apa yang di kehendakinya. orang yang berikhtiar berarti dia memilih suatu pekerjaan kemudian dia melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh agar dapat berhasil dan sukses.

Pengertian Ikhtiar dan macam - macam serta manfaat hikmahnya berikhtiar - berbagaireviews.com

Dalam kata lain Ikhtiar adalah berusaha untuk mencapai apa yang diinginkan, tidak berdiam diri  dan berpangku tangan  apa lagi lari dari kenyataan.
Perintah Untuk Berikhtiar.

Banyak ayat Al-qur'an maupun hadits yang menyuruh kita untuk selalu berikhtiar, baik yang bersifat perintah secara tegas maupun yang bersifat motivasi. Adapun dalil-dalil yang mewajibkan manusia untuk berikhtiar antara lain sebagai berikut :

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Artinya :
"Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung

 Dalil dan Hadist tentang Ikhtiar.

 Sabda Rasulullah sebagai berikut :

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ، وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَعْجِزْ، فَإِنْ أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَذَا وَكَذَا؛ وَلَكِنْ قُلْ: قَدَّرَ اللهُ وَمَا شَاءَ فَعَلَ.
artinya :
"Bersemangatlah kamu menempuh aoa yang bermanfaat bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah sekali-kali kamu malas. Jika sesuatu menimpamu, janganlah kamu katakan "Seandainya dahulu aku lakukan ini dan itu niscaya akan demikian dan demikian". Namun katakanlah,"Inilah takdir Allah, apa yang Ia kehendaki pasti terjadi".

Dihadits lain Rasulullah bersabda

حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ أَخْبَرَنِي بَكْرُ بْنُ عَمْرٍو أَنَّهُ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ هُبَيْرَةَ يَقُولُ إِنَّهُ سَمِعَ أَبَا تَمِيمٍ الْجَيْشَانِيَّ يَقُولُ سَمِعَ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ إِنَّهُ سَمِعَ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَوْ أَنَّكُمْ تَتَوَكَّلُونَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوحُ بِطَانًا (رواه أحمد)
Artinya :
"Dari Umar Ibn Khattab berkata, bahwa beliau mendengar Rasulullah saw., bersabda. "Sekiranya kalian benar-benar bertawakkal kepada Allah SWT., dengan tawakkal yang sebanar-benarnya, sungguh kalian akan diberi rizki (oleh Allah swt.,) sebagaimana seekor burung diberi rizki, dimana ia pergi pagi dalam keadaan lapar, dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang". (H.R. Ahmad, Turmudzi danIbnu Majah).

Rasulullah saw., bersabda :
"Sungguh jika sekiranya salah seorang diantara kamu membawa tali untuk mencari kayu bakar, kemudian ia kembali membawa seikat kayu diatas punggungnya, lalu ia jual sehingga Allah mencukupi kebutuhannya dengan hasil itu adalah lebih baik dari pada meminta-minta kepada manusia, baik mereka (yang dimintai) memberi atau menolaknya". (H.R.Al-Bukhari)

Dari beberapa dalil tersebut diatas, menunjukkan betapa pentingnya dalam beriktiar, sebagaimana yang di sebutkan pada ayat 10 pada surah al-Jum'ah yang berisikan perintah secara tegas agar sehabis melaksanakan ibadah jum'at segera berusaha mencari reski untuk keperluan diri keluarganya. Sedangkan dari hadits-hadits tersebut merupakan motivasi agar kita suka bekerja keras demi untuk mencukupi kebutuhan hidup sendiri dan keluarga tanpa mengharap elas kasih dari orang lain.

Berikut ini adalah dalil tentang ikhtiar dalam alquran

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ * سورة الرعد 11
Artinya : … Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri … ( QS. Ar-Ra’du 11 )

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ * سورة الجمعة 10
Artinya : Apabila telah di tunaikan shalat, maka bertebarlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia allah dan ingatlah allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. ( QS. Al-Jumu’ah 10 )

 Artinya : Sungguh jika sekiranya salah seorang di antara kamu membawa talinya ( untuk mencari kayu bakar ) kemudian ia kembali dengan membawa seikat kayu di punggungnya lalu ia menjualnya sehingga allah mencukupi kebutuhanya ( dengan hasil itu ) adalah lebih baik daripada ia meminta-minta kepada manusia baik mereka memberi atau mereka menolak. ( HR.Bukhari ).

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ
" … Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri …" ( QS. Ar-Ra’du 11 )
Sebagai seorang muslim di wajibkan untuk senantiasa berikhtiar sekuat tenaga dan sekuat kemampuanya. setelah dia berikhtiar maka dia harus menyerahkan segala usahanya kepada allah SWT.

Dalam firman Allah SWT:
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
"Apabila telah di tunaikan shalat, maka bertebarlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia allah dan ingatlah allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." ( QS. Al-Jumu’ah 10 ).

Macam - macam Ikhtiar.

Bersungguh-sungguh.

Ini ialah salah satu yang harus diperhatikan, dalam mencapai semua keinginan diperlukan kesungguhan yang mendalam, jangan sekali-kali melakukannya dengan setengah hati.
Misalnya: jika kita sedang mencari jodoh pasti kita menginginkan jodoh yang baik, karenanya kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memantaskan diri dan memperbaiki diri kita, jika kita sudah pas=ntas dan baik maka dengan izin-Nya jodoh kita akan datang.

Bekerja Keras.

Kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Bermalas-malasan ialah tindakan yang sangat dilarang terlebih melakukan usaha dengan semaunya. Kita harus bekerja keras dan berjuang dengan sekuat mungkin untuk mendapatkan hasil yang baik.
Misalnya: dalam mencari rezeki kita tidak boleh bermalas-malasan dalam bekerja. Kita harus rajin dalam bekerja, rapih, sungguh-sungguh dan ikhlas dalam bekerja.

Dilarang Putus Asa dan Pantang Menyerah.

Bila kita melakukan usaha lalu tidak mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan atau bahkan mungkin gagal maka kita harus terus untuk mencoba, jangan mudah untuk menyerah, berputus asa karena usaha yang kita kerjakan gagal, itu karena sebuah kegagalan merupakan sebuah proses pembelajaran supaya kita dapat lebih berusaha.

Dampak Positif Ikhtiar
  • Ada beberapa dampak positif dalam berikhtiar diantaranya :
  • Merasakan kepuasan batin karena dapat mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri, walaupun usahanya dengan susah payah dia lakukan
  • Terhormat dalam pandangan Allah dan sesama manusia karena sikap perwira yang dimiliki
  • Dapat berlaku hemat dalam membelanjakan harta, karena  hasil yang diperoleh memerlukan usaha dan kerja keras
Hikmah Ikhtiyar
  • Menghilangkan rasa malas, murung dan keluh kesah 
  • Menumbuhkan harapan baru dalam hidup. Karena setiap dari satu usaha dapat menumbuhkan sejuta harapan. Dan dengan banyak berusaha maka akan semakin banyak harapan 
  • Meninggikan derajat kita dihadapan manusia dari Allah SWT

Manfaat Ikhtiar.

seorang muslim yang senantiasa berikhtiar akan memiliki dampak positif, di antaranya sebagai berikut :
  • Merasakan kepuasan bathin, karena telah berusaha dengan sekuat tenaga dan kemampuanya yang di miliki.
  • Terhormat di hadapan allah dan sesama manusia.
  • Dapat berhemat karena merasakan susahnya bekerja.
  • Tidak mudah berputus asa.
  • Menghargai jerih payahnya dan jerih payah orang lain.
  • Tidak menggantungkan orang lain dalam hidupnya.
  • Menyelamatkan akidahnya, karena tidak ( bebas ) bertawakal kepada makhluk.

Contoh - Contoh Ikhtiar.

Contoh-contoh ihktiar yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali karena allah memberi kebebasan untuk manusia berikhtiar dengan syarat tidak melanggar syariat allah swt, contoh ikhtiar seperti belajar dengan tekun agar mendapat nilai yang baik, seorang ayah bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, dan lain sebagainya.

Membiasakan Diri Berikhtiar.

Harus disadari bahwa kebutuhan hidup manusia semakin hari semakin banyak dan bermacam-macam. Sedangkan Allah SWT.,  Yang Maha Pemurah telah menyediakan semua kebutuhan hidup manusia. Oleh karenanya kewajiban manusia ialah berusaha mencapainya dengan kemampuannya yang semaksimal mungkin. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka manusia harus :
  • Giat dan bersemangat dalam melakukan suatu usaha terutama yang sifatnya halal
  • Tekun dalam melaksanakan suatu tugas yang diamanahkan terhadap dirinya
  • Pandai-pandai memanfaatkan waktu senggangnya untuk hal-hal yang positif
  • Tidak mudah putus asa apabila menghadapi kesulitan
  • Berusaha mendapatkan cara yang baru untuk memajukan usahanya
  • Harus memiliki semboyang bahwa bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan hidup lebih mulia dari pada meminta bantuan dan menunggu belas kasihan orang lain.
Demikianlah sedikit pembahasan mengenai ikhtiar, semoga dengan membaca artikel ini dapat merubah kebiasaan dari yang malas menjadi orang yang giat berusaha, dari yang sering putus asa menjadi bangkit kembali demi untuk memenuhi kebutuhan hidup diri dan keluarga, sehingga harapan dan cita-cita baik kebahagiaan didunia maupun kebahagiaan diakhirat kelak dapat diraih dengan ridha Allah SWT.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar