Home » » Jenis - jenis dan Manfaat Kantong Semar (Nepenthes), Type of Tropical pitcher plant.

Jenis - jenis dan Manfaat Kantong Semar (Nepenthes), Type of Tropical pitcher plant.

Posted by berbagaireviews.com on 21 Oktober 2017

Kantong semar merupakan salah satu jenis tumbuhan yang masuk ke dalam golongan karnivora alias pemakan daging. Kantong semar melahap setiap serangga yang datang mendekat, dan kemudian menjadikan serangga tersebut sebagai santapannya.

Genus Nepenthes (Kantong semar, bahasa Inggris: Tropical pitcher plant), yang termasuk dalam familia monotipik, terdiri dari 130 spesies dan belum termasuk hibrida alami maupun buatan. Genus ini merupakan tumbuhan karnivora di kawasan tropis Dunia Lama, kini meliputi negara Indonesia , Republik Rakyat Tiongkok bagian selatan, Indochina, Malaysia, Filipina, Madagaskar bagian barat, Seychelles, Kaledonia Baru, India, Sri Lanka, dan Australia. Habitat dengan spesies terbanyak ialah di pulau Borneo dan Sumatra.

Kantong semar merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan tinggi mencapati 15 hingga 20 meter, dan menempel pada batang – batang pohon. Kantong semar akan menarik mangsanya, dan kemudian akan melahap mangsanya, seperti serangga, bahkan kodok, untuk kemudian dicena.

Macam - Macam Tumbuhan Kantong Semar (Nepenthes).


Jenis - jenis kantong semar (Nepenthes) - berbagaireviews.com

Nepenthes Albomarginata

Jenis Nepenthes Albomarginata adalah tumbuhan kantong semar yang berasal dari Kalimantan, Semenanjung Malaysia dan Sumatera. Yang menjadi ciri khas dari jenis ini adalah mengacu pada pita putih trimoka yang berada pada pinggirnya. Jenis kantong semar ini tumbuh memanjat dengan batang dapat mencapai panjang hingga 4 meter.

Nepenthes Aristolochioides

Nepenthes aristolochioides merupakan jenis kantong smear endemik pulau Sumatera. Tanaman ini memiliki bentuk yang berbeda dan cenderung aneh dibandingkan dengan jenis kantung semar lainnya. Jenis kantong semar ini tumbuh pada ketinggian sekita 1800 – 2500 mdpl

Nepenthes Appendiculata

Jenis ini merupakan tanaman tropis yang hanya diketahui dari pegunungan Hose, tengah Sarawak, Borneo yang dapat tumbuh di ketinggian 1450 – 1700 mdpl . Spesies jenis Nepenthes appendiculata di tandai dengan memiliki tambahan kelenjar yang membesar pada permukaan tutup lebih.

Nepenthes Ceciliae

Nepenthes ceciliae merupakan tumbuhan kantong semar endemik pulau Mindanao , Filipina. Kantong semar ini tumbuh pada ketinggian 1500 – 1880 mdpl. Penemua pertama kali di umumkan pada bulan Agustus 2011.

Nepenthes Abalata

Merupakan spesies kantong semar yang dikenal dari pulau-pulau Filipina Barat. Nama spesifik abalata dapat diterjemahkan sebagai “dari alata” yang mengacu pada sejarah N. abalata dengan penyebarannya yang luas dan sangat bervariasinya N. alata

Nepenthes Alata

Nepenthes Alata merupakan spesies kantong semar endemik di Filipina. jenis kantong semar ini memiliki tangkai bersayap, tuutp sengan rabung pangkal pada permukaan bawah dan pada kantong atas meluas dekat dasar.

Nepenthes Ampullaria

Nepenthes Ampullaria adalah jenis kantung semar yang bentuknya mirip dengan termos. Nepenthes Ampullaria dapat kita temukan di Borneo, Sumatera, Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, dan Kepulauan Maluku serta New Guinea. Nepenthes Ampullaria biasanya hidup di habitat yang lembab, hujan teduh sampai ketinggian 2100 mdpl.

Nepenthes Bongso

Jenis Nepenthes Bongso merupakan spesies kantong semar endemik Sumatera. Tumbuhan ini memiliki alat penangkap serangga cukup besar, dan memiliki beberapa warna yaitu ungu tua atau merah tua. Dinamakan Nepenthes Bongso, karena nama bongso yang berarti bungsu, nama tersebut diambil dari nama “putri bungsu”. Putri bungsu dipercayai sebagai penunggu Gunung Merapi. Tanaman ini termasuk tumbuhan karnivora, dalam lubang tubuh Nepenthes Bongso terdapat cairan asam yang digunakan untuk meghancurkan serangga yang tertangkap.

Nepenthes Copelandii

Merupakan jenis spesies kantong semar yang berasal dari pulau Mindanao di Filipina. Habitat asli spesies ini berasal dari gunung Apo didekat kota Davao dan gunung pakisan dekat Bislig. Kantong semar ini memiliki distribusi ketinggianluas 1100 – 2400 mdpl.

Nepenthes Diatas

Nepenthes diatas merupakan tanaman kantong semar endemik pulau Sumatera yang hidup diketinggian antara 2400 – 2900 mdpl. Tanaman jenis ini pertama kali dideskripsikan pada tahun 1997 oleh Matthew Jebb dan Martin Cheek, dan dipublikasikan dalam jurnal botani Blumea.

Nepenthes Gymnamphora

Merupakan spesies yang berhabitat di pulau Jawa dan Sumatera, Nepenthes gymnamphora mempunyai nama latin yang berasal dari bahasa yunani “Gymnos” berarti berleher dan “Amphorus” berarti kantong.

Nepenthes Holdenii

Merupakan spesies kantong semar berasal dari barat kamboja. Spesies ini tumbuh pada ketinggian 600-800 mdpl. Spesies ini pada awalnya berasal dari puncak di Pegunungan Cardamom, dan terdapat populasi baru dilaporkan pada bulan Oktober 2011.

Nepenthes Inermis

Merupakan jenis kantong semar endemik pulau Sumatera. Nama inermis beasal dari bahasa latin yang berarti “bersenjata” dan mengacu pada jenis kantong spesies. Nepenthes pertama kali dikumpulkan pada tanggal 7 september 1918 oleh H.AB Bunnemeijer di Gunung Talang pada ketinggian 2.590 mdpl.

Nepenthes Sumatrana

Nepenthes Sumatrana jenis spesies ini merupakan kantong semar endemik Indonesia, khususnya pulau Sumatera yang menjadi namanya.

Nepthentes Vieillardii

Nepthentes Vieillardii merupakan spesies kantong semar endemik di pulau Kaledonia baru. Nepthentes vieillardii adalah kolektor tanaman dari Kaledonia Baru dan Tahiti antara 1861 dan 1867.

Nepenthes Naga

Nepenthes naga adalah tanaman kantong semar endemik Bukit Barisan, pulau Sumatera. Memiliki bentuk badan mirip botol dan organ yang terbentuk seperti lidah ular yang keluar dari bagian bawah penutu kantongnya.

Nepenthes Maxima

Nepenthes Maxima merupakan tumbuhan karnivora spesies kantong semar yang tumbuh tersebar di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Pulau Papua, tumbuh disekitar 0 – 2000 mdpl.

Nepenthes Paniculata

Nepenthes paniculata merupakan spesies kantong semar yang terdpat pada genus Nepenthes yang di mungkinkan endemik di Gunung Doorman Top Papua Nugini. Jenis ini mampu tumbuh baik pada ketinggian sekitar 1.460 mdpl.

Manfaat kantong semar (Nepenthes).


Manfaat kantong semar Nepenthes - berbagaireviews.com

Sebagai tanaman hias

Manfaat pertama dari tanaman kantong semar, meskipun tidak biasa adalah sebagai salah satu tanaman hias. Ya, bentuk dari tanaman kantong semar yang unik dan juga menarik ini dapat menimbulkan kepuasan tersendiri bagi mereka yang memliharanya sebagai tanaman hias. Kantong semar dapat menambah pesona pekarangan rumah anda, karena memiliki bentuk yang sangat unik, dan juga dapat mempercantik halaman rumah anda.

Meskipun demikian, jagalah populasi kantong semar, karena tanaman kantong semar ini merupakan salah satu jenis tanaman dengan spesies yang langka, sehingga harus dijaga keberadaannya, dan tidak boleh sembarangan dalam memliharanya.

Sebagai penangkap serangga

Bagi anda yang tinggal pada lokasi yang berdekatan dengan kantong semar, atau mungkin anda yang memang memlihara tanaman kantong semar ini, maka lingkungan anda akan terhindar dari serangan serangga yang mengganggu, seperti nyamuk, lalat, dan juga jenis serangga lainnya. Dengan begitu, maka anda akan merasa lebih nyaman untuk tinggal atau menetap pada lokasi tersebut, karena kantong semar bisa menjadi salah satu pembasmi nyamuk alami.

Sebagai obat batuk

Manfaat lainnya dari kantong semar adalah sebagai obat batuk. Ya, kantong semar ternyata diyakini memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati sakit batuk yang anda alami. Cara mengkonsumsi ata mengolah kantong semar untuk mengobati batuk pun sangatlah mudah. Yang harus anda lakukan adalah cukup mengambil cairan yang berada di dalam kantung semar tersebut, lalu kemudian minumlah cairan dari dalam tanaman kantung semar tersebut. Hal ini dapat membantu anda untuk menyembuhkan penyakit batuk yang anda alami. Meskipun demikian, apabila anda tidak memelihara tanaman kantung semar ini, mungkin cukup sulit untuk memperoleh cairan tersebut.

Untuk mengganti air minum

Bagi anda yang senang berpetualang, terutama pergi ke daerah pegunungan ataupun alam liar seperti hutan, maka tanaman kantong semar ini akan sangat bermanfaat bagi anda. apabila anda merasa haus dan juga mungkin memiliki stok air yang sedikit dan juga menipis, maka anda bisa mencoba untuk mencari tanaman kantung semar di tengah perjalanan anda. cairan yang ada pada kantong semar ternyata memiliki tingkat keasaman yang netral, sehingga sangat baik untuk diminum sebagai pengganti air minum biasa. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi, sehingga anda dapat melanjutkan perjalanan anda dengan tenang.

Sebagai obat sakit perut

Manfaat lainnya dari tanaman kantong semar yang mungkin bisa anda gunakan secara darurat adalah sebagai obat sakit perut. Ya, cairan dan juga akar dari tanaman kantong semar juga memiliiki manfaat yang sangat baik untuk mengobati sakit perut yang anda alami. Caian pada tanaman kantong semar dapat membantu menyembuhkan dan juga meredakan peadangan pada bagian lambung, sehingga dapat membantu mengurangi gejala sakit perut pada diri anda.

Mengobati luka bakar

Selain dapat dimanfaatkan untuk pengobatan luka yang berada di dalam, seperti sakit perut dan juga obat batuk atau sakit tenggorokan, tanaman kantong semar juga memiliki manfaat yang lain yang penting bagi tubuh, dan juga bagian luar tubuh. cairan dari tanaman kantong semar dapat membantu mengobati luka bakar. Cairan tersebut bersifat mendinginkan dan juga dapat mencegah terjadinya infeksi akibat dari luka baka yang terjadi.

Menyembuhkan sakit mata

Manfaat lainnya dari tanaman kantong semar yang juga baik untuk kesehatan kita adalah dapat membantu menyembuhkan sakit mata. Apabila anda mengalami sakit mata, seperti terkena iritasi dan juga terkena debu, kemudian mata anda memerah, maka cobalah untuk mengompres mata anda dengan menggunakan campuran air dan juga cairan dari tanaman kantong semar tersebut. Dengan melakukan metode tersebut, maka sakit mata anda dapat reda dan juga akan mengalami kesembuhan.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS