Home » » Metamorfosis Kupu - Kupu, Metamorphosis of Butterflies.

Metamorfosis Kupu - Kupu, Metamorphosis of Butterflies.

Posted by berbagaireviews.com on 21 September 2017

Metamorfosis adalah perubahan wujud yang dialami oleh makhluk hidup tertentu, salah satu mahkluk hidup yang mengalami metamorfosis adalah kupu – kupu, kupu – kupu mengalami metamorfisis sempurna karena wujud awalnya sangat berbeda dengan wujud akhirnya yakni berawal dari telur kemudian menjadi kupu-kupuyang cantik. Telur kupu – kupu biasanya diletakkan pada daun pohon jeruk agar daunnya dapat sekaligus menjadi makanan ulat tersebut hingga menjadi pupa.

Metamorfosis sempurna kupu - kupu - berbagaireviews.com

Metamorfosis kupu kupu adalah salah satu contoh metamorfosis sempurna yang paling sering diamati. Metamorfosis kupu kupu sering diamati karena selain serangga ini mudah ditemui, juga karena tampilan dan bentuk setiap tahap pertumbuhan, mulai dari fase telur, fase ulat, fase kepompong, hingga kupu-kupu dewasa dari serangga ini terbilang unik dan menunjukan perubahan yang sangat signifikan.
Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur. Telur kupu-kupu biasanya berada di permukaan daun. Telur kemudian menetas menjadi ulat. Ulat itu akan makan selama berhari-hari, lama kelamaan ulat akan behenti makan, dan mulai berubah menjadi kepompong.

Masa kepompong ini berlangsung selama berhari-hari. Jika telah sempurna, kupu-kupu keluar dari kepompong tersebut,dan menjadi Kupu-kupu dewasa. Yang berkembang biak dengan bertelur. Dari telur itu, proses metamorfosis dimulai lagi.

Metamorfosis Kupu Kupu.

Ada 4 tahap dalam yang harus dilalui seekor kupu-kupu dalam proses metamorfosis yang dilaluinya. Keempat tahap tersebut mengikuti skema seperti disajikan pada gambar metamorfosis kupu kupu di bawah ini.

Tahapan metamorfosis kupu - kupu.

1. Fase Telur


Telur kupu - kupu fase metamorfosis sempurna - berbagaireviews.com

Metamorfosis kupu kupu diawali dengan fase telur. Kupu-kupu dewasa berkembangbiak dengan cara bertelur, telur tersebut akan menetas antara 3 – 5 hari, larva akan berjalan ke pinggir daun tumbuhan inang dan memulai memakannya. Sebagian larva mengkonsumsi cangkang telur yang kosong sebagai makanan pertamanya.

 
Induk betina kupu-kupu, setelah terbuahi ia akan bertelur dan meletakan telurnya tersebut di dedaunan. Dedaunan sengaja dipilih agar setelah menetas, bayi kupu-kupu (ulat atau larva) akan mudah memperoleh makanannya.

Dari awal peletakan telur hingga telur menetas biasanya dibutuhkan waktu antara 3 sampai 5 hari. Saat telur menetas, larva akan keluar dari cangkang telur dan memakan cangkang telurnya itu sebagai makanan pertamanya, kemudian memakan daun-daun di sekitarnya sehingga menyebabkan daun-daun tersebut berlubang.


2. Fase Larva (Ulat).

Setelah telur menetas, larva akan mencari makan Sebagian larva mengkonsumsi cangkang telur yang kosong sebagai makanan pertamanya. Kulit luar dari larva tidak meregang mengikuti pertumbuhannya, tetapi ketika menjadi sangat ketat larva akan berganti kulit.

Fase ulat metamorfosis kupu - kupu - berbagaireviews.com


Dalam metamorfosis kupu kupu, fase larva atau ulat kupu kupu akan melewati beberapa tahapan pergantian kulit. Tahapan pergantian kulit tersebut, dalam ilmu insektologi disebut instar atau molting. Dalam satu kali siklus larva yakni sekitar 5 sampai 7 hari, kupu kupu akan melewati 4 sampai 6 kali instar.

Secara umum, larva kupu-kupu memiliki bentuk yang beraneka ragam. Ada yang bentuknya silindris, memanjang, ada yang memiliki rambut, tuberkel, filamen, dan ada pula yang memiliki duri. Setelah mencapai pertumbuhan yang maksimal, larva akan berhenti makan. Ia akan mencari tempat perlindungan. Ia bisa berlindung di sekitar ranting kering, daun-daun tua, atau daun-daun yang sudah berguguran di tanah. Pada fase ini, larva telah mulai memasuki fase prapupa dan melewati tahap instar (ganti kulit) yang terakhir kali sebelum masuk ke dalam fase pupa.

3. Fase Pupa (Kepompong)

Fase pupa kalau dilihat dari luar seperti periode istirahat, padahal dalam pupa terjadi proses pembentukan serangga yang sempurna. Pupa pada umumnya keras, halus dan berupa suatu struktur tanpa anggota tubuh. 

Kepompong kupu - kupu metamorfosis sempurna - berbagaireviews.com

Fase pupa atau disebut juga fase kepompong adalah tahap peristirahatan pada proses metamorfosis kupu kupu dari fase larva ke fase imago (kupu kupu dewasa).

Saat periode prapupa, larva akan menggulung dirinya dalam bungkus yang keras dan halus. Bungkus ini melindungi kepompong dari kondisi luar. Kepompong atau pupa ini dapat kita temukan dalam berbagai warna, seperti coklat, hitam, hijau, dan lain sebagainya sesuai dengan warna lingkungan di sekitarnya. Kesamaan warna pupa dengan lingkungan dimaksudkan sebagai kamuflase untuk menghindari serangan para perdator.

Fase pupa biasanya berlangsung antar 7 sampai 20 hari tergantung jenis dan spesiesnya. Mengawali berakhirnya fase pupa, kupu-kupu akan keluar secara perlahan dari ujung kepompong dan memulai tahapan perkembangan selanjutnya menjadi imago.

4. Fase Imago (Kupu-Kupu)

Pasca keluar dari selubung pupa, kupu-kupu biasanya tidak akan langsung terbang. Ia akan merangkak ke atas bagian pupa dan mengeringkan sayap-sayapnya yang basah dan kusut karena cairan yang terikut dari dalam pupa. Setelah sayap mengering dan kuat, barulah kemudian kupu-kupu belajar terbang hingga akhirnya dapat terbang secara sempurna.


Kupu - kupu keluar dari kepompong - berbagaireviews.com

Untuk pertumbuhannya, kupu-kupu akan terbang menghinggapi bunga-bunga dan menyerap sari-sari bunga yang manis pada siang hari menggunakan probosisnya. Sementara malam harinya, ia akan bersembunyi di balik lindungan dedaunan. Kupu-kupu umumnya memang hanya aktif di siang hari, sementara kupu kupu yang aktif di malam hari disebut dengan istilah “ngengat”.

Perilaku kupu-kupu.

Fase perkawinan metamorfosis kupu - kupu - berbagaireviews.com
 
Kupu-kupu betina baru akan siap kawin setelah kurun waktu 5 sampai 6 hari sejak keluar dari kepompong. kupu-kupu hampir tidak pernah terlihat di malam hari karena memang mereka termasuk binatang yang hanya aktif pada siang hari. kupu-kupu hanya bisa terbang pada ketinggian sekitar 2 meter tergantung besar sayap yang dimiliki.

Dalam mencari makan kupu-kupu akan terbang secara sendiri-sendiri. Apabila terlihat mereka sedang bergerombol terbang bersamaan. itu pertanda mereka akan memulai fase reproduksi. kupu-kupu jantan akan membuahi kupu-kupu betina, kemudian kupu-kupu betina akan bertelur di dedaunan, dan terulang lah daur hidup kupu-kupu.

Begitulah, proses panjang yang harus dilalui seekor kupu-kupu dari mulai larva, menjadi ulat yang menjijikkan hingga akhirnya berubah total menjadi kupu kupu yang indah, yang semua orang menyukainya, tentunya. Itu tadi tentang metamorfosis kupu kupu. Jika bermanfaat silahkan di share supaya bermanfaat juga untuk yang lain, terima kasih.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS