Home » » Modernisasi Ekonomi Indonesia.

Modernisasi Ekonomi Indonesia.

Posted by berbagaireviews.com on 20 Februari 2017

Penjelasan Modernisasi Ekonomi.

Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. Saat ini bangsa Indonesia sedang menggalakkan pembangunan dan modernisasi dalam berbagai aspek kehidupan. Pembangunan dan modernisasi pada dasarnya diarahkan untuk menciptakan kondisi masyarakat yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi yang ada sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari tersedianya berbagai macam fasilitas hidup, sarana dan prasarana yang baik sehingga mendukung berbagai sektor kehidupan masyarakat, meningkatkan taraf hidup serta meningkatkan martabat bangsa. Modernisasi yang dilakukan oleh bangsa Indonesia mencakup bidang-bidang berikut ini.

berbagaireviews.com

Modernisasi dalam bidang ekonomi tidak hanya ditekankan pada bidang pengembangan teknologi produksi saja, melainkan juga pada bidang sistem ekonomi yang dibangun. Dengan demikian, modernisasi ekonomi bukan semata-mata berarti usaha memajukan bidang ekonomi agar kegiatan ekonomi bangsa Indonesia menjadi lebih efektif dan lebih produktif, melainkan juga menyegarkan kembali sistem ekonomi Pancasila yang dianut oleh bangsa Indonesia.

Perkembangan Perekonomian Indonesia.

Kehidupan perekonomian bangsa Indonesia sejak merdeka sampai dekade tahun 60- an memang cukup memprihatinkan. Kondisi tersebut bisa dimaklumi mengingat bangsa Indonesia masih harus bergulat dengan revolusi fisik yang menguras harta, benda, maupun nyawa bangsa Indonesia. Itulah sebabnya pada era 60-an bangsa Indonesia menghadapi berbagai masalah ekonomi, yakni: 
  • laju inflasi yang sangat tinggi, 
  • pertumbuhan ekonomi yang sangat rendah dan pendapatan per kapita yang rendah, 
  • kebutuhan pangan lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah produksi pangan, dan 
  • tingkat pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi.
Beberapa kelemahan yang terjadi dalam bidang ekonomi tersebut mendorong pemerintah menerapkan program rencana pembangunan lima tahun (Repelita) yang dimulai sejak tahun 1969. Adapun beberapa langkah yang diambil di antaranya adalah pengembangan pada sektor industri nonmigas, bukan hanya mengandalkan pada produksi migas. 

Melalui program pembangunan ekonomi tersebut, bangsa Indonesia telah berhasil mencapai beberapa kemajuan dalam beberapa hal, seperti:
  • Berkembangnya sektor industri sehingga menghasilkan barang yang beraneka ragam.
  • Kebutuhan listrik semakin terpenuhi disamping semakin luasnya jaringan listrik hingga ke desa-desa.
  • Berdirinya puskesmas-puskesmas sehingga meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat,
  • Meningkatnya rata-rata umur harapan hidup (life expectency), dan
  • Pemberlakuan program wajib belajar 9 tahun dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.
Era pasar bebas yang direncanakan akan terjadi pada tahun 2003 merupakan tantangan tersendiri bagi kehidupan ekonomi bangsa Indonesia. Era pasar bebas juga berarti persaingan ekonomi dunia semakin ketat. Selain itu, kondisi perekonomian bangsa Indonesia yang belum meyakinkan menuntut kemampuan dalam pengelolaan sumber daya secara efisien dan efektif demi menjaga kelangsungan ekonomi nasional. Langkah-langkah efisiensi terutama perlu diterapkan dalam beberapa hal, antara lain dengan penghapusan kegiatan-kegiatan ekonomi yang berbiaya tinggi (high cost economy) pada semua sektor dengan cara penyelenggaraan administrasi pemerintahan yang efektif dan efisien, penyederhanaan perizinan usaha dalam berbagai bidang, penghapusan peraturan-peraturan yang menghambat, penghapusan pungutan-pungutan yang tidak memiliki fungsi ekonomis, penajaman prioritas-prioritas pengeluaran pemerintah, pengurangan beberapa subsidi yang tidak perlu, peningkatan suasana persaingan yang sehat di segala sektor, dan peningkatan produktivitas tenaga kerja.

Gejala Modernisasi Bidang Ekonomi di Indonesia.

Gejala yang muncul dalam modernisasi ekonomi adalah terjadinya industrialisasi. Industrialisasi merupakan proses pergantian dari penggunaan tenaga manual menjadi pengunaan tenaga mesin. Cara tersebut dapat dilakukan untuk mewujudkan modernisasi di bidang ekonomi. Modernisasi dan pembangunan di bidang ekonomi mempunyai satu tujuan, yaitu mencapai kehidupan bangsa yang sejahtera.

berbagaireviews.com

Modernisasi di bidang ekonomi telah banyak dilakukan di indonesia. Misalnya, memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan poduktivitas. Upaya pemanfaatan teknologi ini memunculkan pusat-pusat industri yang baik di bidang makro maupun mikro. Maksud dari ekonomi makro yaitu membahas aktivitas ekonomi secara keseluruhan mengenai pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran. Begitu juga sebaliknya, ekonomi mikro yaitu cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual belikan. Kemunculan pusat-pusat industri ini mebawa perubahan pada proses produksi itu sendiri.  Pemanfaatan teknologi itu sendiri menggeser tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Pemanfaatan tersebut adalah salah satu garis besar gejala pemanfaatan teknologi.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.