Home » » Kegunaan dan Pemanfaatan Pesawat Tanpa Awak atau Drone (UAV), Usability and Utilization of Drones.

Kegunaan dan Pemanfaatan Pesawat Tanpa Awak atau Drone (UAV), Usability and Utilization of Drones.

Posted by berbagaireviews.com on 21 Mei 2016

Penggunaan Drone atau UAV (Unmaned Aerial Vehicle).

Bidang Militer, UAV atau pesawat tanpa awak memiliki kegunaan, diatantaranya :
berbagaireviews.com

  • Pesawat penyerang kamp-kamp musuh
  • Pesawat pengintai atau mata-mata
  • Pesawat kamikaze (untuk ditabrakkan ke musuh)
  • Pesawat patroli perbatasan UAV atau pesawat tanpa awak dapat digunakan untuk menyerang kamp-kamp musuh karena ada UAV yang mampu membawa berbagai roket dan rudal, selain itu dapat mengurangi kerugian dibanding menggunakan pesawat konvensional ataupun helikopter.
  • Terutama kerugian sumber daya manusianya. Dimana nyawa merupakan harta yang tak ternilai harganya. Bahkan UAV pun digunakan untuk menyerang kamp teroris ditimur tengah yang menewaskan pimpinan Al-Qaeda yaitu Osama Bin Laden.Pesawat tanpa awak biasanya disematkan juga kamera dan sensor-sensor lainnya sehingga dengan indra tersebut maka pesawat tanpa awak atau UAV dapat digunakan untuk pengintaian dan patroli perbatasan selain itu juga dapat digunakan sebagai pesawatkamikaze, yaitu untuk menyerang musuh dengan cara ditabrakkan kekapal atau pesawat musuh. Cara ini dahulu dilakukan oleh Jepang saat menyerang Pearl Harbour, tapi dengan pesawat yang dikendarai oleh manusia.
Bidang Sipil, biasanya pesawat tanpa awak ini digunakan untuk :
berbagaireviews.com
  • Melihat Luas lahan dan kontur yang ada sehingga memudahkan dalam perencanaan pembangunan lahan tersebut.
  • Membantu pemerintah dalam membuat tata kota yang lebih teratur.
  • Mengetahui luas lahan yang terbakar dalam kebakaran hutan
  • Menciptakan peta tambang 3 dimensi yang telah digarap dalam bidang pertambangan
  • SAR Kegunaan-kegunaan tersebut tak terlepas dari pemanfaatan UAV yang lebih ekonomis dan dapat dibekali dengan kamera-kamera yang dapat memberikan gambaran secara realtime terhadap suatu area.

Bidang Entertain dan Hobby.

Tidak ada yang lebih menyenangkan menggunakan Drone untuk menyalurkan hobby atau bakat aerial kita di udara lepas. Tidak hanya hobby saja, tetapi dapat menghasilkan uang dengan menyewakan drone kita untuk mendapatkan aerial video maupun foto. Beberapa consumer drone sudah banyak dijual seperti DJI Phantom 3 atau DJI Phantom 4.
berbagaireviews.com

Drone digunakan membuat film bisa untuk membawa kamera. Karenanya alat ini bisa membantu proses pengambilan gambar terutama untuk film-film documenter. Kualitas gambar yang dihasilkan sendiri sangat tergantung dengan spesifikasi drone dan kamera yang Anda gunakan. Semakin bagus kualitas drone dan kamera, semakin baik pula gambar yang bisa Anda hasilkan. Hingga hari ini sendiri, spesifikasi drone yang makin canggih semakin memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan resolusi tinggi.

Bidang Ilmu Pengetahuan, UAV atau pesawat tanpa awak ini dapat digunakan untuk :
berbagaireviews.com
  • Media untuk mempelajari aerodinamika dan penerapannya
  • Untuk pemetaan
  • Penelitian Atmosfir
  • Penyebaran benih
  • Pengamatan vitigasi daerah kritis yang sulit
  • Pengawasan Bencana
  • Membuat hujan buatan Dengan memiliki kemampuan untuk membawa beban hingga ratusan kilogram, maka UAV atau pesawat tanpa awak bisa digunakan untuk membawa muatan lain seperti muatan benih ataupun bubuk kimia tertentu untuk ditebar dalam sebuah area sehingga dapat digunakan untuk penyebaran benih dan membuat hujan buatan. Selain itu juga,UAV ini dapat membawa berbagai sensor yang diperlukan untuk penelitian atmosfir dan sebagainya.

Drone sebagai Pengangkut dan Pengirim

Drone sebagai pengirim, sudah umum hal ini dibicarakan diberbagai pihak. Jalur distribusi yang sulit terjangkau hingga cepatnya pengiriman akan menjadi tanpa batas dengan Adanya drones yang mengirim barang sampai depan rumah kita.
berbagaireviews.com

Drone sebagai pengangkut obat - obatan, bayangkan hingga sampai saat ini ada 1 juga orang hidup tanpa adanya akses yang layak untuk jalur pengiriman. Artinya ada 1 juta orang yang memiliki potensi untuk mendapatkan pertolongan pertama pengobatan. Dengan adanya drones seperti Matternet semua akan berubah.


Artikel tentang Sejarah dan Perkembangan Drone (UAV), silahkan klik http://www.berbagaireviews.com/2016/05/sejarah-dan-perkembangan-drone-pesawat.html

Artikel sebelumnya tentang Pengertian dan jenis Drone (UAV), silahkan klik http://www.berbagaireviews.com/2016/05/pengertian-dan-jenis-drone-pesawat.html

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.