CARA MEMBUAT MUG BERGAMBAR / MAKING PICTURE MUG | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

26 Agustus 2014

CARA MEMBUAT MUG BERGAMBAR / MAKING PICTURE MUG

| 26 Agustus 2014
Membuat Mug Bergambar Tanpa Menggunakan Mesin Press

Tips cara membuat mug bergambar dengan mudah hanya menggunakan printer inkjet dan kertas transfer paper dengan kertas decal khusus Sublime, Art Paper dan Pigment. Kertas transfer paper decal untuk mug ini permukaannya dilapisi lem, sehingga bila ada lapisan varnish diatasnya bisa terangkat atau lepas bila dimasukkan kedalam air. Dan lapisan Varnish itu bisa dipindah atau di transfer ke media apa saja asal permukaannya halus dan tidak meresap.

Dengan menggunakan kertas transfer paper Decal ini maka cetakan dapat kita transfer atau diaplikasikan kepermukaan seperti; mug, gelas, keramik, kayu, peralatan rumah tangga, lilin hias, mainan anak-anak dari plastic, peralatan pancing ikan, mobil, sepeda motor, helm, pigura, sampul buku atau sampul album, sabun, metal (besi, baja, aluminium) dan lainnya, asalkan permukaan dari media yang akan dicetak halus dan tidak meresap pastinya kita dapat dengan mudah untuk mencetaknya.

Desain mug bergambar saat ini telah menjadi primadona terbaru yang disenangi oleh kalangan anak muda. Dengan kejelian melihat peluang ini, maka terbuka kesempatan untuk memulai suatu usaha cetak digital khususnya Desain MUG bergambar, Keuntungan lainnya dari bisnis mug ini adalah biaya produksi yang lumayan murah, seperti yang saya tulis diawal artikel ini, kita hanya membutuhkan printer inkjet dan kertas transper peper decal, ini memungkinkan hasil produk dapat dijual dengan harga yang terjangkau, dengan tetap menjanjikan keuntungan yang terbilang masih sangat bagus. Apalagi dengan pesaing yang belum banyak, tentunya merupakan kesempatan emas bagi kamu yang berjiwa bisnis.

Untuk membuat Mug Bergambar secara umum biasanya menggunakan dua cara, yang pertama dengan menggunakan alat press mug, yaitu dengan cara mencetak gambar pada kertas transferpaper, kemudian di press dengan alat press MUG, pastinya membutuhkan dana yang lumayan besar.
Untuk cara yang kedua adalah dengan menggunakan cara yang mudah dan sederhana yang membutuhkan budget yang relatif lebih sedikit. Oke, langsung saja kita simak tulisan dibawah :

Cara Mencetak Gambar Pada Gelas
1. Hapus stiker atau label harga dari mug, gelas atau cangkir yang akan kita sablon, selanjutnya cucilah gelas dengan deterjen untuk menghilangkan kotoran atau residu stiker.
2. Pilih motif atau gambar desain kamu. Nah..untuk koleksi template desain Mug cantik dan unik, teman2 dapat melihatnya pada tulisan sebelumnya Kumpulan Desain Mug Cantik
3. Buka program pengedit foto (photoshop atau corel photo paint) dan buatlah dokumen baru dengan dimensi yang sama seperti kertas decal kamu, biasanya kertas berukuran 8,5 x 11 inci.
4. Setelah itu Scan atau buka salah satu desain mug yang telah kamu pilih tadi di dalam program photoshop kamu.
5. Ubahlah ukuran foto tersebut sehingga sesuai dan pas di gelas yang akan kita sablon.
7. Tambahkan teks, efek atau clip art yang ingin Anda tambahkan pada desain akhir.
8. Selanjutnya kamu cetak desain yang telah selesai kamu rancang ke kertas transfer paper decal kamu.
9. Gunting desain gambar tersebut dari kertas decal 0,5 cm diluar gambar.
10. Semprot desain gambar tersebut menggunakan clear acrylic sealer. Lakukan langkah ini di area yang berventilasi baik dan tahan penyemprotan kira-kira bisa 12 inci jauhnya dari posisi kertas. Terapkan beberapa lapisan tipis penyemprotan bertahap pada gambar untuk mengamankan tinta ke water decal paper. Hindari penyemprotan tebal sekaligus pada gambar.
11. Tempatkan decal ke dalam mangkuk air untuk sekitar lima detik. Kalau memakai Transfer Paper asli tidak sampai satu menit gambar akan terkelupas licin dari kertasnya. Selanjutnya kamu tempelkan pada permukaan mug. Sesuaikan gambar dengan pas pada posisi mug-nya saat masih basah (sehingga mudah digeser-geser)
12. Ratakan dan hilangkan sisa air dan gelembung yg berada dibawah lapisan coating dengan menggunakan spon lunak atau kain wol. Setelah itu kita bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya, bisa juga menggunakan oven roti dng suhu 100derajat-150derajat hingga 10-15menit.

berbagaireviews.com



Cara Membuat Mug Digital Sablon

Mug Digital Sablon Tutorial Lengkap Cara Membuat . Sablon mug digital sablon banyak yg sudah tahu apa itu MUG kan?. hehehe kebangetan kalo ada yg ga tau. ok ok MUG itu sejenis cangkir yg agak besar kebanyakan terbuat dari keramik. Nah mug digital sablon itu sendiri adalah proses transfer gambar ke dalam MUG tersebut,sehingga dapat menghasilkan MUG yang mempunyai nilai lebih dari hanya sebuah alat untuk minum saja.
Mug Digital Sablon

berbagaireviews.com

Berikut Peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan mug digital sablon :
    Mesin Press Mug.
    Mug putih polos (yang sudah dicoating yah gan,kalau tidak dicoating tintanya tidak bias menempel).
    Kertas Sublim atau kertas inkjet.
    Printer dengan tinta sublime (rekomendasi saya Epson).
    Selotip yang tahan panas merek PANFIX atau bias diganti isolatip kertas.
Mesin Press Mug
 berbagaireviews.com

Mesin press ini fungsinya untuk mentransfer tinta sublim. Sehingga bisa menempel pada permukaan mug digital sablon yang sudah di coating. Dan berfungsi untuk menekan kertas agar menempel rapat dipermukaan mug. Alat ini mempunyai pengaturan panas dan timer yang bisa di setting sesuai keperluan pemakai.

Mug putih polos Coating

berbagaireviews.com
Contoh mug putih polos, nnti di sesuaikan dengan yang kita buat.
Fungsi cairan coating disini adalah agar tinta sublim bisa melekat pada permukaan atau media mug digital sablon. Jadi bila menggunakan mug tanpa coating , gambar tidak bisa pindah kepermukaan mug. Demikian juga bila coating tidak rata, ada bagian yang tidak tercoating, maka gambarnya juga tidak bisa melekat pada bagian itu.

Kertas Sublim atau kertas inkjet

berbagaireviews.com
kertas inkjet paper
Kedua jenis kertas ini bisa digunakan untuk memindahkan gambar ke permukaan mug. Tetapi yang paling direkomendasikan menggunakan Kertas Sublim, gambarnya lebih terang karena gambar akan pindah sempurna kepermukaan mug. Bila memakai kertas Inkjet sebagian tinta masih menempel pada kertas. Ini yang membuat cetakan hasil dari kertas Inkjet lebih soft.


Printer Epson plus tinta Sublim.
 berbagaireviews.com
printer epson + tinta sublim
Saat ini hanya printer Epson yang bisa di infus dengan tinta sublimMengapa harus menggunkan Tinta Sublim? Karena tinta sublim ini terbuat dari polymer yang bisa mencair bila terkena panas.

Isolasi Kertas
 berbagaireviews.com
isolasi panfix
Isolasi kertas berfungsi untuk menahan posisi kertas supaya tidak berubah, dan isolasi ini tahan panas.

Begini Cara membuatnya:
Buat Ukuran Mug di Photoshop 18×8 cm.

Untuk Cara mendesain saya tidak akan menjelaskan disini karena fokusnya di cara pembuatannya saja, untuk tutorial desain Anda bias searching di google atau Anda bias pesan template Desain Mug yang sudah jadi.Desain Template Mug ini sangat membantu Anda untuk menghasilkan Desainnya,terutama untuk pemula yang baru memulai usaha digital sablon.
Misal kita sudah punya desain yang sudah jadi.

 berbagaireviews.com

Sekarang Kita bisa mulai bisa mulai mencetak mug digital sablon. Perhatikan permukaan kertas jangan sampai terbalik (Kertas yang permukaan halus yang di print ).
Kertas Sublim: Pilih permukaan yang lebih putih.
Kertas Inkjet : Pilih permukaan yang lebih putih juga. Setelah kertas diprint, gunting atau potong sesuaikan dengan ukuran mug.
Posisi gambar menghadap pada mug.

berbagaireviews.com

Atur posisi yang tepat, rekatkan dengan isolasi kertas agar tidak berubah Masukkan ketempat mug ke mesin press mugnya, atur posisi yang benar, tarik tuasnya biar kencang.
Posisi press mug
Cara mengepress mug

berbagaireviews.com
Tekan tombol On/Off untuk mulai menghidupkan, atur atau setting.
Kesalahan yang timbul waktu mencoba : Blog hitam tidak bisa penuh. Penyebabnya: kertas sublim mungkin terbalik. Solusi: Cetak pada permukaan yang lebih putih.
Bagian bawah mug gambar tidak bisa pindah semua. Penyebabnya: Mug bagian bawah menciut/mengecil. Solusi : Beli mug yang diameter atas dan bawah paling tidak hampir sama. Atau bisa mengurangi lebar gambar.
Hasil transfer tidak bisa terang, gambar masih tersisa di kertas: Penyebab: pengaturan suhunya kurang tinggi. Solusi : setting pada suhu yang lebih tinggi 280-300C.
Bagian yg dekat dengan pegangan menempel tidak sempurna. Penyebab: gambar kepanjangan, dan terlalu dekat dengan pegangan, ujung pemanas tidak bisa menjangkaunya. Solusi: Pada design gambar, panjangnya dikurangi.
Menghapus/ menghilangkan cetakan yang salah. Pastinya pada waktu kita mendapat order. ada beberapa cetakan yang rusak atau tidak sesuai dengan permintaan konsumen atau anda merasa kurang bagus. Cetakan yang rusak bisa dihapus lagi atau dihilangkan menggunakan Paint Remover (Bisa beli di toko bahan bangunan ). Kita harus extra berhati-hati saat menggunakan karena ini adalah bahan kimia yang berbahaya bagi kulit dan mata. Sebaiknya anda memakai kacamata dan kaos tangan plastic. Karena bila terkena tangan langsung terasa panas dan merah. Caranya: Buka penutup kemasan dengan hati-hati, pakai kuas untuk menutup permukaan mug yang rusak, diamkan sebentar, lapisan akan mengelupas dan cuci dengan air. Bila masih belum bersih, setelah kering setelah dicuci, dilapisi lagi dengan pasta Paint Remover sekali lagi pada tempat yang belum bersih.

Hasil Jadinya kurang lebih seperti ini,



Selamat mencoba semoga sukses selalu..



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar