Teknik Menyundul Bola (Lengkap), Technique Headed in Soccer | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

23 Juli 2018

Teknik Menyundul Bola (Lengkap), Technique Headed in Soccer

| 23 Juli 2018

bola



Teknik Menyundul Bola.

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari diantara masyarakat. Biasanya tidak hanya para orang tua saja yang menyukainya. Namun terdiri dari berbagai kalangan dari anak-anak, dewasa, orang tua, hingga paruh baya semuanya menyukainya. Nah jika dalam sebuah permainan sepakbola menangkap pertandingan merupakan suatu bentuk kepuasan tersendiri yang membanggakan.

Pada teknik dasar permainan sepak bola, tak boleh juga ketinggalan bagi seorang pemula untuk mempelajari teknik menyundul bola. Menyundul bola pada permainan olahraga sepak bola bukan hal asing lagi karena gerakan menyundul sudah biasa dan sudah pasti dilakukan oleh pemain sepak bola, terutama dalam sebuah pertandingan. Hanya saja, sundulan tak boleh dilakukan secara sembarangan.

Sama halnya dengan teknik - teknik lain dalam sepak bola, seperti teknik dasar menendang bola dalam sepak bola dan juga teknik menggiring bola dalam sepak bola, menyundul bola pun sangat penting untuk dilatih dan juga dikuasai. Ketika seorang pemain mampu menyundul bola secara benar, itu artinya segala teknik di bawah ini sudah dipahami betul.


Menyundul bola dengan sikap berdiri.



Menyundul bola


Teknik Menyundul Bola dengan Sikap BerdiriPada teknik menyundul bola, ada beberapa teknik yang dapat dipelajari di mana salah satunya adalah menyundul bola dengan sikap berdiri. Di bawah ini adalah sejumlah langkah yang bisa diikuti untuk mencoba melakukan gerakan yang tepat agar hasil sundulan juga baik:
  • Pastikan sikap badan tidak sedang bergerak dan berhenti di tempat.
  • Hadapkan tubuh pada arah datangnya bola dan barulah dilanjutkan dengan menekuk kedua kaki bagian depan maupun belakang beserta lutut.
  • Condongkan tubuh ke arah belakang sedikit.
  • Fokuskan pandangan tetap ke arah yang sama, yakni pada datangnya bola.
  • Gunakan kekuatan otot perut untuk melakukan dorongan panggul dan kemudian juga mendorong kedua lutut untuk bisa diluruskan.
  • Seluruh tubuh juga kemudian bisa Anda condongkan ke depan dan lanjutkan dengan melakukan gerakan lanjutan untuk menyundul bola ke arah yang ditargetkan secara mantap.


Menyundul bola dengan melompat.


Menyundul bola


Teknik Menyundul Bola dengan MelompatMungkin Anda juga sudah pernah melihat atau menonton pemain sepak bola melakukan sundulan bola dengan aksi melompat. Pada teknik ini, pemain dapat memilih untuk melakukan sundulan bola dengan awalan atau tanpa awalan tergantung dari keinginan dan kenyamanan pemain saja. Ketika dilakukan tanpa awalan maka kedua kaki harus digunakan sebagai tolakan, sedangkan bila dengan awalan maka satu kaki saja yang digunakan.

Meski demikian, untuk teknik menyundul sambil melompat dengan awalan, tolakan tak hanya bisa dilakukan dengan satu kaki, tapi juga boleh menggunakan kedua kaki. Ketika ada banyak lawan yang mengepung saat kita menggiring bola, sulit untuk melakukan teknik menyundul dengan lompatan yang memakai awalan, berikut adalah sedikit penjelasannya:
  • Gerakan sundulan bola perlu Anda lakukan ketika mulai melompat atau di saat tubuh naik ke atas. Pada teknik sundulan dengan melompat ini, tujuan utamanya adalah agar serangan dari lawan dapat dipatahkan secara lebih mudah. Bahkan sundulan juga bisa dilakukan demi membersihkan bola dari area yang mengancam yang ada pada area depan gawang tim sendiri.
  • Gerakan sundulan bola juga dapat dilakukan ketika mencapai puncak alias titik paling tinggi akan lompatan yang dilakukan. Gerakan ini dilakukan supaya bola dapat disundul ke arah bawah. Tujuan dari gerakan sundulan ini adalah untuk bisa mengoper bola kepada kawan setim atau juga dengan tujuan supaya bisa mencetak gol pada gawang tim lawan. 

Menyundul bola dengan berlari.



Menyundul bola


Teknik Menyundul Bola dengan BerlariSelain menyundul dengan posisi berdiri maupun gerakan melompat, ada pula gerakan atau teknik menyundul bola sambil berlari. Teknik ini juga banyak digunakan oleh para pemain sepak bola sewaktu pertandingan dan Anda pun bisa juga melakukannya dengan beberapa langkah berikut ini:
  • Ambil posisi untuk berlari pada arah datangnya bola.
  • Fokuskan pandangan pada bola.
  • Gerakan yang dilakukan bisa dibuat seperti ketika hendak menyundul bola dengan sikap berdiri yang telah dijelaskan sebelumnya.
Sebetulnya, inti dari gerakan pada teknik menyundul bola dengan berlari ini hampir mirip dengan teknik menyundul sambil berdiri. Hanya memang bedanya, Anda perlu berlari dulu untuk menyongsong bola, barulah melakukan sundulan dengan gaya dan sikap tubuh persis dengan gerakan menyundul sambil berdiri.


Menyundul bola dengan sikap melayang.

 
Menyundul bola


Teknik Menyundul Bola dengan Sikap MelayangTeknik menyundul juga dapat dilakukan dengan sikap melayang. Gerakan ini rupanya sangat berguna ketika pemain hendak mencetak gol ke gawang lawan. Bola yang disundul dengan sudut yang tepat dan arah sasaran yang juga sempurna maka akan memberikan hasil memuaskan.

Untuk melakukannya, pemain tentu harus berani untuk menjatuhkan badan ketika menyundul bola karena intinya pemain harus melompat dan kemudian melayang sehingga nanti badannyalah yang akan terjatuh ke tanah setelah menyundul. Hal tersebut perlu dilakukan saat bola datang melambung dengan posisi bola yang juga tak begitu tinggi dari permukaan tanah.

Teknik menyundul bola satu ini dianggap sebagai cara ampuh yang kerap dipakai dengan tujuan mengecoh pemain bertahan dari pihak tim lawan serta penjaga gawang tim lawan. Karena saat disundul dengan teknik ini, bola akan otomatis melambung cukup tinggi akan disambut dengan kaki tim lawan dan bukannya dengan kepala sehingga akan sangat mengecoh.


Tips Latihan Menyundul Bola.

Teknik menyundul bola bukan hal mudah, terutama untuk para pemula tentunya. Jadi melatih diri untuk bisa melakukan sundulan bola dengan baik, ada beberapa cara latihan yang bisa dilakukan. Di bawah ini adalah sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk berlatih menyundul.
  • Beberapa orang bisa berbaris berbanjar dan kemudian salah satu pemain bisa ambil posisi berdiri di depan barisan yang jaraknya kurang lebih antara 5-8 meter.
  • Pelatih akan kemudian melemparkan bola ke arah depan atas pada pemain lain yang ada pada barisan terdepan.
  • Pemain tersebut perlu untuk segera merespon dengan menyundul bola yang dilemparkan ke arah pelempar.
  • Sesudah bola disundul, pemain tersebut harus berlari ke belakang barisan dan bergantian dengan pemain di barisan kedua untuk menyundul.
  • Atau secara alternatif, latihan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan 2 pemain yang berdiri berhadap-hadapan satu sama lain dengan jarak 5-10 meter di antara mereka.
  • Lalu di bagian tengah-tengahnya bisa diberi 2 tiang yang jaraknya kurang lebih 2 meter untuk berperan sebagai gawang.
  • Pemain yang satu bisa menjadi pelempar dan tugasnya adalah melemparkan bola ke arah rekannya.
  • Pemain lain yang menjadi rekan harus menyundul sesegera setelah pemain sebelumnya melemparkan ke arahnya untuk dikembalikan.
  • Namun aturannya, bola harus melewati kedua tiang yang telah ditata sebelumnya.

Prinsip dalam Menyundul Bola.

Pada sepak bola, menyundul bola juga memiliki prinsip dalam praktik gerakannya. Ada beberapa tahapan yang juga perlu untuk Anda pahami sebelum mulai berlatih dan menguasai teknik menyundul bola, yakni:
  • Pemain harus berlari untuk menyongsong arah datangnya bola di mana pandangan pun harus tetap fokus pada datangnya bola.
  • Keraskan atau kuatkan otot-otot yang ada pada bagian leher.
  • Bagian tubuh yang bakal digunakan untuk menyundul bola biasanya adalah daerah kepala yang ada di atas alias, yakni dahi.
  • Pemain perlu menaruk badan ke belakang setelah menyundul dengan posisi melengkung di area pinggang dan setelah itu gerakkan seluruh tubuh, termasuk juga dengan kekuatan otot bagian perut, lutut, dorongan panggul, sambil meluruskan kaki di bagian akhir. Ayunkan badan ke arah depan supaya dahi bisa langsung kena bola yang datang.
  • Saat pemain melakukan sundulan bola, upayakan mata tetap dalam kondisi fokus ke arah bola dan jangan terpejam. Terus ikuti dari mana datangnya bola dan juga pergerakannya di mana kemudian ikuti ke mana bola terarah. Dari situlah kemudian pemain akan bisa melakukan gerak lanjutan supaya dapat cepat berlari mencari posisi tepat untuk melakukan sundulan dan mengakhirinya dengan sempurna.


Kegunaan Teknik Menyundul Bola.


Teknik Menyundul Bola


Teknik dalam hal menyundul bola pada sepak bola bukan sekadar teknik biasa tanpa kegunaan. Kegunaan dari teknik ini sungguh sangat penting bagi sebuah tim sepak bola, terlepas dari posisi pemain sepak bola maupun formasi sepak bola apa yang digunakan. Berikut ini sedikit ulasan mengenai kegunaan sundulan bola:
  • Mengoperkan atau meneruskan bola. Dari sundulan, pemain satu bisa mengoperkan bola kepada temannya setim dan biasanya juga dapat menjadi operan jarak pendek.
  • Mencetak gol alias memasukkan bola dengan sundulan tepat sasaran ke arah mulut gawang. Biasanya teknik sundulan bola sambil melompat adalah kesempatan cukup besar untuk mencetak gol.
  • Membersihkan alias menyapu bola pada area pertahanan tim sendiri supaya mampu mematahkan serangan tim lawan. Intinya, teknik sundulan berguna untuk melindungi area gawang tim sendiri.
  • Memberikan umpan pada rekan setim yang sudah siap ada di depan gawang lawan dan membantunya mencetak gol.

Bentuk Latihan Menyundul Bola.


Latihan Menyundul Bola

 
Bentuk - bentuk latihan menyundul bola adalah sebagai berikut.
  • Siswa berbaris berbanjar. Salah seorang berdiri di depan barisan dengan jarak 5 – 8 meter. Bola dilemparkan ke depan atas, siswa yang berada di barisan paling depan segera menyundul ke arah pelempar. Setelah menyundul bola, segera lari ke belakang barisan.
  • Dua orang siswa berdiri saling berhadap-hadapan dengan jarak antara 5 – 10 meter. Di tengah-tengah diberi dua buah tiang bendera dengan jarak 2 meter sebagai gawang. Pemain yang satu sebagai pelempar. Setelah bola dilempar ke arah temannya, segera bola disundul kembali ke arah pelempar. Bola harus melewati kedua tiang bendera.


Demikianlah informasi dari artikel yang berjudul Teknik Menyundul Bola (Lengkap), Technique Headed in Soccer. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan pada penulisan artikel ini, Berbagai Reviews mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainya silahkan klik Pustaka Pengetahuan

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm 

Untuk belajar budidaya, silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar