Home » » Tata Cara Mengerjakan Shalat Dhuha dan Zikir beserta Doa setelah Shalat Dhuha Lengkap.

Tata Cara Mengerjakan Shalat Dhuha dan Zikir beserta Doa setelah Shalat Dhuha Lengkap.

Posted by berbagaireviews.com on 10 Mei 2018

Tata cara mengerjakan shalat Dhuha lengkap - berbagaireviews.com






Sholat dhuha merupakan sunah yang disyariatkan oleh Rasulullah Saw. Selain nantinya saya akan menunjukkan doa Sholat Dhuha secara lengkap, saya di sini juga akan menjelaskan secara tuntas segala hal yang berkaitan tentang sholat dhuha.

Waktu Mengerjakan Sholat Dhuha.

Sholat dhuha merupakan shalat di pagi hari selepas sholat shubuh, jadi waktunya adalah setelah terlihat matahari terbit dari timur sampai memasuki waktu zhuhur.

Dari sini kita ketahui bahwasanya waktu sholat dhuha dibagi menjadi 2 yaitu:

Pertama, awal waktu dhuha yaitu setelah matahari terbit dan meninggi hingga setinggi tombak yaitu kira-kira 15 menit setelah matahari terbit.

Kedua akhir waktu, yaitu dekat dengan waktu syawal saat matahari akan tergelincir ke barat.

Kira-kira waktu atau jam yang diperbolehkan dimulainya sholat dhuha adalah jam 06.00 pagi, beberapa ulama menetapkan jam 08.00 (terserah anda memilih yang mana, sama-sama afdhol kedua penetapan itu). sampai batas waktu paling terakhir untuk melaksanakan sholat dhuha adalah jam 11.00 atau waktu mendekati zhuhur.

Sumber lain yaitu berdasarkan fatwa dari Saudi Arabia (Al Lajnah Ad Da-imah) mengatakan bahwa waktu yang bisa kita memulai untuk sholat dhuha adalah sekitar 15 menit setelah matahari terbit.

Tata Cara Sholat Dhuha.

Untuk anda yang ingin mengerjakan sholat dhuha tetapi belum mengetahui tata cara sholat dhuha. 



Tata cara mengerjakan shalat Dhuha - berbagaireviews.com


Berikut adalah tata cara mengerjakan sholat dhuha.
  • Pertama yang harus dilakukan adalah membaca niat. Niat sholat dhuha adalah sebagai berikut:

ﺃﺻَﻠِّﻲ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﻀُﺤَﻰ ﺭَﻛَﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌﺎﻟﻰَ
 
“Usholli sunnatatd-dhuha rak’ataini lillahi ta’alaa”.

Yang artinya “aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat karena Allah ta’ala”. Perlu diingat shalat dhuha ini dikerjakan minimal dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat dan dilakukan secara munfarid (tidak berjamaah). Bacaan niat dilakukan bersamaan dengan takbiratul ihram.

Selanjutnya membaca doa iftitah, surat al-fatihah, dan membaca salah satu surat yang terdapat dalam Al-Qur’an, tetapi lebih diutamakan membaca surat Adh-Dhuha, Asy-Syamsu, Al-Lailu, dan Surat Asy-Syarh.
  • Lalu melakukan ruku’ dan membaca tasbih tiga kali.
  • Selanjutnya I’tidal dan membaca bacaannya.
  • Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali.
  • Lalu duduk di antara dua sujud dan membaca bacaannya.
  • Setelahnya sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali.
  • Selanjutnya lakukan rakaat kedua seperti cara rakaat pertama tanpa membaca niat dan doa iftitah.
  • Lalu kerjakan tasyahud akhir.
  • Yang terakhir salam dua kali.
  • Seusai salam, dianjurkan untuk berdzikir lalu membaca do’a setelah sholat dhuha.

Doa Sholat Dhuha.

Doa setelah shalat Dhuha - berbagaireviews.com


Setelah selesai mengerjakan sholat dhuha, disunnahkan untuk membaca doa sholat dhuha. Doa setelah sholat dhuha tidak dibatasi. Kita boleh berdoa apa saja yang kita inginkan, tentunya bukan doa yang berisi tentang keburukan.

Kita juga boleh membaca doa yang kita sukai. Namun, hendaknya kita memulai doa dengan menyebut nama Allah SWT, memuji syukur kepada Allah SWT, dan bershalawat atas Nabi Muhammad SAW.


َللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya :

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Doa sholat dhuha ini merupakan salah satu dari keutamaan sholat dhuha, dimana kita lebih mudah meminta agar Allah bukakan pintu rezeki. Sesuai dengan hadist Nabi berikut ini :

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR.Hakim dan Thabrani).

 
Dzikir Setelah Sholat Dhuha.

 Biasanya sih di antara kita jarang yang melakukan dzikir setelah sholat dhuha kecuali sangat luang sekali, karena pada umumnya di Indonesia, aktifitas produktif baik dalam dunia kerja maupun pendidikan biasanya dimulai pada jam 08.30.

Ada beberapa ulama yang menyarankan untuk membaca surat al ma’tsurat, membaca 99 asmaul husna, dan ada yang menyarankan membaca surat pilihan dalam alqur’an seperti Yaasin, Al Waqi’ah, Ar Rohmaan dan al Mulk.

Berikut secara umum dzikir yang bisa kita baca setelah sholat dhuha
 
bacaan dzikir setelah sholat dhuha.

 
Zikir setelah shalat Dhuha - berbagaireviews.com

Kita bisa baca sesuai keinginan kita, bisa 3 kali, 11 kali dan 33 kali



Setelah selesai membaca istighfar kita diperkenankan untuk melanjutkannya dengan membaca kalimat tasbih sebanyak 100 kali


 
Zikir setelah shakat Dhuha - berbagaireviews.com

Kemudian kita lanjutkan dengan membaca sholawat ke atas nabi sebanyak 33 kali – 100 kali.

Itu untuk yang umum, bagaimana untuk dzikir setelah sholat dhuha yang khusus.

Buku referensi khusus bagi anda yang ingin mendalaminya lebih lagi, yaitu kitab I’aanatuth Thalibiin juz 1 karya Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatha ad-Dimyathi. Kita bisa mendapati keterangan doa dan dzikir dalam kitab tersebut pada halaman 255 yang mana beliau dapatkan dan nukil dari kitab Masalikul Qariib.

Berikut doa sholat dhuha dan zikirnya berdasarkan kitab tersebut:


Setelah membaca dzikir diatas kita lanjutkan dengan membaca doa seperti ini.

Doa setelah mengerjakan shalat Dhuha - berbagaireviews.com

Sebenarnya dzikir itu bisa kita lakukan sebelum atau sesudah sholat dhuha, tergantung kitanya saja sih.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS

Download