Home » » Keutamaan Sholat Dhua dan Manfaat dari Mengerjakan Shalat Dhuha.

Keutamaan Sholat Dhua dan Manfaat dari Mengerjakan Shalat Dhuha.

Posted by berbagaireviews.com on 10 Mei 2018

Keutamaan dan mengerjakan Shalat Dhuha - berbagaireviews.com



Keutamaan Sholat Dhuha.

Mengerjakan sholat dhuha memiliki banyak manfaat. Berikut adalah keutamaan sholat dhuha:

Sholat dhuha dapat menjadi sedekah sesuai dengan hadist berikut :

Dari Abu Dzar al-Ghifari RA, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : “Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan shadaqahnya. Setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap tahlil adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, menyuruh kepada kebaikan adalah shadaqah dan melarang berbuat munkar adalah shadaqah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim)

Dibangunkan sebuah rumah di surga.

Untuk yang rajin mengerjakan sholat dhuha maka akan mendapat sebuah rumah yang dibangun di dalam surga. Hal ini sesuai dengan isi hadist Nabi Muhammad SAW : “Barang siapa yang shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ : 634)

Pahalanya setara dengan pahala umrah.

Mengerjakan sholat dhuha tentunya akan mendapatkan pahala. Pahala dari sholat dhuha setara dengan pahala mengerjakan umrah.

Sesuai dengan isi hadist dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah. (Shahih al-Targhib : 673)

Manfaat Mengerjakan Sholat Dhuha.

Selain sangat bermanfaat bagi ruhani ketika, ternyata sholat dhuha juga baik bagi jasmani kita. Alasannya adalah ketika kita sholat otomatis kita juga bergerak, sehingga bermanfaat bagi kesehatan jasmani kita. Berikut manfaat sholat dhuha untuk kesehatan.

1. Olahraga yang tak disadari.

Kita tahu pendapat para ahli bahwasanya waktu yang terbaik untuk melakukan olahraga adalah ketika waktu di pagi hari. Nah, sholat dhuha juga demikian karena dilakukan pada pagi hari.

Makanya ketika kita sholat dhuha tanpa kita sadari kita sama saja dengan berolahraga. Dengan sholat dhuha kita menggerakkan persendian kita dari tangan, siku, lutut sampai kaki sehingga menjaga kesehatan tulang dan otot kita. Dengan begitu kita akan terhindar dari penyakit tulang seperti pengeroposan tulang atau osteoporosis.

2. Memperlancar Peredaran darah.

Dengan kita menggerakan tubuh kita tanpa kita sadari otomatis juga memperlancar peredaran darah dalam tubuh kita. Darah senantiasa mengalir dari organ ke organ. Contohnya, ketika kita dalam keadaan berdiri darah, darah masih belum optimal darahnya.

Tetapi ketika kita melakukan gerakan sujud yaitu posisi kepala lebih rendah daripada badan maka darah akan mengalir ke kepala dan seterusnya.

3. Obat Bagi Penyakit Dalam.

Berdasarkan penelitian tentang sholat mereka menemukan bahwasanya ketika kita sholat dhuha di waktu kondisi bumi yang sudah mulai panas dapat mengurangi resiko penyakit dalam seperti ginjal dan jantung.

Hal ini disebabkan karena ada energi panas yang mempengaruhi organ hati dan sistem pencernaan anda.

4. Menjadikan Wajah Cantik dan Berseri.

Semua wanita pasti menginginkan dirinya cantik. Nah sholat dhuha bisa jadikan terapi untuk menjadikan wajah cantik dan berseri. Ketika anda membasuh muka dengan air wudhu, hal itu akan membuat wajah bersih. Tidak hanya bersih air wudhu akan masuk kepori-pori kulit sehingga bisa mengencangkan kulit dan dan membuat wajah berseri.

5. Penghilang Stress.

Selain sehabis sholat dhuha kita merasakan batin yang tenang, ternyata bisa digunakan juga untuk mengusir stress. Ketika anda sedang merasa stress karena tekanan dari pekerjaan anda bisa gunakan sholat dhuha ini sebagai obat penghilang stress. Jangan dipendam stresnya karena bisa mendatangkan resiko berbagai macam penyakit.

6. Menjaga kondisi tubuh.

Ketika anda bangun di pagi hari dan merasakan mood yang gak enak, cobalah untuk menunaikan sholat dhuha. Ketika anda sholat, tentunya juga dilakukan dengan khusuk, ada semacam energi yang mana energi tersebut mengusir rasa ngantuk dan kemalasan.

Makna Melaksanakan Sholat Dhuha.

1. Ingat kepada Allah.

Seseorang yang mengingat Allah akan berdampak besar pada hidupnya. Dia senantiasa optimis untuk mencapai masa depan dan menghadapi persoalan. Ia meyakini bahwasanya Allah senantiasa dekat dengannya bahkan lebih dekat dari Urat Nadinya sendiri. Kesadaran akan kehadiran Allah merupakan sumber semangat, harapan, motivasi, dan ketentraman batin.

Salah satu upaya untuk mengingat Allah adalah salah satunya mendirikan shalat dhuha, karena memang sholat dhuha juga adalah media kita untuk berdzikir. Di pagi hari merupakan saat saat pikiran masih tenang, badan masih bugar dan tenaga masih kuat.

2. Perwujudan syukur.

Bersyukur tidak hanya berarti kita berterima kasih kepada Allah saja tetapi juga ada 5 pilar pokok yang mana apabila salah satu pilar itu tidak dipenuhi maka syukur menjadi batal dan dianggap tidak bersyukur.

Ibnu Qayyim menjelaskan 5 pilar pokok tersebut yaitu:
  • Kepatuhan orang yang bersyukur kepada Allah sebagai pemberi nikmat
  • Mencintainya
  • Mengakui nikmat darinya
  • Memujinya atas nikmatnya
  • Tidak menggunakan nikmat yang Allah berikan untuk sesuatu yang tidak diridhoinya

Dan Imam Al-ghazli menjelaskan bahwasanya bersyukur ada 4 komponen yaitu:
  • Syukur dengan hati
  • Syukur dengan lisan
  • Syukur dengan perbuatan
  • Menjaga nikmat dari kerusakan
3. Tawakal.

Sifat utama orang yang beriman adalah tawakal. Dengan bahasa lain tawakal kepada Allah adalah tanda-tanda orang yang beriman. Tawakal sendiri merupakan ungkapan tentang penyandaran diri kita hanya kepada wakil (yang ditawakali).

Tentunya kita mempunyai keinginan atau cita-cita dalam hidup ini. Untuk mencapainya agama Islam menuntun kita untuk selalu berikhtiar, berdoa dan tawakal. 3 Syarat ini harus kita lakukan dengan baik dan tidak boleh hanya dilakukan salah satunya.

Thanks for reading & sharing berbagaireviews.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Arsip Blog

Follow by Email

Facebook  Twitter  Google+  RSS Feed

RSS