Negara Inggris (Britania Raya), United Kingdom of Great Britain. | Berbagai Reviews

Kumpulan Artikel Pendidikan Pengetahuan dan Wawasan Dunia

17 Oktober 2017

Negara Inggris (Britania Raya), United Kingdom of Great Britain.

| 17 Oktober 2017
Britania Raya (Great Britain) adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di laut lepas pantai barat laut benua Eropa. Negara yang memiliki nama lengkap United Kingdom of Great Britain dan Northern Ireland atau disingkat dengan United Kingdom (UK) ini pada dasarnya terdiri dari empat negara yang berada di dalam kedaulatan Britania Raya. 


Negara Inggris United Kingdom of Great Britain - berbagaireviews.com

Inggris (bahasa Inggris: England) adalah sebuah negara yang merupakan bagian dari Britania Raya. Negara ini berbatasan dengan Skotlandia di sebelah utara dan Wales di sebelah barat, Laut Irlandia di barat laut, Laut Keltik di barat daya, serta Laut Utara di sebelah timur dan Selat Inggris, yang memisahkannya dari benua Eropa, di sebelah selatan. Sebagian besar wilayah Inggris terdiri dari bagian tengah dan selatan Pulau Britania Raya di Atlantik Utara. Inggris juga mencakup lebih dari 100 pulau-pulau kecil seperti Isles of Scilly dan Isle of Wight.

Wilayah yang saat ini bernama Inggris pertama kali dihuni oleh manusia modern selama periode Paleolitikum, namun nama England ini berasal dari kata Angles, yang merupakan salah satu suku Jermanik yang menetap di sana pada abad ke-5 dan ke-6. Inggris menjadi negara yang bersatu pada tahun 927 M, dan sejak Zaman Penjelajahan yang dimulai pada abad ke-15, Inggris telah memberikan pengaruh budaya dan hukum yang signifikan ke berbagai belahan dunia. Bahasa Inggris, Gereja Anglikan, dan hukum Inggris-yang menjadi dasar sistem hukum umum bagi negara lain di seluruh dunia-berasal dan dikembangkan di Inggris, dan sistem parlementer negara ini juga telah banyak diadopsi oleh negara-negara lain. Revolusi Industri yang dimulai pada abad ke-18 menjadikan Inggris sebagai negara industri pertama di dunia. Royal Society Inggris juga berperan penting dalam meletakkan dasar-dasar sains eksperimental modern terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Informasi Umum Negara Inggris (United Kingdom).
  • Nama Lengkap : Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland
  • Pemerintahan : Negara no - devolusikonstituen dengan monarki konstitusional
  • Kepala Negara : Ratu Elizabeth II (6 Februari 1952)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0.53%
  • Angka Kelahiran : 12,1 bayi per 1000 penduduk
  • Bahasa Resmi : Bahasa Inggris
  • Agama : Kriten (59,5%), Muslim (4,4%), Hindu (1,3%)
  • Mata Uang : Pound Britania Raya (GBP)
  • Lagu Kebangsaan : “God Save the Queen”
  • Kode Domain Internet : .uk
  • Kode Telepon : 44
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 42.500,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 2,788 trilun
  • Lokasi : Eropa
  • Ibu kota : London
  • Luas wilayah : 130,395 km2
  • Kepala Negara : Ratu Elizabeth II
  • Kepala pemerintahan : Perdana Menteri Britania Raya
  • Jumlah penduduk : 53.013.000
  • Hasil utama : Pertanian, peternakan, pertambangan (batubara), Industri (wol).
Letak astronomis dan Geografis Inggris  (United Kingdom).

Inggris terletak di antara Benua Eropa dan Benua Amerika. Berdasarkan letak astronomisnya Inggris terletak di antara 49° LU-59,5° LU dan 11° BB 2° BT. Batas wilayah negara Inggris adalah sebagai berikut:
di sebelah utara Inggris berbatasan dengan Samudra Atlantik;
di sebelah timur Inggris berbatasan dengan Laut Utara,
di sebelah selatan Inggris berbatasan dengan Selat Inggris;
di sebelah barat Inggris berbatasan dengan Irlandia dan Samudra Atlantik.

Posisi negara Inggris sangat strategis karena merupakan garis penghubung ,arus Benua Eropa dan Amerika. Letak negara Inggris di daerah laut utara. Daerah itu merupaikan daerah pelayaran teramai di dunia.

Bentang dan Keadaan Alam Inggris  (United Kingdom).

 
Bentang dan Keadaan Alam Inggris  (United Kingdom) - berbagaireviews.com

Inggris merupakan negara kepulauan. Kepulauan Inggris terietak pada dangkalan Eropa sehingga merupakan pulau kontinental. Batan timur dan selatan Inggris merupakan daerah subur, sedangkan bagian utara berupa Pezunungan Cornwall, Wales, Pennine, dan Peak dengan puncak tertinosz adalahNorthern Highlands (± 1.343 m).

Di sebelah selatan Pegunungan Pennine dan timur Wales terdapat Dataran Rendah England. Semenanjung Barat Daya Englan terdiri atas plato yang mengandung granit kasar dan batu pasir dengan lembah suagai yang dalam. Di tempat itu mengalir Sungai Tyne, Tees, Trent. dan Duse menuju laut es utara melalui dataran rendah Lancashire. Daerah itu merupakan kawasan industri terbesar Inggris.

Iklim Inggris  (United Kingdom).

Britania Raya memiliki iklim subtropis, dengan curah hujan berlimpah sepanjang tahun. Suhunya bervariasi, menyesuaikan dengan musim tetapi jarang turun di bawah −11 °C (12 °F) atau melampaui 35 °C (95 °F). Angin pada umumnya datang dari arah barat daya, seringkali membawa cuaca yang sedang dan lembap dari Samudera Atlantik.Bagian timur merupakan wilayah yang paling kering karena terlindung dari angin ini. Arus Atlantik yang dihangatkan oleh Arus Gulf menghantarkan cuaca musim dingin yang sedang, terutama di wilayah bagian barat, di mana musim dinginnya pada umumnya lembap, khususnya di dataran tinggi. Musim panas paling panas terjadi di bagian tenggara Inggris yang lokasinya paling dekat dengan benua Eropa, sedangkan yang paling sejuk terdapat di wilayah bagian utara. Salju padat biasanya turun pada musim dingin dan awal musim semidi dataran tinggi, namun jarang sekali salju padat yang turun di wilayah yang bukan dataran tinggi.

Budaya Inggris  (United Kingdom).

Inggris mempunyai kebudayaan yang sudah sangat terkenal di dunia, terutama seni musik dan seni rupa. Pusat kebudayaan terkenal terdapat di London. Di kota itu terdapat \ museum tua, yaitu The Victoria. and Albert Museum.

Perekonomian Inggris (United Kingdom).

Inggris merupakan negara industri maju di dunia, terutama dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan sastra. Perekonomian Inggris berkembang pesat. Kegiatan perekonomian Inggris meliputi bidang-bidang di bawah ini.
Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Hasil pertanian Inggris adalah
kentang dihasilkan di Lancashire. Crishire. Linccolnshire,
gandum dihasilkan di sebelah timur Anglia dan daerah timur Laut London,
haver dihasilkan di Lancashlre dan Insersis bagian barat daya;
sayur-sayuran dihaslikan di Bedfordshire.

Peternakan Inggris sangat maju dan dikerjakan secara intensif. Beberapa faktor yang mendorong kemajuan peternakan di Inggris adalah adanya areal padang rumput yang luas dan iklim yang cocok untuk usaha peternakan. Binatang ternak yang dipelihara adalah unggas, lembu, biri-biri, dan babi.

Perikanan di Inggris sangat maju dan menduduki tempat teratas di Eropa. Rusat penangkapan ikan Inggris terdapat di Grimsby, Aberdeen, dan Wick.

Pertambangan Inggris (United Kingdom).
Inggris merupakan negara penghasil dan pengekspor batu bara yang besar. Daerah tambang batu bara Inggris adalah di Wales bagian selatan, sekitar Sungai Tyne, sekitar Pegunungan Peak, dan dataran rendah Skotlandia. Hasil tambang lainnya adalah kaolin dan besi (terdapat di Comwall). Tanah liat dan porselin terdal pat di Cornwall. Timah dan tembaga terdapat di Coundall.
Industri
Industri di Inggris sangat maju dan terkenal di dunia. Industri wol terdapat di kota Branford dan Leeds. Industri yute terdapat di kota Dundee. Industri kain lenan terdapat di Belfast. Industri kapas (cotton) terdapat di Manchester dan Liverpool.

Industri sutra terdapat di Bedford, Norwich,Glasgow, dan sebelah utara Exeter. Industri tekstil terutama berpusat di daerah Landcashire. Industri baja terdapat di Yorkshire, Sheffield, Middlebrough, Rhonbada, dan New Port. Industri perkapalan dan galangan kapal yang terbesar di seluruh dunia terdapat di Tyne, New Castle, Sundeland, dan Clyde.

Pelabuhan kedua Inggris adalah Liverpool. Impor utama negara Inggris berupa gandum dari Kanada dan Australia; kopra, teh, timah, dan karet dari Indonesia; susu, mentega, dan keju dari Belanda dan Swedia; bijih besi dari Swedia, Spanyol, dan Aljazair, kapas dari USA, India, dan Mesir; bulu domba dari Australia dan. Argentina; dan sutra dari Jepang, Italia, dan Cina.

Penduduk Inggris (United Kingdom).

Pada tahun 1993 jumlah penduduk Inggris sebanyak 58.191.000 jiwa denzan kepa-datan penduduk 238 orang tiap kilometer persegi. Sekitar 90%penduduk inggris bertempat tinggal di daerah perkotaan. Penduduk daerah Pegunungan Skotlandia. Wales, dan Irlandia Utara sangat jarang. Penduduk asli Inggris disebut orang Inggris dan terdiri atas dua kelompok, yaitu
bangsa Kelt yang terdiri atas orang Skot, Irlandia, dan Wales;
bangsa Jerman yang terdiri atas orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman.

Bahasa Inggris termasuk rumpun bahasa Indo—Jerman. Rumpun bahasa Indo—Jerman terdiri atas kelompok bahasa Kelt dan bahasa Jerman. Agama yang dianut penduduk Inggris adalah agama Anglikan, Katolik Roma, Presbiterian, Methodist, dan Baptis. Pemeluk agama Islam, Yahudi, dan Hindu di Inggris relatif kecil.

Bentuk Pemerintahan Ingrris (United Kingdom).


Bentuk Pemerintahan Ingrris (United Kingdom) - berbagaireviews.com

Inggris adalah negara monarki parlementer atau kerajaan yang berkonstitusi. Kepala pemerintahan Inggris dipegang oleh seorang perdana menteri, sedangkan kepala negara dijabat oleh ratu. Parlemen di Inggris memakai sistem bicaral (terdiri atas Majelis Rendah (House of Commons) dan MajelisiTinggi (Houssrorrords) yang merupakan pengadilan tertinggi dalam perkara perdata dan pidana, kecuali di Skotlandia.

Majelis tinggi dapat menolak undang-undang yang diajukan oleh Majelis Rendah. Di Inggris ada tiga partai yang terbesar, yakni Partai Konservatif, Partai Buruh, dan Partai Liberal. Ketua partai yang dominan diangkat oleh ratu. Partai yang berkuasa menentukan kebijaksanaan politik pemerintahan.

Keadaan Sosial Inggris (United Kingdom).

Secara historis, orang pribumi Britania dianggap sebagai keturunan dari berbagai kelompok etnis yang telah menetap di sana sebelum abad ke-11, yaitu bangsa Kelt, Romawi, Anglo - saxon, Norse dan Normandia. Ada juga teori yang menyatakan bahwa orang Wales merupakan kelompok etnis tertua di Britania Raya. Studi genetik baru-baru ini menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen gen bangsa Inggris mengandung kromosom Y Jermanik.Namun analisis genetik terbaru lainnya juga menunjukkan bahwa sekitar 75 persen nenek moyang bangsa Inggris modern telah tiba di Kepulauan Britania sejak 6.200 tahun yang lalu, yaitu pada awal Zaman Neolitikum atau Zaman Batu Britania. Ditemukan juga bahwa orang Britania (British) pada umumnya "berbagi" nenek moyang yang sama dengan orang-orang Basque.


Keadaan Sosial Inggris (United Kingdom) - berbagaireviews.com

Britania Raya memiliki sejarah mengenai migrasi pendatang nonkulit putih dalam skala kecil. Liverpool tercatat sebagai kota dengan populasi kulit hitamtertua di negara ini, yang terjadi sejak tahun 1730-an dan setelahnya, dan juga komunitas Tionghoa tertua di Eropa, yaitu sejak kedatangan pelaut Tiongkok pada abad ke-19. Pada tahun 1950, diperkirakan sekitar 20.000 penduduk nonkulit putih menetap di Britania Raya, sebagian besarnya merupakan kelahiran asing (lahir di luar Britania Raya).

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar